Saturday, September 29, 2012

Internet Sehat’s Silver Blog

Internet Sehat Silver Alhamdulillah Internet Sehat yang menyatakan blog ini adalah pemenang Bronze Blog sesi 14 tahun 2012 dan pemenang  Silver Blog bulan Agustus 2012. Selanjutnya blog ini diikutkan untuk tahapan berikutnya, yaitu untuk memperebutkan gelar Gold Blog tahun 2012. Sebenarnya Internet Sehat itu apa?

Internet Sehat adalah kepanjangan tangan dari ICT Watch, lembaga non-profit yang dibentuk karena keprihatinan terhadap pelaksanaan dan pemberdayaan Information and Communication Technology (ICT). ICT Watch memiliki visi bahwa setiap orang, tanpa perkecualian, memiliki hak untuk mengakses, memproduksi dan menyebarkan/menggunakan informasi yang bermanfaat bagi kehidupan melalui bermacam-macam media secara aman dan bijaksana, tanpa rasa takut atau khawatir. Internet Sehat adalah salah satu misi yang dijalankan berdasarkan visi ICT Watch tersebut.

Internet Sehat telah melakukan banyak hal untuk mengedukasi masyarakat tentang perlunya dan tata cara memanfaatkan media sosial secara aman. Yang pernah saya dapatkan secara langsung adalah seminar tentang pemasaran online bagi UKM, bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Pekanbaru. Waktu itu mas Donny B.U. (Executive Director) datang sebagai narasumber. Sebelumnya, saya dan mas Donny telah saling follow di twitter, dan itu adalah pertemuan pertama kami. Mas Donny sepertinya agak terkejut karena saya sudah ibu-ibu heheheee…. Jadi sebelum seminar itu, saya telah mendapatkan manfaat dari media sosial, yaitu berkenalan dengan mas Donny dan menyimak tweet-tweetnya yang bermanfaat.

Selain seminar-seminar, telah banyak yang Internet Sehat lakukan, antara lain membuat posting rutin tentang penggunaan internet secara aman. Mulai dari bagaimana mengenalkan internet pada anak-anak, mencegah remaja-remaja kita tertipu di internet, sampai hal-hal teknis seperti virus dan sebagainya. Internet Sehat memiliki semboyan: Wise While Online, Think Before Posting.

Internet Sehat juga giat mendorong terbentuknya komunitas pewarta warga. Sudah banyak komunitas blogger daerah yang mendapat dukungan dari Internet Sehat. Bagi para blogger pribadi, Internet Sehat Blog Award (ISBA) tidak boleh dilewatkan. Ini untuk mengukur apakah konten yang kita miliki cukup aman dan bermanfaat. Para juri ISBA tidak mengutamakan traffic atau SEO karena hal-hal teknis sulit dikuasai sebagian orang dan manfaatnya lebih kepada pemilik, bukan pembaca.

Ini adalah salah satu video yang menerangkan manfaat media sosial. Video dengan judul Linamasa 1 juga diberikan kepada saya sebagai hadiah.


Nah, coba lihat blog saya ini. Silakan dicek Alexa dan Page Rank-nya. Parah, kan? Mungkin jauh lebih buruk dari blog teman-teman. Tapi ketidaktahuan saya soal berbagai aturan atau trik teknis, tidak menghalangi saya untuk terus menulis. Karena itu saya mengajak teman-teman untuk melakukan yang terbaik yang kita bisa. Jangan sampai hal-hal yang tidak kita mampu kita lakukan, membuat kita tidak melakukan apa-apa. Alangkah sayangnya.

Saya rasa Allah menciptakan kita untuk melakukan sesuatu yang baik. Karena jika tidak, mungkin Allah tidak menghidupkan kita sebagai manusia, melainkan menjadi batu saja dan berdiam diri.

Nah teman-teman yang belum mendaftarkan blognya ke kompetisi ISBA ini, tak ada alasan untuk tidak mendaftar. Daftarnya kesini http://isba.ictwatch.com/

1 comment:

  1. sy termasuk yg gak paham alexa sm PR. Tp terserah lah yg penting sy menulis aja :D

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.