5 Resep Seafood Cepat dan Mudah Menggunakan Teflon

Teflon adalah salah satu alat masak idaman para ibu, termasuk untuk memasak resep seafood yang cepat dan mudah.


resep seafood

Teflon adalah salah satu penemuan terbaik didunia, ibu-ibu pasti sangat mengharapkannya karena bisa digunakan untuk memasak berbagai resep masakan, dari mulai dadar, goreng, hingga oseng-oseng. Jadi ketika saya berhasil menebus fry pan ukuran 24 cm Royal VKB Cookware Alfamart lagi ngehits itu, rasanya seneng bukan main. Soalnya kudu cepet-cepetan. Penginnya terus-menerus bereksperiman macam-macam resep. Berhubung saya lagi happy, maka saya ingin membagi resep-resep yang telah saya coba itu ke teman-teman.

Sebelum saya mulai berbagi resep, saya punya disclaimer bahwa bumbunya kira-kira heheheee.... Namanya juga bereksperimen, kan? Jenis menunya sih sudah sering teman-teman lihat sehari-hari, tapi saya tidak googling resepnya, hanya kira-kira saja dari kebiasaan masak sehari-hari. Jadi, jika ada perbedaan dengan resep lain, tenang saja, yang penting rasanya mirip. Terus, jika ada yang bingung ukuran bumbu yang saya gunakan karena terkesan asal cemplung, ya memang begitu. Kata Gordon Ramsey, yang penting jangan lupa mencicipi ketika masak. Bagi emak-emak newbie yang masih takut-takut nyemplungin bumbu, silakan japri, nanti saya kasih motivasi. Hahaaa....

Ada jenis ikan yang mungkin tidak bisa teman-teman temukan, bisa diganti dengan ikan lain. Kunci bereksperiman dalam memasak adalah jangan stress, gunakan yang ada saja.

1. SPAGHETI SEAFOOD CARBONARA

Kerang hijau seperti ini cukup mudah ditemukan di Jogja tapi supermarket. Memang agak susah mendapatkan kerang di pasar tradisional di Jogja. Jika bosen makan nasi dan bosan makan spagheti standar alias menggunakan pure tomat, biasanya saya membuat saus carbonara ala-ala. Untuk isinya bisa disesuaikan dengan isi kulkas. Kebetulan malam minggu kemarin ada kerang hijau sedikit dan jamur kancing sedikit. Wah asik nih dingin-dingin makan spaghetti seafood. Anak-anak pasti suka karena mereka sangat suka seafood.

Note: Foto diatas.

Bahan: spagheti atau fettucini, minyak zaitun, jamur kancing, kerang hijau, bawang putih, daun bawang, tepung terigu 1 sendok, mentega, susu cair kemasan, air, keju, merica dan garam.

Cara memasak:
  • Rebus spagheti atau fettucini, tiriskan, tuang 1 sendok makan minyak zaitun. Jika tidak punya minyak zaitun, bisa menggunakan minyak sayur. 
  • Panaskan mentega, bawang putih dan daun bawang.
  • Masukkan tepung terigu dan susu. Aduk cepat. Jika terlalu pekat, bisa ditambah air.
  • Masukkan jamur dan kerang.
  • Masukkan spagheti atau fettucini. Angkat dari kompor.
  • Sewaktu penyajian, taburi dengan parutan keju.



2. IKAN TONGKOL KECAP

resep ikan tongkol

Ikan tongkol itu paling enak dimasak pedas dengan semburat rasa manis dan kuah yang sudah terkaramelisasi menempel pada ikan. Dijamin nasi satu ceting (bakul) habis. Resep ini kesukaan anak saya pas lapar-laparnya. Biasanya mereka tidak menambahkan menu lain meski di meja ada olahan sayur agar rasanya nggak nyampur, Supaya tetap ada sayur tanpa merusak rasa, saya tambahkan lalapan.

Bahan: ikan tongkol, cabe hijau, cabe merah, bawang merah, bawang putih, garam, gula merah, air, kecap dan minyak sayur.

Cara masak:
  • Lumuri ikan tongkol bersih dengan sedikit garam, lalu goreng dengan sedikit minyak. Jangan keseringan dibalik. Tunggu satu sisi garing, baru dibalik.
  • Semua bumbu dirajang.
  • Tuang sedikit minyak ke teflon untuk menumis.
  • Masukkan berurutan bawang putih, bawang merah, cabe, gula merah.
  • Tuangi air dan kecap. Tunggu sampai mengental.
  • Masukkan ikan, lalu oseng sampai semua kuah habis meresap pada ikan.



3. IKAN PARI KUAH SANTAN

resep ikan pari

Ikan pari mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Pekanbaru. Padahal Pekanbaru jauh dari laut lo. Di Jogja tidak hanya ikan pari yang susah ditemukan tapi juga ikan-ikan lain. Kemungkinan ini terkait selera makan. Karena jika permintaan banyak, pasti banyak pula ikan dikirim ke Jogja. Supply and demand. Keragaman olahan ikan segar memang sangat kurang di Jogja. Paling-paling yang umum ditemukan adalah lele, gurameh dan bandeng. Kalau mau pilihan beragam harus ke supermarket besar.
Ikan pari itu unik, dagingnya rapuh tapi ada tulang lunaknya. Sebaiknya potong agak besar agar tidak mudah hancur ketika memasak.

Bahan: ikan pari, cabe hijau, tomat, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun jeruk, santan cair, garam, gula pasir dan minyak sayur.

Cara masak:
  • Haluskan bawang, kemiri dan garam.
  • Tumis minyak, bumbu halus, cabe, tomat dan daun jeruk.
  • Masukkan santan dan biarkan kuah "jadi" lebih dulu di atas api kecil.
  • Masukkan ikan pari dan aduk pelan sampai kuah menyusut sedikit sebagai tanda telah meresap pada ikan.


4. SAMBAL TERI

resep sambal teri

Pertama kali kami mengenal sambal teri yang enak itu ketika tinggal di Batam sebagai bagian dari lontong sayur. Sejak saat itu sambal teri menjadi salah satu menu favorit keluarga kami. Bahkan tak jarang sambal teri tidak dijadikan lauk, melainkan camilan. Dahulu saya ulek sendiri sambalnya. Sekarang beli yang sudah jadi sajalah di supermarket. Aslinya bahan sambal menggunakan terasi tapi saya tidak suka aroma terasi, jadi cuma menggunakan sambal masak biasa.

Bahan: teri nasi atau teri medan, kacang tanah, sambal masak kemasan, minyak sayur.

Cara masak: 
  • Goreng teri dan kacang. Tipsnya, teri dan kacang goreng di api sedang dan jangan sampai benar-benar matang. Angkat ketika mendekati matang dan proses pematangan akan tetap berlanjut diluar teflon.
  • Tak perlu mengganti minyak, gunakan minyak bekas tadi (tapi jangan kebanyakan) untuk menumis sambal masak.
  • Masukkan teri dan kacang panjang.
5. TUMIS TAOGE

resep tumis taoge


Tumis taoge adalah menu sayuran darurat kami karena memasaknya mudah dan cepat. Taoge selalu tersedia di kulkas buat jaga-jaga jika harus masak kilat. Tumis taoge adalah menu sayuran yang umum ditemui di warung seafood di Pekanbaru. Tumis taoge disana beda dengan di Jawa karena masih kremus-kremus jika dimakan. Anak-anak sangat suka.



Bahan: taoge, teri nasi atau teri medan, bawang putih, cabe hijau, daun bawang, minyak sayur atau mentega. Saya lebih sering menggunakan mentega.

Cara masak:
  • Panaskan minyak atau mentega.
  • Masukkan rajangan bawang putih, cabe hijau dan daun bawang.
  • Masukkan taoge, teri dan sedikit air. Tak perlu garam lagi karena rasa yang diharapkan adalah segar, bukan asin. Asin dari teri dan mentega sudah cukup memberi rasa.
  • Ingat ya, taoge tak perlu sampai terlalu lemes. Yang penting aroma bumbunya sudah keluar saja.
Jadi teflon nggak sekedar buat mendadar, bisa dieksplor untuk berbagai menu masakan. Apalagi jika menggunakan teflon dari Royal VKB yang terkenal memiliki lapisan anti lengket yang cukup tebal sehingga mudah dibersikan. Gagangnya yang kokoh tidak membuatnya cepat copot seperti kebanyakan teflon. 

Alfamart

Royal VKB Cookware banyak dijual di online shop karena memang idola para ibu. Tapi tentu saja mahal, ya. Namun demikian, bukan para ibu namanya jika tidak mencari cara untuk mendapatkannya dengan cara paling menguntungkan, seperti yang saya lakukan. Tapi denger-denger sih di Alfamart sendiri juga banyak yang memburu cookware ini. Jadi siapa cepat, dia yang dapat.

royal vkb cookware

Jadi, tiap saya belanja Rp 30.000,- saya mendapatkan 1 stamp. Begitu pula kelipatannya. Fry pan 24 cm Royal VKB Cookware seperti milik saya itu saya tebus dengan 10 stamp fisik dan Rp 99.000.-. Harga aslinya Rp 369.900 lo. Daripada mondar-mandir ke Alfamart dekat rumah beli jajan seprintil-seprintil, mendingan disetting supaya sekali kesana bisa mendapat kelipatan Rp 30.000,-. Selain nggak boros bensin, bisa koleksi Royal VKB Cookware keren itu.

Keterangan lengkap ada di website Alfamart.

Buat teman-teman yang mau lebih praktis, disediakan pula stamp digital. Meski kelihatannya stamp digital butuh lebih banyak stamp untuk menebus cookware tersebut, tapi sebenarnya ada banyak produk sponsor yang mendukung. Jadi sama enaknya. 

Jangan sampai nggak kebagian ya. Periode pengumpulan stamp hingga 8 Mei 2017. Sedangkan penukaran stamp dengan Royal VKB Cookware hingga 21 Mei 2017.



"Saya mendapatkan kompensasi untuk postingan ini, tapi seluruh pengalaman menggunakan produk tersebut adalah sepenuhnya milik saya."

102 comments:

  1. Memang enak klo punya teflon ya mba, praktis dan gampang membersihkannya. Kadang aku usap pakai tissue aja trus buat masak lagi hehe

    ReplyDelete
  2. Semua makanan diatas bikin ngileer hahaha. Punya peralatan masak royal VKB tapi disayang2 buat masak, takut kegores hahah #eeeaaa #padahalmalesmasak XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dong buat dadar apa kek hahaaa

      Delete
  3. Yaa allah ikan tongkol dikecapi itu fav. Saya...sama teri kacang juga apalagi ditemenin sama sayur asem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul paling cocok dg nasi & sayur asem

      Delete
  4. duh aduh mak, belum ada teplon lagi, yang lama udah rusak, hiiiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ngumpulin stamp, beli di Alfamart saja :)

      Delete
  5. 1 s.d 5, resep pari kuah santan yg belum pernah aku coba buat.

    ReplyDelete
  6. sambel etrinya kayaknya enak nih bisa dicoba

    ReplyDelete
  7. wesh mantap mbak masak terus pake teflon yaaa.. hehehe saya juga tinggal nukerin kuponnya nih.. saya stocknya sold out terus yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang bisa pesan lo. Ayo jangan putus asa, sayang kuponnya :)

      Delete
    2. Cara pesannya gimna mbak?? Bilang langsung k mbaknya gtu ya?

      Delete
  8. aku suka banget gaya masakmu mak, LOL, ngakak akuu. blm pernah cobain ikan pari, di pasar jambon ada loh *bangga* wkwkw. dan review teflonnya emg bikin kemecerrr, semngat ditebusss~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh ikan parinya endes :))

      Delete
  9. duuuh inget masakan ibuk semua, kecuali yang nomer satu. wabilkhusus tongkol

    ReplyDelete
  10. Ikan pari segar mak? Saya karena jauh dr pantai jarang nemu yang seger. Duluuuu bgt ibu saya di warungnya itu jualan ikan pari yg udah diasinkan, disebutnya ikan cucut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mbak pari & cucut. Cucut di air tawar

      Delete
  11. Ikan tongkolnya wajib dicoba maklus, makasih resepnya yaaaa..

    ReplyDelete
  12. wah menggiurkan nih yang spageti seafood carbonara
    saya paling susah masak di teflon
    terakhir nyoba bikin martabak gagal haha

    ReplyDelete
  13. Kirain menggunakan telfon... Haha

    ReplyDelete
  14. Ya ampuuuung mbaaa.. enak bangeeet itu resep-resepnyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dirimu pasti bisa mamah hebat :)

      Delete
  15. Uwaaaaaa....sedap2 bangeeettttt mak

    ReplyDelete
  16. wadaw wadaw mba, pas buka pas jam makan siang aduhhhh ...
    enaknya, deliver mbaaa ke sini :-D

    ReplyDelete
  17. Teflon sangat prakstis buat memasak apa saja ya mbak Lusi. Saya sendiri juga lebih suka pakai teflon daripada wajan, karena lebih ringan, ada garan kayu buat pegangan dan nyucinya lebih gampang.

    Mau masak dari tumis-an, mi instan, dadar telor sampai nasi goreng selalu pakai teflon :)

    Ikan pari biasanya di mangut. Mau nyoba tongkolnya ah kayaknya enak, biasanya sih cuma di kicik..

    ReplyDelete
  18. Waaah bagus ini buat koleksi resep.
    Pernah nyicip ikan pari buatan orang, pake santan juga. Kayaknya ikan pari memang cocoknya pake santan ya Mak?

    Oya makasih ya sharing-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan pari dibakar juga oke tapi aku nggak telaten

      Delete
  19. Kayaknya di sini juga agak susah cari ikan pari. Penggantinya enaknya ikan apa ya, Mak? Ikan laut lainnya kali, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah jakarta harusnya ada semua ya. Iya diganti lainnya aja

      Delete
  20. tempat saya jauh dari laut.
    jarang-jarang makan sea food, paling banter paling cuman rempeyak teri... :)

    ReplyDelete
  21. Tumis tauge dan ikan teri yang paling sering aku masak di rumah.

    ReplyDelete
  22. Mbak Lusiiii, resep pertama yolooohh aku ngiler hahahah kerangnya itu cuantik2 berpadu sama spaghetti :))

    ReplyDelete
  23. Huwa, ikan tongkol emang bikin nafsu makan. Kalau ikan pari yg suka cuma suamiku aja, biasanya dimasak santan juga.
    Teflon bagus emang bikin semangat masak ya

    ReplyDelete
  24. Iya bagus cookwarenya. Saya udah coba pakai di api yang sedang cukup lama sekitar 30 menit agar bumbunya menyerap, tapi bawahnya ga gosong sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya lapisan teflon seperti itu

      Delete
  25. mak lusi.. ikan pari bukannya tipis2 ya?kok tebel sih difoto?berarti ada yg tebel juga ya?hi hi.. maklum emak jarang ke pasar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan pari yang tipis itu masih bayi/muda. Di ibukota atau yg jauh dari laut biasanya hanya menyediakan ikan pari besar dengan daging banyak. Ikan pari kecil cepat banget rusaknya, baru hari kedua amisnya sudah bertambah sekian kali lipat dan berbau agak pesing.
      Saya yg orang pesisir hanya bertemu ikan pari besar di Purwokerto. hihihi

      Delete
    2. Saya punya stamp-nya, tapi memang tipe malas menyelesaikan "puzzle" macam gini. Karena memang bukan tipe pembelanja dan harus berhemat. Jadi jika kebetulan dapat ya paling ditaruh di dompet lalu lupa. Hanya punya 6 kalau tidak salah.

      Delete
    3. Iya ada bagian tebalnya. Kalau di Pekanbaru kok nggak amis ya asal segera dimasak? Seger gitu. Di pasar Juanda banyak.

      Delete
  26. teflon senjata andalan saya untuk buat carbonara :D

    ReplyDelete
  27. waaah ada teri kacang, teri medan pula... maknyuss saya suka...saya suka <3

    Masak pake teflon emang praktis dan hemat :D

    ReplyDelete
  28. naksir teflonnyaaaa...

    Cuss yuk ke alfa

    ReplyDelete
  29. Kenapa ikan tongkolnya nggak boleh dibolak-balik Mbak? Rusak atau kenapa Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tongkol itu termasuk yg dagingnya nggak cepat hancur, tapi kalau sering dibalik nanti kulitnya yg rusak. Aku suka kulitnya. Selera aja sih :)

      Delete
  30. Saran saya bagi yang ingin baca artikel ini dianjurkan untuk sarapan terlebih dahulu.
    Karena artikel ini dapat menyebabkan rasa lapar. heheh

    ReplyDelete
  31. Boleh-boleh dicoba nih resepnya, MakLus. Aku belom banyak masak buat lauk nasi pake fry pan ini. Baru sebatas cemilan...

    ReplyDelete
  32. Belum pernah makan ikan pari. Mau coba juga ahh

    ReplyDelete
  33. Penasaran sama rasa tongkol kecap dan ikan pari kuah santannya.

    ReplyDelete
  34. Mantep banget nih resepnya mak Lus, jangan jangan yang bikin enak teflonnya ya hehehe. Mau eksekusi juga aaah buat spaghettinyaaaa

    ReplyDelete
  35. Masakan nya menggoda selera semua, memang mba hasil masakan juga di pengaruhi oleh alat masak ya. Jika peralatan masaknya berkualitas baik ,masakan pasti enak.

    ReplyDelete
  36. Waktu itu langsung masak ikan pake teflon karena keinget postingan ini hihi.

    ReplyDelete
  37. mantap mbak, bisa buat sendiri nanti..

    ReplyDelete
  38. Menggiurkan resep spagetinya Mba :9

    ReplyDelete
  39. saran saya bagi yang ingin baca artikel ini lebih baik makan terlebih dahulu.
    Karena postingan ini menyebabkan rasa lapar. hheh :D

    ReplyDelete
  40. Mbaaa..aku baca sambil ngecees...hehe...
    Duh,siap2 tak japri yo..si awam dapur ini butuh motivasimuuu...

    ReplyDelete
  41. seafood carbonaranya looks delish!!! mudah juga buatnya yah mbak :D

    ReplyDelete
  42. Maaaakkkk berguna banget ini buat akuuuuu. Matur tengkyu.

    ReplyDelete
  43. Saya baru nemu orang yang jual teri nasi di sini, Mbak. Enak... buat campuran macam2 ya. Jadi stok terus di kulkas. Hihihi... eh ada resep sambal teri dari sini. Makasih ya mbak. Semoga bisa nyobain ntar. Tentang teflonnya... ngileeer banget. Tp di sini ga ada alfamart :( maklum tinggal di pedalaman. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho tinggal dimana ya kok baru ada yg jual teri?

      Delete
  44. Aku sudah pesen teflonnya tinggal tunggu kabar dari kakak Alfamart aja nih. Maklus, aku copas resep ikan tongkolnya ya. Biasanya klo ikan tongkol ato tuna bumbunya ya uleg.nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah sampai belum teflonnya?

      Delete
  45. pengen sih masak" model begituan
    tpi selama ini gagal mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Model begituan yg mana ni? pakai teflonnya? Gampang

      Delete
  46. Mantep tenan wes hidanganya :D
    ini kalau dibuat buka puasa nikmat sekali ya pastinya...

    ReplyDelete
  47. Duh, baru aja kemarin bolak balik teflon di store karena pengen beli :3

    ReplyDelete
  48. Waaah, sambel terinya tuh, Mbak, saya tertarik bangeeet :)

    ReplyDelete
  49. Yang saya suka hanya sambal terinya. Tapi saya tidak suka pakai kacang, maklum gigi sudah bolong bolong

    ReplyDelete
  50. akupun suka masak pakai teflon Mbak, apalagi yang punya gagang, jadi isa digiyang-goyang layaknya chef ahli banget, kalau di dapur. Masalah jatuh, makanan tumpah, itu resiko, toh yg tahu aku sendiri, wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.