Wednesday, May 15, 2013

ASEAN Blogger 2013 Solo #ABFI2013 : The Seminar

Seminar ASEAN Blogger 2013 diselenggarakan di hari kedua keberadaan saya di Solo, Jawa Tengah, yaitu pada tanggal 10 Mei 2013, dari pagi hingga sore. Namanya juga seminar, begitu masuk ruangan langsung tampang serius semua. Heheheee.... Untuk seminar sehari, pembicaranya cukup banyak, mengakibatkan pembagian waktu sangat ketat, apalagi hari Jum'at.
Seminar hari itu dibagi menjadi empat sesi, yang di usahakan semuanya dalam bahasa Inggris agar seluruh peserta, terutama yang datang dari luar negeri, bisa mengikuti. Tidak semua pembicara menggunakan bahasa Inggris. Sebenarnya itu tidak apa-apa dan bisa dimaklumi apapun alasannya. Tapi bila ditambah yel-yel dukungan terhadap bahasa Indonesia segala, menurut saya itu tidak menghormati tamu yang kita undang. Saya sendiri sempat memberikan pendapat dalam bahasa Inggris.

Sesi pertama padat dan menarik. Sayang, peserta tidak diberi kesempatan bertanya karena keterbatasan waktu, menjelang sholat Jumat. Demikian pula dengan sesi kedua. Saya sangat menyukai materi KH M Dian Nafi' yang adem dan damai. Di sesi ketiga karena diisi oleh blogger berpengalaman, banyak hal-hal praktis yang ditanyakan peserta. Sedangkan sesi keempat, sepertinya durasinya sangat panjang penuh dengan data statistik.

Seminar ditutup dengan peragaan busana oleh pembicara, blogger Indonesia (Venus, Salsabeela, Nonadita) dan blogger dari negara-negara di ASEAN. Para blogger mengenakan busana batik dari sponsor. Beberapa blogger mendapat sambutan sangat meriah dari penonton karena kenekadannya. Sambil menunggu persiapannya, MC (Indah Nuria) memandu games yang membuat kami terpingkal-pingkal karena ulah peserta.
Setelah itu sebuah band beraliran blues menutup acara. Penyanyinya masih sangat muda dan bersuara cempreng ketika bicara. Tapi begitu menyanyi, suaranya bagus dan sangat blues. Sepanjang acara juga dilaksanakan lomba livetweet. Saya tweet cukup banyak. Entah siapa yang menang. :D

Postingan berikutnya adalah tentang diskusi antar peserta.

5 comments:

  1. ternyata acaranya tidak semuanya serius ya mbak ada gamesnya juga

    ReplyDelete
  2. acara yang menarik dan saya juga menjadi bagian dari acara tersebut..
    mbaknya yg mana sih?? *mikir* *sepertinya juga udah bertegur sapa*

    ReplyDelete
  3. waah, sempet ketemu ama ibu ya, mak? acara seminarnya memang bagusnya ada inggrisnya, kasian yang dari negeri tetangga kalo mereka ga paham banget bahasa indonesia :D

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.