Sunday, August 05, 2012

Give Away: Pengin Tapi Ruwet Mikirnya

Sebenarnya saya bukan golongan banci kontes ngeblog. Saya sudah lima kali ikut, sekali dapat bakpia, sekali dapat voucher Carrefour dan tiga kali kalah. Biasanya saya ikut kontes karena dua hal, cocok dengan temanya atau suka dengan interaksi peserta dan panitianya. Saya paling suka yang penyelenggaranya teman-teman sendiri karena suasananya jadi meriah, nggak mikirin hadiah, meskipun kalau menang jadi kelihatan keren dong. Setelah sering blogwalking ke blog teman-teman yang mengadakan give away, akhirnya terkomporilah untuk melakukan give away juga. Tapi bentuknya apa ya?

Pada dasarnya saya paling suka personal blog, apapun isinya, asal khas, bukan para pengejar visitors atau rank yang biasanya kontennya membosankan. Blog komunitas juga saya sukai, terutama yang banyak foto dan aktifitas. Saya tidak anti blog politik, tapi jika suka mendiskreditkan pihak lain, tidak akan pernah lagi saya kunjungi. Sedangkan blog instansi nyaris tidak pernah saya kunjungi (peace).

Ada dua bentuk yang ada di pikiran saya, kontes ngeblog atau blog award. Kontes ngeblog memerlukan persiapan yang matang meliputi tema, syarat, waktu dan sebagainya. Kontes ngeblog sangat menyenangkan karena pesertanya banyak, saling mengunjungi dan saling berkomentar. Keuntungannya untuk kita juga banyak karena blog kita sebagai penyelenggara akan ngetop mendadak. Hanya saja yang tidak saya sukai adalah setelah pemenang diumumkan, rasanya ada sesuatu yang hilang. I don’t like that feeling.

Di twitter, saya pernah melontarkan ide untuk membuat blog award saja, dimana teman-teman cukup menjadi diri sendiri, , yaitu (B)e Y(ourself) WOMAN. Teman-teman tidak perlu secara khusus membuat artikel untuk saya, tapi cukup ngeblog seperti biasa, kira-kira mirip dengan ISBA tapi lebih santai karena jurinya emak-emak, bukan pakar apapun. Dengan demikian tidak ada kriteria SEO karena saya tidak paham sama sekali, murni kekhasan konten. Dari situ akan tampak mana yang die hard blogger, mana yang ngeblog for money dan mana yang katanya blogger tapi nggak pernah ngeblog. Dengan kata lain, saya akan melakukan blogwalking. Ikatannya juga lebih lama karena bisa dilakukan sebulan sekali, beberapa bulan sekali atau sesukanya tanpa periode waktu tertentu. Yang jelas, tidak ada perasaan kehilangan setelah ada pengumuman karena disambung dengan award berikutnya.

Waktu itu saya mikir, kalau blog award apa untungnya buat blog saya? Kata mas Donny dari www.internetsehat.com , kita bisa mendapatkan backlink. Ditambah lagi jika hadiah disediakan oleh Ladaka Handicraft, maka akan membantu promosi brand produk kerajinan saya itu.

Nah teman-teman, jika pada akhirnya saya memilih blog award, teknisnya bagaimana ya? Atau mungkin ada ide lain untuk membuat give away yang menonjolkan kekhasan blog masing-masing.

2 comments:

  1. Kalau aku termasuk kategori blogger seperti apa mak? hehe *malah nanya*
    Aku baru ngerti mak soal blog award :) tadinya cuma ngerti GA aja, ternyata ada jg blog award..

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.