Saturday, January 19, 2013

Kumpulan Emak-emak Blogger 1 Tahun

Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) adalah komunitas perempuan yang hobi ngeblog. Dengan umur setahun, komunitas ini terbilang sangat muda. Saya bergabung disini juga belum lama, baru dalam hitungan bulan. Alhamdulillah adaptasinya tidak perlu waktu lama. Setelah keluar masuk berbagai komunitas, ada beberapa alasan mengapa beradaptasi di komunitas ini lebih mudah dibandingkan dengan komunitas lain.

Mungkin saya yang tidak pandai beradaptasi atau kurang beruntung sebelumnya. Di komunitas sebelumnya saya merasakan suasana yang kurang ramah. Ibaratnya begitu kita masuk, mereka akan melihat dari kaki hingga kepala. Jika berpendapat dalam diskusi, orang baru atau belum mencatatkan prestasi tertentu seperti dicibir, bahkan sampai saya bisa memvisualisasikan sedang dikelilingi ibu-ibu judes dan sambil melirik bilang, “Siapa elo?” Ada pula yang adminnya seperti penguasa, menegur seenaknya dan mengangkat kejelekan orang lain sebagai tema pembicaraan. Dikomunitas lainnya lagi, yang katanya akan membantu UKM, saya bahkan merasa usaha saya dibajak oleh pengurusnya.

Apa yang saya cari dalam komunitas? Meskipun sebagai perantauan saya tidak banyak teman, tapi pergaulan bukanlah yang utama. Waktu bagi saya sangat berharga karena sehari-hari saya sibuk dengan berbagai kegiatan sehingga memang tidak banyak waktu untuk sekedar bergaul. Dalam kesempitan waktu itu, bergaul bagi saya harus memberikan banyak nilai tambah, antara lain ilmu menulis, ilmu berwiraswasta, ilmu memasak, ilmu mendidik, ilmu agama dan masih banyak lagi. Tiap-tiap waktu yang saya luangkan, harus memberi dampak positif bagi diri saya.

Anggota KEB terdiri dari perempuan-perempuan hebat. Hebat tidak ditandai dengan kekayaan atau jabatan, tapi dalam keikhlasan mereka berbagi pengetahuan. Kesempurnaan tidak mungkin bisa didapat dimanapun,  demikian pula di KEB, tapi di KEB perasaan bersama-sama belajar itu ada, tak peduli bagaimanapun latar belakang masing-masing. Karena itu ada rasa saling menghargai satu sama lain. Di KEB, diskusi yang saling menyudutkan atau menghakimi dilarang. Kalau temanya gossip, langsung ditegur oleh para makmin. Kami mengejawantahkan emak sebagai sosok yang penuh kasih sayang.

Yang selalu dipertanyakan adalah bahwa emak ngeblog itu membuang waktu dengan curhatan emosional belaka. Sebenarnya, cukup sulit mencari waktu untuk curhatan emosional di KEB karena penuh dengan jadwal lomba blog dan mengejar prestasi di media-media online dan offline. Heheheee…. Setiap ada info baru selalu mendapat respon banyak di KEB, lalu anggota berlomba-lomba membuat karya terbaiknya. Dengan kegiatan seperti itu, tak heran prestasi para emak sangat luar biasa dan sekarang kerap muncul di media.

Nah, jika ingin mengaktualisasikan diri, bergabung saja dengan kami di grup facebook Kumpulan Emak-emak Blogger (closed group). Syaratnya cuma perempuan dan punya blog. Tidak harus sudah menikah, masih menikah atau sudah ibu-ibu, hanya perempuan dan bukan perempuan jadi-jadian. Tidak punya blog? Follow akun twitter @Emak2Blogger dengan saya sebagai salah satu adminnya, atau tinggalkan saja alamat email di kolom komen, saya akan tuntun bagaimana cara membuat blog gratisan. Tapi saya menetapkan syarat tambahan, yaitu blog tersebut tidak boleh untuk curhatan pribadi dan menyebarkan kebencian.

Kepada emak-emak KEB, Selamat Ulang Tahun ke 1, Inspirasi Perempuan, Kami Ada Untuk Berbagi.

3 comments:

  1. "Tiap-tiap waktu yang saya luangkan, harus memberi dampak positif bagi diri saya"
    Setuju sekali dg kalimat tsb, mak :)

    ReplyDelete
  2. selamat ulang thn buat KEB, selamat untuk semua emak dimana pun ;)

    ReplyDelete
  3. saya follow KEB tapi ndak ikutan gabung soalnya syaratnya susah banget sih, mesti perempuan. padahal saya kan cowok.. hahahaha..

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.