Tuesday, September 17, 2019

7 Akun Instagram Toko Alat Bahan Jahit Dan Craft Dari Jogja

Seorang teman di komunitas jahit memposting pertanyaan dimana toko alat dan bahan jahit atau craft di Jogja atau Yogyakarta yang bisa mengirimkan pembelian melalui ojek online. Padahal dia juga tinggal di Jogja. Dia juga mengharapkan toko tersebut memiliki akun instagram agar mudah memilih alat dan bahan yang dibutuhkan.

instagram craft jogja

Saat itu, barulah terlintas dalam pikiran saya, "Iya, ya, tak semua orang seselo saya, bisa mampir toko jahit kapan saja."

Lalu ada lagi teman dari pulau lain menjawil saya di instagram, bertanya dimana saya membeli bahan craft yang saya foto dan unggah. Saya menjawab, dari toko di Jogja. Lalu dia bertanya lagi, bisakah dikirim jauh? Sok tahu saya menjawab, mungkin bisa karena ada akun instagramnya. Jaman sekarang gitu loh, mulai banyak toko offline yang juga berjualan online. Ternyata benar, toko tersebut langsung gerak cepat ketika saya tag.

Baca: Blusukan Ke Toko-toko Kulakan Keperluan Jahit dan Craft di Jogja

Baik jahit atau craft sebagai hobi maupun pekerjaan, kesibukan orang tidak bisa disamakan. Ada yang meski cuma sekedar hobi tapi tidak sempat membeli alat dan bahan karena sibuk dengan kegiatan lain, misalnya momong anak, bekerja di kantor, punya usaha lain, sakit dan sebagainya. Sedangkan yang pekerjaan utamanya sebagai penjahit pun belum tentu kegiatannya didominasi borong alat dan bahan dari toko ke toko. Jika pesanan sedang banyak atau pesanan sedikit tapi dikejar tengat waktu, makan pun kadang tak sempat.

Waktu saya belanja di toko Liman Malioboro, saya harus antri bareng  beberapa driver ojek online. Ya, begitulah! Jasa ojek online juga telah menjadi andalan para penjahit dan crafter.

Toko alat dan bahan jahit atau craft rupanya juga sadar akan hal itu dan telah menyesuaikan diri dengan membuat akun instagram. Untuk alat seperti jarum merk Singer no 13, jarum pentul, M33 misalnya, cukup dengan menghubungi nomor whatsapp tersebut dan memintanya mengirim melalui ojek online. Tapi untuk kain kanvas, curdora, spundun dan sebagainya yang memiliki motif dan warna akan membuat admin toko kewalahan mengirimkan fotonya. Dengan akun instagram, calon pembeli tinggal memilih motif dan warna yang dikehendaki.

Dengan akun instagram pula, toko-toko alat dan bahan jahit dan craft tersebut bisa menambah jangkauan pemasaran hingga keluar Jogja.

Nah, berikut akun-akun instagram toko alat dan bahan jahit dan craft dari Jogja untuk teman-teman di seluruh tanah air.

1. @tokoliman.id

liman jogja

Di Jogja, Toko Liman sangat populer di kalangan crafter dan pengusaha kerajianan. Liman memiliki 2 toko di Jl Malioboro dan Jl C Simanjuntak. Toko Liman menjual semua bahan kain sofa, bahan tas, plastik, spunbun, busa, pelapis dan sebagainya. Ada pula pernak-pernik kelengkapan craft seperti, ring, webbing, resleting, handle tas, burlap dan sebagainya. Liman juga menjual barang jadi seperti kasur busa, karpet, bantal, boneka dan sebagainya.

Yang menyenangkan dari Liman adalah mereka melayani semua partai penjualan, kecil maupun besar. Untuk bahan kain minimal kita bisa membeli dengan panjang 1 meter. Tapi pernah juga saya membeli dengan panjang 1/2 meter karena betul-betul cuma untuk sample. Untungnya mereka tidak keberatan.

Baca: Seputar Workshop Jahit dan Craft di Jogja

Begitu pula dengan pembelian online yang menggunakan jasa ojek online, tidak ada pembatasan yang rumit. Sepertinya sama dengan pembelian offline. Liman juga bisa mengantarkan pembelian atau pesanan dengan kurir dari toko tersebut dengan minimum pembelian tertentu. Minimum pembeliannya tidak banyak kok. Tapi sebaiknya dikonfirmasikan dulu saja. Untuk yang punya usaha besar malah lebih mudah lagi karena mereka bisa mengirimkan bahan tiap ada motif baru dengan mobil box.

Untuk display online memang tidak bisa mencakup semua yang dijual di toko offline. Banyak sekali soalnya. Tapi admin berusaha memuat perwakilan masing-masing jenis alat dan bahan tersebut. Kadang admin juga memberikan berbagai tips. Jadi yang belum ada rencana beli apa-apapun bisa follow. Kalau teman-teman membutuhkan sesuatu yang tidak ada di display, bisa menghubungi whatsappnya untuk bertanya.

2. @joliejogja


jolie jogja

Toko Jolie ada 2 , di Jl Pierre Tendean yang lebih populer di kalangan anak muda dan ibu muda, serta di Jl P Diponegoro yang lebih populer di kalangan crafter. Kedua toko Jolie menjual berbagai busana dan aksesoris remaja putri, dekorasi rumah yang sedang hits serta peralatan craft. Khusus untuk peralatan jahit hanya dijual di cabang Jl P Diponegoro.

Jenis alat dan bahan craft di Jolie lebih lengkap daripada Liman, tapi stoknya terbatas karena kebanyakan melayani usaha penghobi dan usaha perorangan. Alat dan bahan yang ada di Jolie tapi tidak ada di Liman misalnya alat decoupage, properti fotografi, bunga-bunga kecil, pita-pita, resleting kecil, kepala rit lucu-lucu dan sebagainya.

Di akun instagramnya, Jolie lebih banyak memuat pernak pernik remaja dan interior. Tapi kadang ada juga kok bahan-bahan craft-nya. Kalau teman-teman membutuhkan alat atau bahan yang tidak ada di display, coba langsung japri saja.

3. @tokonarwastu

narwastu jogja

Okey, toko ini agak unik dibandingkan 2 toko diatas karena letaknya dekat traffic light Bausasran yang sempit dan ramai. Jadi kalau kesana naik mobil, bakal heboh deh. Mendingan naik motor. Jadi keberadaan akun instagram ini membantu banget, tidak hanya buat yang di luar kota tapi juga buat yang cuma punya mobil, nggak punya motor. Tapi sebagai catatan, saya belum pernah mencoba layanan online-nya ya.

Barang-barang yang dijual di Narwastu kebanyakan peralatan jahit. Senengnya di sini adalah banyak pilihan charm untuk tas, dompet, kalung dan gelang. Peralatan craft seperti ring, handle, renda, bunga-bunga hiasan dan sebagainya juga banyak. Ada juga barang jadi seperti tas dan baju. Dibandingkan 2 toko diatas, untuk offline-nya, Narwastu lebih memberi banyak pilihan alat jahit menjahit. Karena itu yang datang kebanyakan penjahit dibandingkan crafter.

4. @jogjawisatakainkiloan


kain kiloan jogja

Namanya unik ya, seperti mau piknik. Tapi ini tidak mengada-ada lo. Bagi para penghobi jahit, kulakan bahan itu sama saja dengan piknik. Sangat menyenangkan.

Dulu di komunitas ada jatah diskon di toko ini bagi anggota. Tapi kemudian ada yang nakal, mengambil jatah lebih sehingga pengurus merasa tidak enak dengan toko tersebut. Mohon teman-teman kalau bergabung dengan sebuah komunitas, jangan bikin malu pengurusnya, ya. Nggak berkah lo.

Saya sendiri sangat senang berada di toko ini karena bahan kain yang ajaib-ajaib ada semua. Misalnya kain bulu-bulu untuk jok kursi di rumah selebgram ada di sini dengan beberapa pilihan warna. Belum lagi kain katun yang adem dengan motif shabby chic yang girly ada semua disini. Keren buat membuat kreasi tas dan pouch.

Sayangnya, saya belum menemukan formula untuk menghitung biaya produk saya jika beli bahan kiloan. Sebenarnya bisa saja sih dengan cara:

  • (berat awal : harga awal) x berat setelah dipotong pola.
Hanya saja, kain untuk bahan tertentu kan ringan banget, saya tidak punya timbangan yang sesuai.

Tapi jika teman-teman lihat akun instagramnya, ternyata ada yang dihitung meteran. Akun instagram tersebut cukup rajin update dan foto motif kainnya cukup jelas.

5. @altajaya

alta jaya jogja

Saya belum pernah ke Alta Jaya, baik offline maupun online. Letak tokonya cukup jauh dari rumah saja dan seperti yang saya sampaikan diatas bahwa saya cukup selo untuk bisa mendatangi toko offline jika saya butuh sesuatu.

Namun, akun media sosial Alta Jaya cukup aktif mengikuti saya termasuk di youtube. Jadi saya apresiasi dengan memasukkannya ke daftar ini saja, ya. Hehehee.

Jika melihat alat dan bahan jahit yang diunggah, terlihat banyak peratalan craft untuk memperbaiki sofa, membuat tas, dompet dan sebagainya. Kira-kira hampir sama dengan Liman. 

Hanya saja foto yang diunggah campur dengan berbagai peristiwa di Jogja dan di negeri ini. Jadi kalau teman-teman mencari alat dan bahan yang tidak ada di instagramnya, coba dijapri saja. Karena hobi adminnya jalan-jalan ke akun-akun media sosial orang lain, berarti dia selalu standby. Jadi sepertinya admin akan cepat merespon jika ada pertanyaan. 

6. @tokobenanggabby

gabby jogja

Toko benang ini sangat populer di kalangan ibu-ibu penggemar rajut, songket tangan dan sulam. Saking populernya, ibu-ibu dari kota-kota sebelahpun sering kulakan kesini. Letaknya di selatan Tugu. Tokonya cukup besar dan lengkap. Tapi saya belum pernah menggunakan layanan online-nya.

7. @poyenghobby


poyeng jogja

Toko offline kalau tidak salah ada 2, di selatan dan utara. Yang pernah saya datangi di utara, dekat traffic light Monjali. Tokonya kecil dan traffic light ini sering jadi sumber kemacetan. Jadi kalau ke Poyeng pakai motor saja. 

Poyeng menjual berbagai alat rajut, songket tangan dan sulam. Toko ini lebih populer di kalangan anak muda. Entah kenapa kok bisa beda segmen antara Poyeng dan Gabby. Mungkin karena rajutan yang diperkenalkan Poyeng lebih kekinian dari segi pemilihan benang dan jenis produknya, misal sweater, syal dan sebagainya. Coba lihat deh akun instagramnya. Lucu-lucu, kan?

Mbak penjaga Poyeng itu baik-baik, Mereka tidak hanya menjual alat dan bahan saja tapi juga mau mengajari. Jadi misal teman-teman pas bangun tidur tiba-tiba pengin merajut, cuss langsung ke Poyeng, minta diajari sebentar, lalu bayar deh benang dan alat-alatnya. 

Nah, itulah 7 akun instagram toko alat dan bahan jahit serta craft dari Jogja. Sebenarnya masih ada akun-akun lain yang saya temukan seperti Gracia Indah, Bella, Adele dan sebagainya tapi lama tidak ada postingan baru. Selain itu akun Petra juga tiba-tiba hilang. Semoga balik lagi karena isinya bagus-bagus seperti Jolie.

Semoga membantu hobi dan pekerjaan teman-teman, ya.


2 comments:

  1. Sejak SMA sampe sekarang seringnya ke Jolie. Walau makin lama makin jauh aja tempatnya dari rumah, tapi tetep jadi tujuan yang utama buat cari pernak pernik aksesoris :D

    ReplyDelete
  2. Wih detail banget, Mbak Lusi. Memang perlu ada postingan seperti ini biar yang googling bisa langsung nemu apa saja toko yang jual peralatan craft dan yang tanya bisa langsung dikasih link.😍

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.