Toko-toko Perlengkapan MOS atau OSPEK di Jogja

Libur telah usai, saatnya berburu sekolah atau PPDB bagi siswa SD, SMP dan SMA. Mohon maaf saya tidak bisa memberikan bantuan informasi untuk sistem PPDB yang sekarang karena ada beberapa perubahan dan saya belum terlalu paham. Semoga motivasi yang ada di artikel terdahulu masih bermanfaat. Mari kita move on ke toko-toko perlengkapan MOS dan OSPEK di Jogja.




Kali ini saya ingin membantu memberikan informasi perlengkapan MOS (Masa Orientasi Siswa) dan OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) yang ada di Jogja. Warga Jogja belum tentu semua tahu, lo. Terbukti selalu terjadi kehebohan di WAG (Whatsapp Group) orangtua murid tiap awal tahun ajaran baru yang bertanya dimana mencari berbagai peralatan sekolah. Agar lebih lengkap, maka saya sertakan juga informasi untuk para mahasiswa baru (maba) yang akan OSPEK bulan depan.

Saya tidak tahu perlengkapan apa saja yang kelak benar-benar dibutuhkan karena tiap sekolah dan kampus punya aturan dan kebiasaan yang berbeda. Misalnya, di sekolah anak saya dulu tidak diminta membawa peralatan yang aneh-aneh, melainkan diminta mencari berbagai macam kertas untuk membuat tugas dalam bentuk karya tulis dan presentasi. Tetap saja pusing dan capek ya, karena pengumumannya selalu setelah pulang sekolah di sore hari, harus dikerjakan malam itu juga dan berkelompok untuk besok. Kalau orangtua nggak turun tangan, minimal keliling mencarikan kertas tersebut, mereka tidak punya waktu untuk istirahat. Di masa-masa itu, kertas sesederhana kertas manila bisa menghilang dari pasaran karena banyak yang butuh sehingga cepat habis.

OSPEK lebih beragam lagi. Untuk UGM dikenal dengan nama PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru). Hahahaaa panjang bener. Meski masih sebulan lagi, tapi tugas PPSMB sudah keluar meski belum seluruhnya, jadi bisa dicicil. Memang lebih baik yang bisa dibeli atau dipersiapkan sekarang, lebih baik segera dilakukan. Pada waktu pelaksanaan OSPEK nanti, toko-toko tersebut akan penuh sesak dengan maba plus orangtuanya. Banyak maba dari luar kota yang masih didampingi ortunya di hari-hari pertama masuk kuliah agar bisa mengantar anak-anaknya membeli berbagai kebutuhan kos dan kuliah.

Daftar berikut kebanyakan adalah toko dan kios. Untuk perlengkapan yang aneh-aneh dan harus dibeli di pasar, silakan mencari informasi pasar terdekat.

1. TOKO MERAH

Toko Merah ada 2, yaitu di Jl Gejayan (Afandi) dan di Jl Kaliurang (setelah perempatan ring road utara). Tapi yang lengkap yang ada di Gejayan. Disana tersedia caping yang tiap tahun dikenakan maba UGM. Sebenarnya caping banyak di pasar-pasar atau kios peralatan rumah tangga tradisional dan tentu saja lebih murah. Tapi kalau bingung, kesini saja yang sudah jelas.
Sebenarnya, toko Merah adalah toko alat tulis. Jadi kalau ada tugas yang berhubungan dengan kertas, disini ada semua. Tapi toko ini juga menjual kain flanel, pita, tali rafia dan sebagainya yang biasa dibutuhkan dimasa MOS dan OSPEK. Harganya juga reasonable kok, makanya semua pelajar dan mahasiswa di Jogja pasti tahu toko jujugan ini.

2. JL IBU RUSWO

Jalan ini penting sekali terutama untuk anak sekolah. Segala peralatan seragam sekolah dan pramuka ada disini. Untuk keperluan MOS biasanya diminta beli handuk kecil putih jadul untuk baris-berbaris. Sedangkan keperluan lain dibutuhkan segera setelah MOS selesai. Keperluan OSPEK juga sebagian besar ada, seperti topi coping, dasi hitam, tas goni dan sebagaimana. Untuk yang musiman seperti topi caping, akan tersedia mendekati waktu OSPEK. Sepanjang jalan ini banyak sekali toko serupa, jadi kalau satunya nggak ada, cari saja di toko sebelah. Langganan saya toko Paramount, karena saya nyaris tidak pernah mencari ke toko lain. Paramount sangat lengkap, bahkan pernah dapat kaos putih polos juga. Untuk badge yang harus dijahit, bawa saja ke Jl H Agus Salim di no 3 dibawah. Deket kok, cuma nyebrang alun-alun utara dari timur ke barat.

3. JL. H AGUS SALIM

Untuk yang MOS, kadang diminta membeli kaos polosan putih atau hitam lengan panjang, handuk jadul dan topi cap untuk baris-berbaris. Memang sih di pasar Beringharjo ada. Tapi sudahlah badan capek, mau masuk-masuk pasar juga dan harus nawar pula? Hmmm.... Mendingan beli di Jl H Agus Salim. Disepanjang jalan ini ada beberapa toko konveksi yang biasa menerima pesanan seragam celana training dan kaos. Kadang mereka membuat lebih banyak dari yang dipesan orang. Sisaan itu dipajang dan dijual eceran. Memang sih, tidak semua menjual sisaan tersebut tapi ada 3 toko andalan saya disana, yaitu toko Central dan 2 toko diujung timur (maaf lupa namanya). Harganya murah-murah, dibawah 100 ribu, seperti harga pabrik, tapi kualitasnya bagus. Jika membutuhkan bordir untuk memasang badge, seperti badge pramuka, datang saja ke toko yang diujung timur tersebut. Bisa ditunggu 1 menit dan cuma bayar 5 ribu.

4. TOKO PEMBANTU

Toko Pembantu ini terletak di Jl Bhayangkara, tepatnya dibelakang Rumah Sakit PKU Muhammadiyah. Aslinya ini toko langganan instansi untuk memborong ATK (Alat Tulis Kantor), tapi menjual eceran juga kok. Toko ini andalan saya untuk membeli karton-karton tebal dan kertas asturo. Koleksi kertas asturo disini lumayan lengkap jika panitia minta nomor tertentu.

5. JL PERSATUAN / KALIURANG

Terus terang saya baru tahu nama jalan ini Persatuan. Hahahaaa..... Karena sejak saya kuliah disana, setahu saya itu Bulaksumur gitu aja. Okey, jadi disepanjang jalan di komplek UGM ini, tepatnya disekitar bank Mandiri, akan berdiri banyak pedagang tas karung goni dadakan. Kadang mereka juga menjual topi caping dan tali rafia. Coba saja. Cuma, harganya suka-suka mereka. Tapi kalau nggak tahu Jogja, cukup membantu kok. Bandingkan dengan yang lainnya saja dan nawar.

6. KIOS-KIOS UNY

Kios-kios di pengkolan pertigaan Jl Colombo dan Jl Afandi / Gejayan ini terdapat deretan kios-kios yang menjual peralatan rumah tangga tradisional seperti ijuk, sapu lidi, keranjang dan sebagainya. Topi caping juga ada disini dan kemungkinan peralatan-peralatan tradisional lain yang diminta, misalnya tampah.

7. TOKO CHERRY

Toko ini terletak di Jl RE Martadinata dan menjual berbagai alat tulis. Saya mengandalkan toko ini untuk mencari kanvas lukis berbagai ukuran dan berbagai jenis cat lukis yang dibutuhkan. Biasanya mereka sudah langsung tahu ukuran yang dicari jika ada anak sekolah yang datang karena rata-rata mendapat tugas yang sama. Namun, tugas ini termasuk jarang. Buat catatan saja ya, kalau tiba-tiba diminta.

Jika diminta pernak pernik lain, mungkin bisa dicari di artikel tentang Toko-toko Alat Jahit yang pernah saya tulis.

Selain toko-toko tersebut, masih ada toko Prestasi, Gramedia, Togamas dan sebagainya yang mungkin punya bahan yang dicari. Tips dari saya:

  • Untuk maba, segeralah bergabung dengan group WA jurusan. Ketika anak saya diterima, langsung diinvite ke group WA jurusan oleh kakak angkatannya. Itu akan sangat membantu, bahkan bisa nitip.
  • Untuk yang MOS sekolah, sebaiknya orangtua segera bergabung dengan group WA orangtua murid untuk saling bertukar informasi tentang keberadaan perlengkapan tersebut.
  • Jika sudah menemukan perlengkapan yang dicari tapi harus membeli dalam jumlah lebih besar dari yang dibutuhkan, usahakan untuk menghubungi teman lain yang belum dapat, agar ngirit dan saling bantu.
  • Jika perlengkapan yang dicari sudah habis atau sulit dicari, beli saja yang mirip. Yang penting ada usaha membawa meski akhirnya tetap dihukum untuk menunjukkan kesungguhan. Lagipula, hukuman jaman sekarang sudah ada batasan-batasannya, tidak boleh membahayakan siswa baru.

MOS atau OSPEK sekarang hanya beberapa hari. Tak perlu terlalu khawatir karena sekarang pengawasannya cukup ketat. Dijalani dan dinikmati saja. Meski capek, akan menjadi kenangan seru.




19 comments:

  1. Maba ada WAG juga ya. Akan sangat membantu buat yang belum paham Yogya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Datanya diambil oleh kakak angkatan dari daftar yg diterima dr berbagai jalur. Ngebantunya dr mulai daftar ulang lo, jadi saya terima bere. :)

      Delete
  2. Waaa.. Bermanfaat banget, anak saya mau ke UII nih, deket tuh Mbak?😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jogja kemana-mana nggak jauh mbak. Tapi yg paling dekat UII ya toko merah. Semoga dimudahkan ya mbak.

      Delete
  3. Wih, Jogja lengkap banget yak, mau ospek aja ada toko khususnya, hehe.
    Aku dulu pas ospek kemana-manya nyari barangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengusaha sekarang pinter2 mbak. Apa yg dibutuhkan pasti tersedia :)

      Delete
  4. bagus banget ada toko khusus ospek kaya gini. dulu jaman sekolah nyari satu2 di toko yang berbeda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengusaha & pemilik tokonya tambah pinter lihat peluang :)

      Delete
  5. Toko Merah ada juga di Concat, sebelum karaoke Top 40, anak-anak sering beli keperluan sekolah di sini. Tapi tetap lebih lengkap yang di Gejayan sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih dekat ke Jl kaliurang juga tapi lbh suka ke gejayan krn parkirnya lbh mudah.

      Delete
  6. Wuih lengkap banget mak.. Info bagus bagi yang ibu2nya anaknya bakal sekolah di Yogya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak anak kos di Jogja yg blm paham jogja :)

      Delete
  7. Aku dulu mo ospek juga random nyari alat2 nya... Paling pusing pas disuruh mbawa rafia warna coklat... Entah lupa dulu aku dapetnya dmn mba..

    Ah..opspek.. Capek banget klo ingatπŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi nyari rafia merah putih, alhamdulillah ada di warung sayur dekat rumah :))

      Delete
  8. iya, dulu aku kolektif beli2nya. kalo sendiri malah repot dan bisa jadi lebih mahal

    ReplyDelete
  9. lengkap referensinya mba..btw, masih adaaaa ya ospek :))

    ReplyDelete
  10. Wahhh kalau di UIN malang, yang jual perlengklapan MOS nya ya panitianya sendiri hehe..

    ReplyDelete
  11. Ooh ada ya toko-toko perlengkapan mos dan ospek seperti ini di Jogya. Pasti laris manis waktu masuk sekolah. Btw di SMA anakku MOS nya sudah nggak disuruh bawa barang macem2, sejak 2 tahun lalu. Cuma diminta buat nametag aja dan kebanyakan tugasnya bikin laporan harian.

    ReplyDelete
  12. wah, ini penting banget referensinya. kadang kalo mos disuruh bawa aneh aneh yang di toko normal gak bakalan ada..:)

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.

Like us