6.8.17

Batoer Hill Resort & Resto Gunungkidul, Sebuah Negeri Di Atas Awan

Beberapa waktu lalu, saya melihat foto di fanpage @batoerhillresort yang dibagikan teman saya di facebook. Foto Batoer Hill Resort & Resto Gunungkidul tersebut keren banget, seseorang sedang berenang didataran tinggi dengan latar belakang pemandangan sawah dan lembah yang sangat luas ditambah deretan pegunungan lain di cakrawala. Melihat fotonya saja sudah menenangkan. Buru-buru saya bertanya apakah pengunjung umum diperbolehkan berenang disana, lantaran berenang dengan pemandangan seindah dan serelaks itu belum ada di Jogja. Kolam renang umum di Jogja kebanyakan di dataran rendah atau di kota.

Batoer Hill Resort Gunungkidul

Ternyata teman saya tersebut, Irma, beserta beberapa koleganya, merupakan pengelola Batoer Hill Resort. Irma mengajak saya dan sejumlah teman-teman blogger untuk melihat Batoer Hill yang sedang dalam masa penyempurnaan.


BELUM SEMPURNA TAPI SUDAH BIKIN BETAH

Belum sempurna bagaimana sih? Batoer Hill Resort & Resto terletak di sebuah tebing dataran tinggi. Pengelola berkomitmen untuk memastikan keamanan pengunjung, terutama anak-anak. Ketika saya datang, jembatan ke ujung dunia yang keren banget untuk selfie barusaja selesai diberi pagar. Lampu-lampu sepanjang pagar juga sudah terpasang sehingga tetap menarik dimalam hari. Tetapi pagar di area tebing untuk duduk-duduk ngeteh atau ngopi dan kolam renang belum terpasang. Begitu pula dengan area penginapan.

Batoer Hill Resort Gunungkidul

Meski begitu, kita sudah bisa kesana kok karena restoran sudah beroperasi dan pendopo sudah digunakan untuk berbagai acara. Sedangkan untuk liburan keluarga, seperti menginap dan berenang, baru dibuka sekitar awal Oktober 2017. Pantau saja akun-akun media sosialnya. Jangan sampai keduluan jika punya rencana menyambut tahun baru yang mengesankan bersama teman-teman dan keluarga. Untuk menyambut tahun baru, kita bisa pesta barbeque, bakar jagung atau melepas lampion dan make a wish seperti yang kami lakukan kemarin.

Saking mengesankannya, beberapa teman blogger sampai janjian balik lagi kesana keesokan harinya. Mereka pamer sarapan dan minum teh sambil menikmati panorama. Restoran yang berada di resort ini unik karena bekerjasama dengan masyarakat sekitar. Bahan-bahan masakannya menggunakan apa yang ada di desa tersebut. Masakan pedesaan itu lezatnya tiada tara dengan bahan-bahan yang selalu segar dan bumbu-bumbu alami. Saya sempat mencicipi ingkung kering khas Batur dan urapan. Duuuh, enak banget.

Batoer Hill Resort Gunungkidul

Berbeda dengan resort lain yang tertutup dan eksklusif terhadap penduduk sekitar, resort ini justru bersinergi dengan masyarakat setempat. Pengelola tak segan memberikan pelatihan kepada penduduk setempat agar memenuhi kriteria sebagai seorang karyawan resort yang terampil meski pendidikannya tidak setinggi karyawan-karyawan resort modern pada umumnya. Karena itu, nuansa pedesaan yang disajikan memang tidak tanggung-tanggung, dari pemandangan alamnya, hasil buminya hingga sumber daya manusianya. Cuma leyeh-leyeh dikamar saja kita bisa merasakan suasana tenteram tersebut dengan menyaksikan para petani merawat sawahnya dari balik jendela.

Untuk masuk ke resort ini teman-teman harus membayar voucher. Tapi ini bukan tiket masuk loh, melainkan untuk menyaring pengunjung dari orang yang sekedar melihat-lihat agar suasana nyaman terjaga. Voucher tersebut bisa ditukar dengan hidangan di restoran atau untuk berenang jika pengamannya sudah siap.

Batoer Hill Resort Gunungkidul


SEBAGAI POS  JIKA BERWISATA SEPUTAR TIMUR JOGJA DAN GUNUNGKIDUL

Meski belum 100% selesai dibangun, ternyata cukup mudah mencari informasi tentang Batoer Hill Resort di internet. Melalui mesin pencarian google, teman-teman bisa menemukan cara mencapai lokasi yang diidentifikasikan sebagai Desa Wisata Batur, lengkap dengan foto-fotonya. Alamat lengkapnya: Batur, Putat, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Resort ini tidak jauh dari Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran.

Batoer Hill Resort Gunungkidul

Jalan ke arah resort beraspal mulus meski tidak terlalu lebar. Menurut pengemudi mobil yang membawa kami, bus 3/4 bisa masuk hingga resort. Untuk bus besar belum bisa karena area parkir tidak mencukupi untuk manuver kendaraan sebesar itu. Istimewanya, sepanjang jalan masuk menuju Batoer Hill Resort merupakan rumah para pengrajin kayu Bobung yang menghasilkan topeng dan kayu yang dibatik. Teman-teman bisa membelinya untuk dipajang dirumah atau oleh-oleh. Yang punya online shop bisa juga tuh dicoba kerjasama jualan properti foto yang sekarang sedang tren. Harga langsung dari pengrajin sudah pasti murah banget, margin bisa lebih besar. Atmosfir kesadaran wisatanya cukup baik disini.

Batoer Hill Resort Gunungkidul

Saran saya sih, setelah teman-teman tour ke Candi Prambanan, Candi Boko, Tebing Breksi, Candi Ijo, Rumah Dome, Gunung Api Purba atau Embung Nglanggeran yang ada sepanjang perjalanan dari Jogja ke arah Gunungkidul melalui Jl Piyungan, menginap saja di Batoer Hill untuk melepas lelah. Besok paginya teman-teman bisa lanjut ke Goa Pindul, Air Terjun Banyunibo atau Air Terjun Sri Gethuk, kemudian sorenya kembali ke Batoer Hill untuk istirahat dan mengembalikan stamina yang terkuras setelah kegiatan fisik. Besoknya lagi, teman-teman bisa lanjut berwisata ke pantai-pantai Gunungkidul yang sedang kondang, lalu sorenya kembali lagi ke Batoer Hill.

Mengapa harus ngepos di Batoer Hill? Karena pemandangannya sangat bagus, nggak diapa-apain memang sudah bagus. Cukup dengan duduk saja memandang cakrawala yang luas terbentang akan membuat pikiran relaks. Badan dan pikiran yang lelah setelah uyel-uyelan di obyek wisata kekinian seputar timur Jogja dan Gunungkidul bisa diobati disini.


SEBAGAI ONE STOP EVENT

Batoer Hill Resort menyiapkan 9 bungalow dan 2 suites yang bisa dimanfaatkan untuk mengadakan acara seharian disana.

Batoer Hill Resort Gunungkidul

Misal, jika organisasi atau kantor teman-teman ingin membuat raker, EO bisa mengatur agar pagi digunakan untuk olahraga termasuk berenang, siang raker, sore istirahat dan malam untuk keakraban atau acara-acara motivasional.

Contoh untuk outing, dari pagi sampai siang bisa dilaksanakan berbagai games dan kegiatan outdoor. Nantinya resort ini akan dilengkapi dengan peralatan outbond seperti flying fox, paint ball dan sebagainya. Faktor keamanan sangat diperhatikan sehingga tidak ada kata irit demi keselamatan. Setelah basah keringetan, sorenya bisa ditutup dengan acara berenang bebas. Malamnya, akan bagus sekali diadakan acara kerohanian di pendopo. Semangat yang meledak-ledak ketika outbond di siang hari, diseimbangkan dengan ketenangan jiwa di acara kerohanian tersebut.

Batoer Hill Resort Gunungkidul

Untuk membantu edukasi tentang konservasi, pengelola menanam 1000 tanaman lidah buaya yang tidak saja berguna untuk menyuburkan rambut, tapi juga segar untuk dibuat minuman dan merupakan bahan utama berbagai produk farmasi dan kosmetik.

Dari pengelola sendiri memberikan ide bagi para pengejar halal untuk mengadakan acara disini, dari mulai pre wedding hingga resepsi yang romantis. Menu resepsi dan hiburan berupa tarian dan gamelan bisa disediakan oleh warga sekitar. Tari-tarian yang dibawakan oleh penduduk sekitar memberikan nuansa unik karena gerakan tari yang lemah lembut disajikan oleh penari-penari berbadan liat yang terbentuk dari kegiatan bertani. Rangkaian acara diakhiri dengan bulan madu di kamar suite. Pengombyong atau pengantar pengantin bagaimana? Ya terserah lah ya, bakar apa kek hahahaaa....


PERTUNJUKAN ALAM YANG TAK BOLEH DILEWATKAN

Sebagai sebuah resort, tentu jagoannya adalah alam. Yang sudah saya saksikan adalah pemandangan indah berupa sawah menghijau dan pegunungan di cakrawala. Posisinya yang berada di tebing membuat pandangan bebas lepas. Ketika matahari tenggelam atau sunset, suasana magis menyelimuti langit. Gradasi warna bermunculan. Biru, kelabu, pink, orange, keemasan, berlapis-lapis sampai semuanya menyatu dalam kegelapan.

Batoer Hill Resort Gunungkidul

Karena posisinya di tebing itu pula, yang berarti bebas dari halangan apapun, pelepasan lampion menjadi acara yang sangat mengesankan. Lampion bisa terbang lepas memenuhi langit, berbaur dengan bintang-bintang. Sedangkan di pagi hari, pengelola bercerita jika pemandangannya seperti negeri diatas awan berkat bantuan kabut pegunungan. Nanti kalau semua fasilitas sudah siap dan bisa menginap disana, saya bisa cerita lebih banyak tentang negeri diatas awan ini ya.

Pariwisata memang berkembang pesat di Gunungkidul sehingga menjadikannya tujuan wisata Jogja favorit saat ini. Sikap masyarakat yang terbuka dan ide-ide cemerlang para entreprenuer mampu menghadirkan sinergi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat setempat tanpa merusak alam dan ikut menjaga budaya lokal yang sudah turun-temurun seperti yang sedang diusahakan di Batoer Hill Resort & Resto.


Kontak Batoer Hill Resort & Resto:
Website: www.batoerhillresort.com
Telepon: 0812-2544-3716
Email: batoerhillresort@gmail.com
Twitter: @BatoerResort
Fanpage: @batoerhillresort
Instagram: @batoerhillresort


38 comments:

  1. manteb bgt, aki juga pingin sekali kesini lagi, tapi kesini yang bener bener menikmati

    ReplyDelete
  2. wah alamnya begitu indah dan bikin betah pastinya

    ReplyDelete
  3. ah ulasan mak Lusi mantaff. Jadi penasaran ke sana

    ReplyDelete
  4. Duh, udah mah bikin ngiler itu makanan, tempatnya bikin betah juga. Serasa udah merasakan betahnya meskipun belum kesana..hehe

    Kalau gak salah pernah aku lewati waktu gowes ke salah satu pantai di Gunung kidul, tapi gak mampir. Ternyata kalau detail fotonya memang keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwaduh gowesnya jauh amat ya? Heheheee lain kali bisa istirahat dulu disitu.

      Delete
    2. Iya dulu suka ke gunung kidul kalau gowes, dari daerah Bantul lumayan 8 jam baru sampe..haha
      Pulangnya dari ashar sampe kost jam 2 pagi :D

      Tapi harus cari waktu yang tepat dan pas..

      Delete
  5. aiih kalau orang jambi bilang "elok nian tempatnyo" ^_^

    ReplyDelete
  6. Wuih kereeen, pemandangannya indah banget ya. Dan itu tuh makanannya asli deh bikin ngiler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mbak, tau sendiri kan masakan orang desa itu, serba fresh

      Delete
  7. Pemandangan alamnya luar biasa keren euy. Aku senang mba kalau resort yang punya pemandangan alam yang indah sehingga kita jadi lebih bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Kebanyang serunya lepas lampion di malam hari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sudah bosan dengan bangunan2 :))

      Delete
  8. Bener-bener instagramable dan prewed-able. Hehehe

    ReplyDelete
  9. Bagus ya konsepnya gak pake tiket masuk tapi pake voucher yang bisa dituker makanan. Jadi kita gak perlu ada biaya double : tiket masuk dan beli makan. Hehe. Kayaknya bakal jadi tempat hits baru nih di jogja. Harus kesana !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simple konsepnya tapi terkelola dg baik :)

      Delete
  10. Nambah lagi niih list destinasi di memo. Spot-spot yang lagi kekinian ya pemandangan dari ketinggian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang orang suka nangkring di tempat yang tinggi2 :))

      Delete
  11. wah gunungkidul makin banyak spot baru ya. bagus deh biar ndak numpuk di jogja kota. btw tone foto di sini aku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Jogja perlu menyebar titik2 keramaian. Eh ajarin aku moto2 dong :)

      Delete
  12. Anjungan nya asyik tuh buat foto apalagi kalau malem ya

    ReplyDelete
  13. Pengen banget staycation bareng fmly di Batoer Resort, semoga dapet diskon 😁

    ReplyDelete
  14. Besok-besok aku mau ke sana lagi naik sepeda, kan mayan sampe sana bisa renang *eh.
    Di dekat sana pun banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

    ReplyDelete
  15. bayangin ngadain resepsi disini saat senja sampai malam terus ditutup nerbangin lampion pasti asyik banget ya

    ReplyDelete
  16. Belum sempurna aja udah bikin betah.. Apalagi kalo udah 100% selesai.. pasti mantap jiwa..

    ReplyDelete
  17. Ya ampun poto2 kala senjanya ternyata apik2. Aku asik mainan HP sama bre e hahaha

    ReplyDelete
  18. Tempat yg asyik dan keren. Cocok buat melipir sejenak dari rutinitas sehari-hari yg bikin stress.

    ReplyDelete
  19. Negeri diatas awan ... semacam Dieng-nya Jogja.

    ReplyDelete
  20. Lampu2nya bikin baper kalau malam, semacam perasaan ingin berlama2 memandang kelap kelip dari atas Batoer Hill.

    ReplyDelete
  21. Daku baru pertama kali ke Gunungkidul lho, hihihihi, belum kesampaian terus, untung diajakin ke Batoer Hill.
    Tio minta balik lagi, karena pengen berenang :)

    ReplyDelete
  22. aku pengen ke sana lagi kalo rumput2nya dan beberapa tanaman yang baru ditanam sudah tumbuh semuaaa. aah pasti cantik.

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.