Saturday, April 21, 2012

INACRAFT 2012 (4): Apa Yang Dibeli?

Di bagian 3 sudah kita ketahui produk apa saja yang dijual. Nah, sekarang kita bicarakan apa yang layak dibeli. Masa semua harus dibeli? Heheheee…. Membeli-pun harus bijaksana agar tidak menyesal sudah setahun menunggu Inacraft diselenggarakan.

Yang wajib anda lakukan adalah melakukan satu kali putaran kilat untuk melihat secara garis beras apa saja yang dipamerkan peserta. Ini penting karena zoning area yang dilakukan panitia tidak sepenuhnya seperti itu. Produk tetap akan bercampur dibeberapa tempat. Yang paling diharapkan pengunjung adalah produk yang unik. Karena untuk produk umum bisa dengan mudah didapatkan di pusat-pusat grosir di Jakarta seperti Tanah Abang atau Mangga Dua.

Produk grosiran itu ada juga, dijual dengan harga lebih mahal karena satuan. Anda harus jeli melihat apakah itu produk khas atau produk yang banyak di pasaran. Untuk membeli produk pasaran kan tidak harus menunggu setahun sekali. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

Cermati produk-produk mitra binaan. Kadang ada instansi yang sekedar menyalurkan dana yang sudah dialokasikan untuk mitra binaan tanpa seleksi ketat. Misalnya instansi dari Kalimantan, mestinya membina pengrajin tempatan. Tapi nanti anda akan lihat, ada juga yang memajang batik Pekalongan. Daripada membeli disitu, lebih baik anda beli langsung di stan-stan pengusaha batik asli Pekalongan tak jauh dari situ. Harga sudah pasti lebih murah dengan kualitas sama. Anda bahkan bisa memanfaatkannya untuk berkenalan dengan pemilik dan menjalin kerjasama jika anda berminat berjualan batik di kota anda.

Perhatikan juga pedagang musiman, yaitu mereka yang sekedar memanfaatkan event ini dan beruntung mendapatkan stan. Cirinya, range produk tidak jelas dan display alakadarnya.

Selain semua itu, tersedia banyak sekali produk khas dan unik yang bisa anda beli sampai habis gaji sebulan heheheee…. Saya rasa produk busana muslimah, batik dan box vinyl seperti produk Ladaka yang akan diserbu pembeli paling banyak. Setelah itu baru produk seperti aksesoris perempuan dan tas. Jadi produk kerajinan untuk perempuan yang akan mendominasi Inacraft 2012 seperti tahun-tahun lalu. Perempuan memang pasar yang sangat menguntungkan. Karena perempuan adalah manajer keuangan sekaligus purchasing keluarga. Bukan lantaran perempuan pemboros. Iya kan, jeng?

Namun jangan sampai melewatkan design-design baru yang unik-unik. Pengusaha kerajinan sering menggunakan Inacraft untuk launching design terbaru mereka.

Nah, buka mata lebar-lebar yaaa…..

No comments:

Post a Comment

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.