Friday, April 20, 2012

INACRAFT 2012 (3): Apa Yang Dijual?

Bagian ke 3 dari Inacraft 2012 ini nantinya akan berkaitan dengan bagian 4 (Apa Yang Dibeli?) dan bagian 5 (Yang Sayang Terlewatkan).

Sekarang mari kita bicarakan tentang jualannya. Meski misi yang diemban pameran ini cukup berat, yaitu mengangkat hasil karya terbaik anak bangsa dibidang kerajinan, namun kegiatan utamanya tetap jualan.

Meski sudah berlangsung bertahun-tahun, persiapan Inacraft 2012 dari segi informasi kurang memuaskan. Website resmi Inacraft minim informasi. Namun demikian, untuk jenis produk yang akan ditampilkan, meski tidak ada perubahan dari tahun ke tahun, cukup memberi gambaran yang jelas tentang apa yang akan kita temukan nanti.

Produk yang bisa tampil di pameran ini adalah yang masuk dalam ketegori: Gift Item; Housewares, Home & Garden Decorative; Toys and Game, Jewelry, Batik, Fashion Garment and Embroidery. Jadi meski mobil Esemka adalah hasil kerajinan anak bangsa, tampaknya tidak akan tampil disini, karena kategori otomotif tidak ada. Entah kalau tiba-tiba akan ditampilkan sekedar untuk memeriahkan acara. Sementara meski merupakan produk industri tekstil besar, bisa saja tampil jika masuk ke dalam kategori Fashion Garment and Embroidery.

Nah, jadi anda jangan panik sendiri melihat begitu banyak produk bagus yang jarang ditemui mulai dari souvenir kecil-kecil, gift yang sifatnya personal, sampai lampu-lampu besar yang indah dipajang di ruang tamu dan tentu saja busana yang sedang trend saat ini. Produk seperti Ladaka Handicraft ini masuk dalam kategori Gifts Item. Sayangnya kami tidak ikut dalam pameran kali ini. Namun dua partner kami ikut dengan fasilitas asosiasi pengusaha daerah masing-masing.

Pengkategorian tersebut sebenarnya untuk memudahkan pengunjung menuju lokasi produk yang diinginkan. Panitia membagi kategori tadi dalam zona-zona yang mereka sebut zoning area. Berikut yang saya copas dari http://www.inacraft.co.id/

Main Lobby                : Gifts item, Housewares and Toys Crafts

Plenary Hall               : Gifts & housewares

Assembly Hall 3        : International Hall

Cendrawasih Hall     : Batik, Fashion, Gift item & Housewares

Hall A                            : Batik, Jewelry, Fashion & embroidery, Jewelry & Accessories

Lobby  Hall A               : Sponsorship & Banking

Hall B & Lobby B        : State Owned Enterprises, Local Government Enterprises, Provincial Administration,
Municipal Administration, District Administration, National Handicraft Council,
Provincial Handicraft Council, Fashion & accessories, and other suporting products.

Namun demikian, kenyataannya pada tahun sebelumnya, zoning area tersebut tidak sepenuhnya persis sama seperti yang digariskan panitia. Ada saja produk lain yang nyempil atau lain dari kategori yang seharusnya. Entah mengapa begitu. Ini agak menyulitkan pengunjung karena misalnya setelah melihat box-box storage, sebelahnya bisa saja tiba-tiba baju batik.

Untuk itu sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, saya sarankan anda melakukan satu kali putaran kilat untuk meringkas apa yang didisplay peserta. Setelah itu baru anda menuju yang benar-benar anda taksir. Nah, produk apa saja yang bagus untuk  dibeli? Tips atau kiatnya di bagian 4 yaaa…. Heheee….

No comments:

Post a Comment

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.