DIY Camera Strap Dari Scarf Batik

Saya tahu, teman-teman yang hobi fotografi pasti sudah punya camera strap yang kece-kece seperti yang ditawarkan di olshop. DIY (Do It Yourself) ini sekedar untuk memberikan alternatif pada teman-teman yang mungkin punya scarf nganggur. Daripada beli kan, ya?

diy camera strap


Saya punya 3 scarf yang nggak pernah saya pakai dan akan saya modifikasi menjadi camera strap tapi DIY-nya akan saya posting di artikel yang berbeda. Nggak mau rugi banget ya, nggak mau menjadikan 1 artikel saja. 

Sudah follow akun instagram @beyourselfwoman belum? Disana saya posting dengan video atau vlog. Nggak rugi deh, karena nantinya banyak foto makanan dan DIY atau craft. Muka saya jarang ada kok, kecuali kalau lagi endorse, yang sepertinya langka endorse kosmetik juga. Heheheee.... Kalau pengin lihat kumpulan fotonya juga bisa follow pinterest dan kumpulan video atau vlog bisa follow youtube saya dengan username sama yaitu beyourselfwoman. Video tak selalu muncul di blog ini, kadang-kadang saja agar loading blog ini tidak lama.



Kedepannya saya akan banyak ngasih hasil-hasil DIY seperti itu sebagai cara kreatif decluttering sekalian bikin konten. Sebenarnya pengin ngasih teman-teman hasilnya tapi malu ah, soalnya masih belajaran, belum bagus jadinya. Terutama untuk menjahit. Tapi hasil DIY camera strap ini ternyata membuat mbak Irul mupeng, jadi saya berikan saja. Semoga tidak mengecewakan.

Naaah, kalau sudah jadi bagus banget dan saya menggunakan bahan-bahan yang baru beli, akan saya masukkan ke olshop saya buat dijual. Muahahaaaa....

diy camera strap


Oke, let's get serious, eh have fun aja ding. Jadi saya itu punya scarf yang seperti biasa dikasih orang. Saya ini orangnya simple aja, jadi nggak mungkin beli scarf dengan sengaja. Dan setelah punya, ya nggak pernah dipakai. Nah, berhubung sekarang hobi menjelajah youtube dan pinterest, nemu kreasi scarf yang lucu-lucu. Ya ampuuun, ternyata gampang-gampang banget kreasinya. Anak SD aja bisa.

Jadi jika setelah jadi nanti teman-teman membatin, "Yaaah cuma gitu doang caranya?"

Iyaaa, memang cuma gitu doang. Wkwkwkwk.

diy camera strap


Dari sekian banyak ide DIY scarf yang saya tonton, saya memodifikasi cara dibawah ini. Semua ide yang saya lihat punya orang bule, yang menggunakan kain scarf biasa. Mereka menjahit dan menutup bagian ujung scarf menggunakan kulit sintetis atau vinil.

Nah, untuk batik ini saya agak bingung pakai cara apa. Kalau ditutup ujungnya, sayang kliwir-nya. Maka jadinya cuma dijahit tangan sedikit seperti foto dan di-secure dengan vinil yang tidak menutupi kliwir-nya. Agak kurang rapi sih tapi seenggaknya scarf batiknya keren, kan. Bule-bule mana punya? Hahahaa...

Kalau mau yang rapi ujungnya kayak punya bule-bule itu, nunggu ada yang ngasih pashmina biasa, ya. Biar tega memotong atau menyembunyikan ujungnya.

diy camera strap


Setelah posting di IG, ternyata ada yang berkomentar, untuk dikalungkan di leher itu ngeri kalau terjerat. First of all, ini batik sutra jadi kainnya lembut banget. Tapi untuk keamanan bagi teman-teman yang banyak gerak, bisa menyematkan bros besar untuk men-secure posisi scarf agar tidak mengetat. Selain itu bisa buat aksen busana agar tambah cantik.

Strap ini lebih baik digunakan untuk mempercantik penampilan seperti di acara resmi atau resepsi pernikahan, supaya nggak dikira tukang foto yang disewa tuan rumah wkwkwkwk. Untuk outdoor, sebaiknya menggunakan strap dari bahan lain. Selamat mencoba!


11 comments:

  1. Idenya orisinil nih mba'eeee.
    Tapi kameraku berat je..nampaknya strap ini cocok utk kamera mirrorless or yg ringan2 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ini untuk kamera ringan. Untuk yang lebih berat ntar aku bikinkan dri jarik.

      Delete
  2. Mupeng, aku bingung untuk kulit imitasinya itu beli dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko2 jahit pasti ada yg potongan kecil2 tp utk pelapis tas sebenarnya, spt yg aku pakai ini aku gunting dr pelapis tas. Kalau beli di Liman sepertinya minimal 1/2 meter.

      Delete
  3. Wih ini unik banget mba Lusi. Kayaknya aku belum pernah liat deh camera strap pake batik gini. Bisa sekalian memperkenalkan batik ya.

    ReplyDelete
  4. Mb lusi kreatifff... Hasilnya bagus kok mba..
    Ntar tak cek IG mba..kita saling follow blm yaa, aku kok lupa..

    ReplyDelete
  5. Mba lusi ki kreatif bangeet...apik jadinyaa..mengindonesiaa..

    ReplyDelete
  6. kebetulan belum punya camera strap, kalo dari scarf biasa bisa kan mbak?

    ReplyDelete
  7. kereeen nih mba...dan dia kuat ya, asal kameranya jangan gede2 bangeet hehehe

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.