14.8.17

DIY 3 Macam Bookmark Sederhana Dengan Gantungan

Suatu hari mama Carra dari rockingmama.id tanya ke saya, apakah saya bisa membuat DIY (Do It Yourself) yang dijahit tangan? Pada dasarnya, semua yang saya buat bisa dijahit tangan, tapi saya males aja karena biar cepat saya jadikan konten blog atau medsos. Bookmark ini adalah contoh DIY yang bisa dibuat dengan jahitan tangan tanpa terlalu lama menyiksa karena kecil.



Jadi, apakah saya jahit tangan untuk DIY kali ini? Tentu tidak! Heheheee.... Tapi teman-teman bisa jahit tangan kalau mau dan tidak terlalu capek karena simple dan kecil saja. Karena yang tanya mama Carra, terbitlah ide membuat bookmark. Kali ini saya buatkan yang menggunakan gantungan. Lain kali saya akan buatkan yang menggunakan karet atau elastik supaya tidak lepas. Kebetulan saya tidak punya elastiknya, jadi harus beli dulu.

3 macam bookmark ini saya buat random saja berdasarkan apa yang ada di rak kerajinan saya. Karenanya, teman-teman tak perlu ragu menggunakan bahan apapun yang ada saja. Hasilnya mungkin sedikit aneh, tapi kan unik, di toko tidak ada. Heheheee....

1. BOOKMARK DENGAN CHARM BINTANG




Saya tidak ingat untuk apa saya beli charm bintang ini dulu. Biasalah ibu-ibu kalau melihat yang lucu-lucu langsung dibeli. Apalagi harganya murah dan ada bunyi krincingannya. Sebagai tali charm tersebut, saya menggunakan tali kulit yang dulu saya beli meteran dan sisa banyak. Sedangkan untuk kainnya sisa dari bahan membuat pouch, bantalan kursi dan box cover lalu.

Baca: Membuat Cover Kotak Sepatu

Goal-nya mendapatkan bookmark yang cukup kaku untuk diselipkan di buku. Kain kanvas yang saya gunakan ini sudah cukup kaku. Kalau teman-teman cuma punya kain yang lemes-lemes, ditambah saja dengan kain keras yang biasanya digunakan untuk melapisi kerah. Tapi jika tidak punya, ditumpuk saja, terus dijahit tindas tambahan juga. Pokoknya, dalam DIY itu yang penting resfreshing-nya sih kalau saya. Tak perlu terpaku harus ada ini itu. Manfaatkan yang ada saja. Nah, kalau untuk dijual, design kainnya harus direncanakan lebih baik lagi.

Caranya mudah banget, nggak perlu ada videonya kan? Tapi kalau butuh videonya, akan saya upload di youtube, ya. Sudah subscribe youtube beyourselfwoman belum?

Saya tidak mengukur bahan, kebetulan adanya segitu. Tapi kalau teman-teman punya bahan yang lebih lebar, disesuaikan saja dengan bukunya, untuk novel atau buku lain yang lebih lebar. Letakkan bahan dengan sisi bagus didalam, lalu jahit sekeliling bahan. Jangan lupa menyisakan lubang untuk membaliknya. Jika menggunakan mesin jahit, ganti dulu dengan jarum untuk bahan tebal dan longgarkan tegangan benang supaya tidak nyangkut-nyangkut.

Setelah dibalik, tindas lagi dengan jahitan agar tampilan kain kaku. Untuk memasang gantungannya ada 2 cara. Pertama, sisakan lubang di sisi pendek, lalu sisipkan tali gantungan sebelum ditindas dengan jahitan full memutar. Kedua, ditumpuk bersamaan pada saat akan menjahit bagian dalam. Untuk model 1 ini saya gunakan cara pertama. Untuk model lainnya saya gunakan cara kedua. Menurut saya sih lebih mudah cara kedua.

2. BOOKMARK DENGAN GANTUNGAN LIONTIN




Saya tidak ingat liontin mutiara ini bekas apa. Yang jelas sudah tidak terpakai lagi. Untuk tali liontin, saya gunakan tali kulit pipih yang tinggal sisa sedikit. Bahan kainnya kombinasi kain kanvas dan lurik (katun) sehingga bolak balik berbeda.

Caranya agak berbeda karena lansung ditumpuk bersamaan dengan semua kain. Kuncinya, liontin diletakkan ditengah sisi bagus kain, sedangkan ujung tali diletakkan di salah satu sisi kasar. Setelah dibalik, otomatis gantungan akan berada ditempat seharusnya, yaitu menggantung diluar.



3. BOOKMARK DENGAN TASSEL



Bahan kain menggunakan kain kanvas tapi berbeda corak sisa membuat tote bag dan bantalan kursi. Untuk gantungannya, saya membuat sendiri dari benang wool. Videonya akan saya unggah di youtube, tapi semoga screen shoot di blog ini cukup jelas, ya. Kapan-kapan saya akan buatkan gelang atau kalung dari tassel kecil-kecil, ya. Itu butuh kesabaran dan mood yang baik. Hehheee....

Baca: Membuat Jok Kursi Monochrome



Cara membuat badan bookmark-nya sama saja dengan no. 2. Perbedaannya hanya di tassel tersebut. Jadi, putar-putar benang wool di 4  jari tangan sampai ketebalan yang teman-teman inginkan. Ikat bagian tengah. Ikan bagian "leher". Gunting bagian bawah. Jangan lupa menyisakan benang yang cukup panjang untuk diselipkan di badan bookmark.



Nah, teman-teman dapat membuat bookmark sendiri. Kalau kreatif, bisa dibuat motif shabby atau menggunakan kain-kain tradisional sebagai souvenir atau tanda cintah.

Selamat mencoba!.


1 comment:

  1. aku punya banyak bookmark tapi ga kepake, seringnya ngelipet huhuu

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.