Monday, August 26, 2013

donnaimelda(dot)com: Blog Review


Sehabis liburan sangat panjang yang membuat teman-teman saya iri, eh Donna menagih janji. Katanya, dia serius minta blognya, donnaimelda.com, direview. Lah, saya juga serius kok, tapi sering lupa saja. Heheheee... Maka tengah malam ini, ketika punya kesempatan duduk tenang didepan laptop, langsung saja saya kerjakan. Daripada ditagih lagi. Ya, nggak?

Secara pribadi, saya mengenal Donna secara singkat karena keluarganya sering berpindah domisili mengikuti tugas sang ayah. Pada jaman itu, berpindah-pindah domisili sungguh merepotkan karena selain capek fisik, juga harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Saat ini, tempat baru bisa menjadi petualangan yang menarik. Mungkin karena kita sudah dewasa, sudah bisa melihat sisi menarik dari hal-hal asing yang menakutkan bagi anak kecil. Mungkin juga sebab lain.

Donna adalah sedikit dari orang-orang yang saya kenal, yang bisa melihat sisi menarik dari hal-hal yang ditemuinya. Dia bahkan juga tengah berusaha melatih buah hatinya untuk keluar dari zona nyaman dan menantang semua indra yang mereka miliki. Panca indra kita paling mudah distimulus melalui perjalanan.

Hasil dari semua itu adalah artikel-artikel keren di kategori Jelajah Nusantara. Blog traveling itu sangat banyak, tapi ada dua kelebihan Donna, yaitu foto-foto dahsyat dan gaya berceritanya. Artikel yang berisi info-info praktis memang banyak dicari, tapi tidak menarik, karena dari pengalaman saya traveling, info-info praktis tidak membantu kita memahami keadaan yang sebenarnya. Donna menulis dengan cara yang berbeda, yaitu bercerita sambil memberikan informasi. Deskripsi diutamakan, sedangkan info praktis menjadi penegasnya. Dengan demikian, kita seperti bersamanya mengikuti perjalanan tersebut. Sayangnya, Donna sendiri mengaku lebih banyak melakukan perjalanannya tapi menunda-nunda menuliskan perjalanan tersebut. Padahal, kekuatan blogmu disitu, Don.

@dofani’s world adalah sentuhan pribadi yang sangat indah, membuat kita ingin tersenyum melihat perjalanan bahagia keluarga Donna. Apakah catatan traveling dibarani akan ada di kategori-kategori traveling atau @dofani’s world , tetap akan menarik untuk disimak bagaimana panca indra mereka berkembang, mencari-cari bukti kebesaran ciptaan Allah.

Donna juga menyukai fiksi. Ada tiga serial yang yang tampak di kategori, yaitu Adisty, Arga dan Devina. Tak apa, keuntungan punya blog pribadi adalah kita bebas mengakomodir semua kesukaan kita. Saya termasuk yang tidak mengerti mengapa blog pribadi harus tematik? Bukankah kepribadian seseorang itu sungguh kaya? Pada akhirnya toh pengetahuan, karakter atau hobinya yang paling menonjol yang akan diingat pembaca.

Namun demikian, saya sarankan Donna menghapus saja kategori Gallery. Karena, 1) Ini bukan blog komersial yang perlu etalase, 2) Foto-foto yang diupload didalam artikel sudah sangat cukup, 3) Donna sendiri sepertinya kurang bersemangat mengupdate foto-fotonya, 4) Nanti malah dicopas orang saja.

Dari liburan panjang Lebaran lalu, saya tahu banyak pengalaman menarik yang disimpannya dan entah kapan mau dituliskannya. Saya tahu pula, sudah ada yang menyatakan menunggu kisahnya tersebut. Jadi, keep writing. What else?! Love you.

4 comments:

  1. Dari blog-nya si kurus itu (*siap dijitak mba Donna) aku paling suka Dofani's world & Arga Series. Ini blognya bergizi tapi yg empunya tdk tertarik utk populer.

    Kenal secara pribadi sm orangnya.. she's nice. Sayangnya aku minta kain bali ngga dikasih :D *teteup ngeledekin*

    ReplyDelete
  2. Aku sering mampir ke blognya tuh, keren-keren fotonya, tulisannya juga menarik, tapi jarang meninggalkan komen, agak susah komen kalau via smartphone :(

    ReplyDelete
  3. Pagi2 sambil motong buncis tuk menu hari inii liat red light di hape menyala. Ternyata kejutan manis senin pagi, akhirnya review blog ku selesai juga. Bahasa seriusnya sih "sungguh sebuah kehormatan di review seorang Lusi yg jam terbang nya sdh gak diragukan lagi. Thanks ya bu.... Masukan yg berharga banget. Saran2nya ntar aku lakukan. Makasih banget ya.....

    Buat Noe.... Makasih juga ya, btw masih harus barter review ya kalo minta reviewmu? Hehehe... *jgn ngeledek pagi2....nakal!!

    ReplyDelete
  4. Mak Indah....makasih juga ya sudah mampir ke blog ku.... Thanks banget.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.