Sunday, April 15, 2012

INACRAFT 2012 (1): Akomodasi dan Transportasi Pengunjung Luar Daerah

Inacraft 2012 sudah didepan mata. Teman-teman saya yang peserta sudah siap dan tinggal menunggu saatnya untuk berangkat. Lalu bagaimana dengan pengunjung? Jika peserta banyak mendapatkan arahan dari panitia, diharapkan pengunjung mendapatkan hal yang sama pula. Tapi sayang, informasi yang ada di website resmi panitia: www.inacraft.co.id sangat minim.

Sebagai perbandingan, di pameran internasional diluar negeri, selain website yang informatif, juga dilengkapi dengan fanpage facebook jauh sebelum hari pelaksanaan.  Entahlah, mungkin panitia beranggapan pengunjung Jakarta saja sudah berjubel, tidak perlu lagi pengunjung dari luar daerah. Sepertinya yang mendapat service adalah buyer asing.

Yang diharapkan pengunjung dari luar daerah adalah cara mencapai venue, yaitu JCC, dari pintu masuk Jakarta, yaitu stasiun Gambir dan bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Ada baiknya panitia menyediakan shuttle bus dari kedua tempat tersebut ke venue. Tapi sepertinya tidak ada. Namun, seharusnya, setidaknya, panitia menginformasikan bagaimana mencapai venue dengan transportasi umum. Panitia hanya menyediakan informasi shuttle bus Blue Bird (62-21) 798 5366, entah bagaimana mekanismenya. Apakah jika datang sendiri bisa telepon minta dijemput atau ada jadwal tertentu dan harus menunggu.

Setelah search sendiri, akhirnya saya temukan di gabungan kaskus, www.inilah.com, www.transjakarta.co.id, facebook Trans Jakarta dan www.bluebirdgroup.com.

Jika anda datang dari bandara Soetta, selain naik taxi resmi bandara, anda juga bisa naik bis Damri bandara arah Blok M dengan tarif Rp. 20.000,-. Keberangkatan pertama rute ini adalah jam 04.00 WIB dengan interval keberangkatan tiap 15-30 menit. Dari Blok M, anda bisa naik taxi atau naik bus Trans Jakarta koridor I (Blok M – Stasiun Kota) dan turun di Bundaran Senayan dengan tarif Rp 6.500,-. Dari sini naik Feeder 3 arah Senayan JCC – Gelora Bung Karno – SCBD dengan tarif 3.000,-. Blue Bird taxi bisa dipesan di (021) 79171234/7941234, twitter @Bluebirdgroup. Jika anda pemakai smartphone, download saja aplikasinya dari website www.bluebirdgroup.com.

Jika anda masuk dari Gambir, anda bisa melakukan pencarian jalur di website www.transjakarta.co.id. Namun demikian, sepertinya jalurnya cukup rumit, mungkin naik taxi lebih baik. Taxi lain di Jakarta cukup banyak dengan harga lebih murah. Namun saya tidak bisa mengkonfirmasi apapun karena bukan penduduk Jakarta. Sebaiknya anda tanyakan nomer telepon dan reputasi taxi tersebut pada teman-teman anda di Jakarta, karena maaf sekali jika subyektif, Jakarta kurang ramah terhadap pendatang dari luar daerah.

Untuk akomodasi, rata-rata teman-teman peserta menginap di wisma-wisma  di Pejompongan. Jadi lebih baik mencari di hotel atau wisma ditempat lain. Sebaiknya anda membeli voucher dulu di biro perjalanan dikota anda, agar sampai di Jakarta bisa langsung istirahat. Atau anda bisa hunting hotel murah via www.agoda.com. Aplikasi untuk smartphone-nya bisa anda download di website tersebut. Paling praktis dan terjamin sesuai kondisi asli, bertanyalah pada teman-teman anda di Jakarta, mana saja hotel yang terjangkau dan dekat dengan venue. Paling ngirit tentu saja anda bisa numpang di rumah saudara.

1 comment:

  1. thaks a lot,
    infonya sgt membantu sy,stelah sy banyak search mencari info transport umum ke JCC baik dari sukarno hatta maupun Gambir tapi tidak ada yang sy dapatkan.
    melalui info anda sy dapat memutuskan tujuan jakarta gambir dan ke JCC naik bluebird taxi.
    tq n God Bless u...

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.