Qurban Jelajah Negeri Bersama Syam Organizer

Apakah teman-teman sudah memutuskan akan melaksanakan qurban dimana dan diberikan kepada siapa? Idul Adha akan dirayakan tanggal 31 Juli 2020 atau sekitar sebulan lagi, mungkin Qurban Jelajah Negeri yang dikelola oleh Syam Organizer bisa menjadi pilihan yang sesuai di tengah pandemi.

qurban-jelajah-negeri-bersama-syam-organizer


Tahun ini sungguh cobaan yang luar biasa bagi umat Islam. Kita harus melalui Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha dengan menjaga jarak di tengah pandemi. Sampai sekarang kami belum bisa bersilaturahmi ke rumah orangtua meski kota tempat beliau tinggal cukup dekat. Banyak kisah sedih yang diceritakan teman-teman kepada saya. Ada yang kehilangan pekerjaan, ada yang tidak bisa bertemu suami, ada yang tidak bisa berangkat naik haji, dan sebagainya. Kita semua merasakan dampaknya dalam bentuk yang berbeda-beda. 

Dalam kondisi seperti itu, apakah masih sesuai membicarakan qurban? 

Justru dalam kondisi seperti sekarang ini, sangat penting untuk membahas qurban. Memang semua terkena dampak pandemi tapi dalam prosentase yang berbeda. Ada yang parah, ada yang biasa saja. Setiap hari saya membaca postingan teman-teman yang belanja barang-barang sekunder, tersier atau malah cuma pengin saja karena lucu di online shop. Di rumah saja tidak menghalangi orang untuk mengeluarkan uang. Ketika ada pelonggaran PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), orang-orang langsung tancap gas piknik, ke mall, nongkrong di cafe dan makan-makan di restoran. Artinya, masih banyak yang mampu. Alhamdulillah.

Karena itu, tak ada salahnya saya membantu teman-teman di Syam Organizer untuk mengetuk pintu hati teman-teman yang masih bisa hidup berkecukupan di tengah pandemi ini agar peduli dengan keluarga-keluarga seiman lainnya yang kesulitan bertahan sehingga bisa merasakan sedikit nikmat Idul Adha.

blogger-jogja-pandemi-covid
Blogger Jogja mematuhi protokol kesehatan dan physical distancing. Kamu juga ya, jangan menyelepekan loh. Foto oleh mas Priyo di www.anotherorion.com.


MENGENAL SYAM ORGANIZER


Sebenarnya, informasi tentang Syam Organizer bisa diperoleh dengan mudah di instagram @syamorganizer dan facebook Syam Organizer. Namun pengelola Syam mau berpayah-payah mengurus ijin untuk bertemu kami, blogger Jogja, dengan segala persiapan yang merepotkan agar memenuhi protokol kesehatan karena apa yang mereka lihat sendiri tak cukup diceritakan dalam bentuk tulisan atau video. Pengurus Syam ingin agar kami bisa merasakan getirnya, sakitnya, perihnya hidup tidak berpunya seperti yang pernah mereka temui langsung.

Negeri Syam itu merujuk ke Lebanon, Palestina, Suriah dan Yordania. (Wikipedia). Nama Syam digunakan oleh yayasan ini karena berkaitan dengan sejarah pembentukan Syam Organizer. Yayasan ini awalnya memang event organizer untuk acara-acara tabligh akbar. Dengan makin luasnya networking dan kepercayaan peserta, pengurus sering mendapat titipan bantuan untuk para pengungsi di Negeri Syam. Agar amanah yang makin banyak tersebut bisa dipertanggungjawabkan dengan baik maka didirikanlah Syam Organizer.

Untuk menjaga profesionalitas agar semua program terukur dan tepat sasaran, Syam Organizer bekerja mengikuti Standar Pokok Minimum Kebutuhan Pada Situasi Bencana dari UNICEF.

karya-cetak-syam-organizer
Karya cetak Syam Organizer

Namun pada perkembangannya, mereka tak bisa menutup mata terhadap apa yang terjadi di negeri sendiri. Banyaknya bencana alam di Indonesia selalu membuat mereka tergerak untuk membantu. Kegiatan insidentil itu kemudian menjadi rutin, antara lain dengan penyelenggaraan qurban. Bahkan tahun ini prosentase qurban dalam negeri akan lebih banyak dari luar negeri karena dampak pandemi sangat besar bagi keluarga-keluarga di Indonesia.

Jika merasa terpanggil untuk membantu secara total, teman-teman bisa mendaftar sebagai relawan di www.syamorganizer.com.


QURBAN JELAJAH NEGERI


Sampai saat ini belum ada panduan dari pemerintah tentang protokol penyelenggaraan Idul Adha dan penyembelihan kurban sehubungan dengan pandemi COVID 19. Karena itu, banyak calon shohibul qurban yang masih belum mengambil keputusan akan berkurban dimana. Meski new normal terus-menerus didengungkan tapi masih bercokolnya virus corona membuat warga ragu untuk melakukan kegiatan di luar rumah selain dalam rangka mencari nafkah.

Sementara itu Syam Organization sudah siap menerima amanah teman-teman untuk melaksanakan qurban. Pengurus sudah memiliki data saudara-saudara kita yang layak menerimanya. Mereka juga sudah berpengalaman menyelenggarakan qurban dalam kondisi darurat sekalipun. Pembatasan gerak selama pandemi tak menjadi masalah karena Syam Organizer sudah memiliki partner di luar negeri dan perwakilan di kota-kota di Indonesia.

syam-organizer
Mas Syaiful Haq menceritakan pengalaman beliau mengantar qurban di daerah pengungsian. Beberapa kali suara beliau bergetar menahan sedih yang mendalam mengingat kondisi anak-anak di daerah konflik yang kurang gizi dan tidak mendapatkan pendidikan dasar sama sekali.


Daftar harga kambing, sapi dan onta bisa teman-teman lihat di infografik paling atas di artikel ini. Saya rasa harganya tidak lebih mahal daripada di tempat lain. Untuk harga sapi di Indonesia, sama dengan di kampung saya. Bedanya tentu ini lebih praktis karena pengurus akan membereskan semuanya.

Jika teman-teman tidak memiliki mbanking atau internet banking untuk transfer dan masih takut menekan-nekan tombol ATM ada fasilitas jemput donasi. Teman-teman bisa janjian dulu bagaimana mekanisme penyerahan donasinya karena di masa pandemi ini wajar kok tidak mau mempersilakan tamu masuk ke dalam rumah, bahkan seharusnya memang demikian.

Teman-teman bisa juga memilih akan berkurban untuk negara mana. Saat ini separuh dunia sibuk menghadapi pandemi di dalam negeri sehingga perhatian ke saudara-saudara kita yang menjadi korban perang berkurang. Syam Organizer tidak melibatkan diri dalam konflik, melainkan fokus membantu korban perang yang mayoritas anak-anak. Syam Organizer juga lebih banyak membawa bendera Indonesia dibandingkan identitas Syam Organizer sendiri. Bangsa Indonesia terkenal dermawan di daerah pengungsian Negeri Syam. Pendekatan yang cepat diperlukan agar donasi segera tersalurkan karena yang terpenting adalah membantu, bukan mengharapkan pujian.

Shohibul qurban akan mendapat pemberitahuan dimana tepatnya qurban dilaksanakan. Setelah selesai, shohibul qurban akan mendapatkan dokumentasinya.


MENJADI DONATUR PROGRAM LAINNYA


Selain qurban, Syam Organizer memiliki program-program lain, yaitu:

  • Proyek Pembangunan Sumber Air Bersih
  • Proyek Apartemen dan Pemberdayaan Rakyat Suriah
  • Proyek Pembangkit Listrik dan Tenaga Surya
  • Proyek Membangun Lingkungan untuk Tumbuh Kembang Anak di Palestina dan Suriah
Proyek-proyek tersebut dijabarkan lagi dalam beberapa program. Contohnya, Proyek Membangun Lingkungan untuk Tumbuh Kembang Anak di Palestina dan Suriah itu dijabarkan lagi dalam bentuk Tebar Pendidikan. Tebar Pendidikan memiliki program berupa Proyek Sekolah Juara Indonesia untuk Suriah dan Proyek Madrasah Tahfidz Indonesia untuk Palestina.

Pendidikan ini sangat ditekankan oleh mas Syaiful. Bayangkan, anak-anak ini Muslim tapi bacaan wajib sholat seperti Al Fatihah saja mereka tidak mengerti, padahal usia mereka sudah usia sekolah dasar. Sedangkan anak-anak SD di Indonesia sudah bisa membaca dan menulis serta hapal surat-surat pendek.

donasi-peduli-syam


Syam Organizer tidak hanya mengajak kita untuk berdonasi tapi juga mencoba mengajarkan empati ke anak-anak Indonesia dengan membagikan kaleng Donasi Peduli Syam. 

Anak-anak diharapkan punya semangat untuk membantu saudara-saudaranya yang sedang menderita  di seluruh dunia tanpa perlu khawatir uangnya terlalu sedikit dan tanpa perlu merasa hal semacam itu di luar jangkauan mereka. Mereka dapat mengumpulkan sisa uang jajan terlebih dulu di kaleng tersebut, berapapun dan kapanpun. Jika sudah terisi agak banyak, mereka bisa menghubungi kakak-kakak di Syam Organizer untuk mengambilnya. Di jaman sekarang membantu itu mudah dan murah, yang mahal itu simpati dan empati. Jadi, Syam berusaha menghargai niat anak-anak untuk berdonasi tersebut sebaik-baiknya.

Donasi terbaik adalah donasi yang tulus ikhlas. Semua umat Islam adalah saudara kita, dimanapun berada. Silakan berdonasi untuk daerah manapun yang terasa mantap di hati. Teman-teman di Syam Organizer siap membantu. Jika bingung karena maunya semua dibantu sedangkan tabungan terbatas, mohonlah petunjuk kepada Allah SWT melalui sholat istikharah. Insya Allah apapun pilihan dan berapapun donasi teman-teman akan sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Post a Comment

21 Comments

  1. Untuk tahun ini kurban via lembaga seperti ini bisa menjadi pilihan..

    ReplyDelete
  2. Masya Allah. Program kemanusiaan yang luar biasa. Semoga dimampukan untuk berqurban dan berdonasi. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Alternative di tengah pandemi. Thank you for sharing this, kak. Bakal kurekomendasikan ke teman-teman yang sedang ingin berqurban.

    ReplyDelete
  4. Thank you so much for reminding me and we will definitely be prepared for this sacrifice ritual. It should help others in need.

    ReplyDelete
  5. Kalau di tempatku biasa kurban di kampung sendiri. Jadi ke tetangga sekitar dulu. Btw, baru tahu soal Syam Organizer. Banyak juga ya kegiatan baiknya

    ReplyDelete
  6. Di kntr aku qt semua krywn ikut arisan kurban, nt tiap thn akan dikocok 2 org yg beruntung...aku blm dpt, semoga thn ini deh . Aaamin

    ReplyDelete
  7. Kemudahan untuk memberikan qurban gini bisa dimanfaatkan ya mba. Nggak ada lagi kesulitan secara teknis, serba dimudahkan, bahkan donasi bisa dijemput.

    ReplyDelete
  8. Syam organizer akan sangat membantu ikut ambil bagian dalam ibadah qurban di masa pandemi seperti sekarang ini. Makasih infonya, mba.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah semakin dimudahkan untuk berkurban di tengah pandemi ya maklus.

    ReplyDelete
  10. semoga walaupun sedang krisis akibat pandemi, masih banyak orang yang mau berkurban ya mbak :)

    ReplyDelete
  11. Wahh.. saya tertarik dengan program kalengnya itu mba buat anak-anak.. dirumah juga ada tabungan tapi diukumpulinnya random nanti bisa untuk sedekah atau mainan, tapi bagus juga yah klo menjurus gituu...

    ReplyDelete
  12. Mas Iwan waktu lihat IG tentang kegiatan Syam Organizer ini dan karena ada embel-embel Yogyakartanya jadi tertarik untuk donasi :)

    ReplyDelete
  13. Wah qurban jadi makin gampang nih di situasi pandemi seperti ini. Jadi gak ada alasan buat gak qurban tahun ini ya

    ReplyDelete
  14. Aku baru tau lembaga Syam Organizer ini, bagus yah rekomended klu kt mw berQurban aplg didonasiin di negara yg saat ini butuh bantuan kita. Semoga semakin banyak yang berpartisipasi

    ReplyDelete
  15. Program Syam Organizer ini bagus dan bermanfaat sekali.
    Benar yaa, mempersiapkan dana untuk kurban bisa dari jauh-jauh hari dan Syam Organizer memfasilitasi dengan baik dengan membidik daerah yang membutuhkan secara tepat.

    ReplyDelete
  16. Kami akhirnya ikut titip lewat Syam Organizer makLus. Semoga berkah

    ReplyDelete
  17. Saya baru menyadari, iyaya bagaimana cara mengadakan kegiatan penyembelihan hewan, gak mungkin panitia kurban saling jauh-jauhan. Tapi tidak ada yang tidak mungkin, pasti ada sistem yang memudahkan Idhul Qurban berjalan sesuai protokol kesehatan.


    Idhul Qurban tahun ini sepertinya menguji keimanan dan keikhlasan banget Mbak Lus

    ReplyDelete
  18. Masyaallah sebentar lagi idul Adha. Sekarang banyak cara dan hasil qurban juga bisa dalam bentuk kornet menjangkau kemana-mana dan awet. Barakallah tabarakallah.

    ReplyDelete
  19. Qurban ditahun ini pas dimasa pandemi ini, bentuk kurban bisa salah satu jalan lewat online dan syam organizer bisa jadi jalan keluarnya yah mba...

    ReplyDelete
  20. Sedih yaa kalau ngeliat keadaan saudara seiman kita di sana. mari kita berqurban untuk mereka yukk

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)