Saturday, June 16, 2012

Bazaar Isra’ Mi’raj Mesjid An-Nur Pekanbaru

Mesjid An-Nur berdiri sangat megah di tengah kota Pekanbaru. Selain bangunannya yang megah, mesjid ini juga memiliki halaman yang sangat luas. Oleh karena itu, dibandingkan mesjid-mesjid di kota lain, mesjid An-Nur juga memiliki nilai sosial yang sangat tinggi.

Di pagi hari, orang-orang dari semua etnis dan agama diperbolehkan melakukan senam massal atau jogging. Selain itu, tersedia tenda-tenda untuk berjualan makanan pagi khas setempat, yaitu lontong sayur.

Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj, sebuah EO menyelenggarakan bazaar.  Bazaar atau pameran juga diperbolehkan oleh pengurus mesjid, yang biasanya diadakan setiap Ramadhan atau hari-hari besar umat muslim. Bazaar kecil juga diadakan secara rutin di bangunan sayap mesjid setiap hari Jumat. Jadi, jika anda memiliki jasa EO, mungkin bisa mencontoh ide ini asal samasekali tidak mengganggu kegiatan ibadah, misal menimbulkan hiruk pikuk di jam sholat karena halamannya yang terlalu sempit.

Untuk bazaar kali ini saya tidak ikut. Tapi jika anda ingin ikut bazaar semacam ini, caranya anda harus rajin cari info di papan pengumuman mesjid. Kadang info seperti ini didapat dari komunitas atau pertemanan, dari mulut ke mulut. Makanya jika berhasil ikut salah satu bazaar, jangan asik menunggu dagangan saja. Jika pengunjung sedang sepi, manfaatkan untuk berkenalan dengan pemilik stan sekitar kita dan minta nomer hp mereka, dan sekali-sekali sapa mereka jika bazaar sudah selesai.

Karena temanya Islami, maka yang cocok untuk dipajang disini adalah produk-produk Islami, terutama busana dan pelengkapnya. Di bazaar ini 80% berupa jualan busana dan aksesorisnya. Pas dengan pengunjung yang kebanyakan ibu-ibu. Sayangnya, bros misalnya, banyak yang memajang bentuk yang sama, tidak ada ciri khas masing-masing.

Selain busana, makanan adalah produk yang bisa dijual di segala macam bazaar. Agak heran juga, karena yang jual makanan tadi tidak terlalu banyak. Tentu saja stan-stan tersebut diserbu pengunjung. Apalagi  cuaca yang sangat panas membuat pengunjung mengantri di stan minuman yang hanya ada 3.

Bazaar ini akan berlangsung hingga besok, jadi ibu-ibu yang ingin berkunjung, besok masih ada kesempatan. Jangan lupa membawa uang yang cukup karena tidak ada ATM di lokasi bazaar. Oh ya, dan jangan lupa pakai sunglasses yang keren ya. Suhu siang beberapa hari ini bisa mencapai 35°. Meski kepanasan harus tetap cantik dan senyuuum….

No comments:

Post a Comment

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.