DIY Tatakan (Coaster) Dari Kain Perca Seadanya + Video

Menjahit itu adalah pekerjaan yang menghasilkan sampah cukup banyak.



Tapi sampahnya cukup berharga karena berupa kain baru, hanya saja ukurannya tidak beraturan. Di penjahit-penjahit yang laris, biasanya sudah ada orang yang datang untuk mengambil sampah tersebut dan didaur ulang menjadi produk sejenis tapi dari perca atau diturunkan menjadi produk murah meriah seperti keset kaki, pegangan panci panas, atau tatakan gelas seperti yang akan saya buat.

Saya agak sulit memilih judul karena sesungguhnya kerajinan perca dan patchwork itu berbeda walaupun artinya sama, sama-sama menggunakan potongan-potongan kecil kain. Perca itu lebih menjurus ke pemanfaatan bahan sampai akhir. Bahkan diusahakan tidak bersisa sama sekali. Patchwork membutuhkan ketrampilan tambahan meliputi pengetahuan bahan, kombinasi corak, design dan menjahit yang lebih advanced. Patchwork sering dilakukan dalam kerajinan quilt yang berasal dari Amerika. Kerajinan quilt membutuhkan perencanaan design lebih dulu agar hasilnya cantik.

Yang saya kerjakan ini hanyalah memanfaatkan perca seadanya dengan cara yang paling sederhana, yaitu disambung saja jadi kotak, lalu dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan, kemudian dirapikan.

Kain perca yang saya gunakan adalah sisa furing baju dan sisa jok. Sisa kain furing saya gunakan di bagian belakang karena polos dan tipis. Sedangkan sisa jok yang merupakan kain kanvas saya gunakan di bagian muka karena tebal agar bisa dijadikan tatakan minuman panas.

Ukuran coaster yang umum itu 10 x 10 cm. Untuk tempat ceret, saya tambah jadi 15 x 15 cm.

Cara membuatnya sangat mudah, semua pasti bisa. Jika tidak punya mesin jahit, gunakan jahit tangan. Toh bidangnya tidak terlalu luas. Langkahnya sebagai berikut:




1. Cari potongan yang kalau dijejerkan atau dipasangkan bisa membentuk kotak. Tak usah dipikirkan perbedaan panjang atau bentuk perca, asal jika setelah digabung, kita bisa membuat kotak 10 x 10 cm di bagian tengahnya.

2. Sambungkan potongan-potongan tersebut.

3. Buat kotak 10 x 10 cm di tengahnya. Garis pula lebihan 1-2 cm untuk menjahit.

4. Potong kelebihan pola agar membentuk kotak yang rapi.

5. Jahit dalam posisi permukaan kain yang bagus didalam. Sisakan satu sisi untuk membalik.

6. Balik pola tersebut dan jahit untuk menutup lubangnya. Jangan lupa untuk menggunting tiap pojokan agar ujungnya menyiku dengan baik.

7. Agar tidak berongga dan tampilannya firmed, jahit melintang di bagian tengah.

Kalau punya perca cukup banyak, bisa membuat tatakan yang lebih lebar untuk pot, vas, atau panci. Apakah tatakan ini bisa dicuci? Tentu bisa, kan kain. Tapi kalau sudah ketumpahankopi bolak balik, buang saja, bikin lagi. Mudah kan? Nah, simak video detilnya dibawah ini.





15 comments:

  1. Aku nggak bisa jahit pake mesin jahit haha. Kalo pake tangan sih bisa, tapi pasti hasilnya nggak bisa serapi kalo mesin jahit ya.
    Tatakannya cantik ini, aku suka pemilihan motif dan warna kainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jahit tangan sih pegel aja mak. Kalau kerapian mungkin malah lbh rapi dibanding jahitanku wkwkwkwk.

      Delete
  2. Mak Lus, kreatif banget sih, tatakan gelasnya cantik banget, lihat tutorialnya ah semoga bisa bikin kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. Dirimu sibuk, piknik aja kalau selo utk refreshing :))

      Delete
  3. Saya dikasih mesin jahit sama mamah tapi sampe sekarang gak dipake. Emang gak bisa jahit. Padahal kalau bisa kayaknya asik banget bisa berkreasi macam-macam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipake dong. Cuma maju mundur ini. Paling2 nggak bisa lurus kyk aku tp tep pede wkwkwk

      Delete
  4. wah kreatif ay, masalhnay di rumah gak punya kain perca , aku inget dulu ibuku suka bikin dari kain perca krn dia suka jahit baju sendiri jd punya lebihan kain perca

    ReplyDelete
  5. Penginnya sih jangan ketumpahan kopi mak Lus kalau sudah jadi hihihi...kreatif sekali ya. Terima kasih sharenya, jadi tertarik bikin...kebetulan lagi butuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bikin yuk, pakai bahan seadanya. Pokoknya jahit semua biar kainnya nggak bergerak :))

      Delete
  6. telaten banget mba nya, saya nggak bisa jahit hhii, but thanks for sharing and keep writing mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai jahit tangan atau lem bisa lo :))

      Delete
  7. aaahhh...mba Lusi ini apa aja bisa. sungguh kreatif dirimu. aku senang ada temen pecinta DIY.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I look up to you lo mbak. Aku sering terinspirasi blogmu kalau soal interior. Makasih ya :))

      Delete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.