Sunday, August 21, 2011

Ngeblog Perjalanan Mudik

Mudik nggak nih? Mudik atau tidak, boleh membaca artikel ini, karena bisa diaplikasikan ke perjalanan lainnya. Apa sih yang biasanya ditulis blogger jika sedang mudik? Kebanyakan blogger menulis tentang kuliner, adat setempat, belanja souvenir, foto-foto mesjid dan mungkin ada yang malah meng-upload foto-foto keluarga ketika sedang bersilahturahmi. Tapi bagaimana dengan perjalanan mudik itu sendiri? Menarik banget untuk kita sharing karena penuh perjuangan lho.

Mudiknya naik apa sih? Naik pesawat? Nah,
banyak yang bisa diceritakan dari perjalanannya. Tidak cuma ketika pesawat delay terus ngamuk-ngamuk di blog, tapi masih banyak cerita lain misalnya tingkah laku penumpang yang sering membawa banyak barang bawaan ke kabin, ketemu calo tiket atau kesan ketika makan di terminal bandara.

Jika mudiknya naik kereta api, bisa juga cerita misalnya tentang naik kecil yang tidak mau duduk tapi maunya jalan-jalan sepanjang koridor, atau malah bisa memberi tips apa yang harus dilakukan jika kereta api anjlok, atau cerita tentang ragam jualan pengasong sepanjang stasiun yang dilewati.

Mudik lewat jalan darat? Wah, ini malah bisa menjadi artikel blog sampai beberapa seri. Misalnya cerita tentang macam-macam akal orang untuk membawa barang bawaan ke kampung halaman, cerita tentang pasar-pasar tumpah, bahkan cerita tentang jalan mana saja yang mulus dan berlubang.

Naik kapal? Wah saya hanya pernah naik ferry cepat dengan cerita yang sangat luar biasa karena pernah dihantam ombak tinggi. Kalau anda punya cerita tentang pengalaman naik kapal besar, silakan dishare disini karena saya belum pernah, jadi ingin tahu ceritanya.

Sebenarnya untuk apa kita ngeblog perjalanan mudik? Mau narsis? Ngeblog perjalanan mudik, meskipun kita merasa itu hanya catatan yang tidak penting bagi orang lain, boro-boro mengharapkan orang membaca, tapi kenyataannya itu bisa sangat berharga bagi orang lain.

Sekarang ini, jika orang mau bepergian, akan mengandalkan internet untuk mencari informasi terlebih dulu. Setelah itu, dalam perjalanan mereka juga masih sesekali browsing internet via handphone untuk mencari berbagai info misalnya jalur tersingkat, jalur macet, jalur mulus dan sebagainya. Pemerintah daerah saat ini berlomba-lomba membuat situs, namun kontennya banyak yang berupa promosi dan klaim pembangunan daerah yang otomatis isinya yang baik-baik saja. Demikian pula situs-situs resort, hotel atau jasa layanan lainnya, kebanyakan berupa promosi. Blog pribadi umumnya lebih jujur dan mendekati kondisi aslinya. Saya sendiri lebih suka membuka blog pribadi untuk mencari info seputar daerah atau layanan jasa lain.

Nah siapkan kamera, jangan tidur saja sepanjang perjalanan, lalu tulis dan upload lengkap dengan fotonya. Selamat menikmati perjalanan setahun sekali ini.

No comments:

Post a Comment

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.