Wednesday, July 17, 2013

"Berani Ikut Pameran" Telah Beredar

Alhamdulillah, buku saya dengan judul Berani Ikut Pameran telah beredar bersama penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Buku ini saya tulis dengan cepat karena sebagian besar berisi pengalaman saya ketika ikut pameran atau ketika mengunjungi pameran. Proses di penerbit memang memakan waktu agak lama karena harus ada beberapa penyesuaian agar informasi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan pembaca.

Buku ini tipis saja, hanya terdiri dari 113 halaman, karena memang diniatkan sebagai guidance untuk teman-teman yang ingin berpromosi melalui pameran. Idenya berasal dari pertanyaan pembaca blog saya di artikel tentang Latihan Pameran Baju. Saya berpikir bahwa pertanyaan-pertanyaan itu bisa saya jabarkan lebih detil lagi sehingga tidak hanya bermanfaat bagi pengunjung blog saya yang segelintir itu, tapi juga berguna bagi teman-teman lainnya.

Karena yang disasar adalah pemilik usaha kecil-kecilan dan pemula, maka detil yang saya berikan juga diawali oleh masalah-masalah yang sangat sederhana dan lingkup paling kecil lalu meningkat ke masalah-masalah yang agak besar dan lingkup yang lebih luas. Karena itu tidak ada narasi berlebihan didalam buku ini. Sebagian besar langsung berisi pengalaman praktis dan hal-hal yang mungkin bisa diperbaiki atau dikembangkan dari pengalaman tersebut. Saya kira poin-poin yang saya sampaikan cukup mudah untuk diikuti dan langsung dipraktekkan. Saya sebutkan pula beberapa pengalaman yang kurang menyenangkan agar teman-teman berhati-hati sehingga tidak terjadi pada teman-teman kelak.


Harga di toko buku Gramedia Rp 30.000, semoga tidak membebani teman-teman yang ingin menambah pengetahuan. Sementara saya baru bisa menemukannya di jaringan toko buku Gramedia.  Jika ada informasi di toko lain, kabari saya ya. :) Bisa juga dibeli secara online di Gramedia Online seharga Rp 25.500 ditambah biaya kirim (ongkir).

Semoga buku ini bisa memberi semangat pada teman-teman untuk yakin dengan apapun yang teman-teman impikan. Insya Allah, jika kita berani mulai melaksanakan apa yang ada di hati dan pikiran kita, impian kita akan menjadi nyata, termasuk memiliki usaha yang bisa menafkahi seluruh keluarga kita dan orang-orang lain yang membutuhkannya.

Sebagai buku guidance yang praktis, tidak disertakan lembar persembahan agar pembaca langsung fokus pada poin-poin yang saya berikan. Karenanya, disini saya ingin ucapkan terima kasih kepada beberapa pihak. Yang pertama kepada orangtua saya, terutama kepada bapak saya, yang mengobarkan persaingan terbuka untuk menghasilkan lebih banyak buku bermutu. Selanjutnya saya berterima kasih kepada keluarga saya, yang membiarkan saya mengikuti kata hati saya. Terima kasih juga kepada Yusak Laksamana, teman SMA, yang mengenalkan saya pada penerbit, yang sesungguhnya dulu samasekali tidak pernah dekat, tapi sekarang kadang bertukar pikiran karena sama-sama suka menulis dan mungkin sering tidak sabar dengan kelambanan saya. Heheheee.... Terima kasih kepada mbak Ida dan mbak Siwi, pendukung utama saya di Ladaka Handicraft.

Sebagai rasa syukur atas beredarnya buku ini, saya ingin memberikan dua buku gratis dari jatah saya sebagai penulis ke teman-teman yang mengisi kolom komentar dibawah ini, yang saya pilih berdasarkan jawaban dari pertanyaan berikut: Apakah keinginan pribadi yang akan teman-teman wujudkan dalam tiga tahun kedepan? Nama yang saya pilih akan saya umumkan setelah saya kembali dari mudik Lebaran mendatang. Heheheee.... Lama ya? Karena kalau sebelum Lebaran, kurir sulit. Demikian menurut pengalaman selama memiliki online shop. Harap maklum, ya.

Okey, jadi Berani Ikut Pameran sudah beredar. Semoga bermanfaat. Yuk beli! :D

28 comments:

  1. Selamaaaat dulu deh Mbak karena bukunya akhirnya beredar juga. #tepuktangan :)
    Ada yang nendang pas ketemu kalimat 'pengunjung blog saya yang segelintir itu', maafkan saya kalau selama ini jadi silent reader, *ngik

    Biar dapet buku kecenya mBak Lusi, jawab ah pertanyaannya,
    Keinginan pribadi? ada tiga mbak yang utama, skripsi kelas di semester 7, menulis buku, dan menikah. Aamiin :)

    ReplyDelete
  2. yeaaayy selamat, ya!

    Keinginan pribadi saya sampe 3 tahun ke depan, kayaknya pengen mengalami penginkatan kualitas menulis. Sama syukur-syukur bisa buka toko online lagi :)

    ReplyDelete
  3. Waaahh, selamat ya, Mak *ikut seneng* :)
    Keinginan yg ingin terwujud 3 tahun lagi buat saya adalah mengembangkan toko obat sebagai amanah dari suami. Jualan sampingan saya membuat prakarya aksesoris juga mudah2an bisa sukses.
    Bukunya keren! Saya baru satu kali ikut jualan di bazaar dan merasa gagal. Semoga setelah membaca buku Mak Lusi, saya jadi punya nyali untuk ikut pameran.
    Sukses untuk Mak Lusi :)

    ReplyDelete
  4. selamat, mak Lusi. moga laris manis ya. ;)

    impianku pengen bisa ikutan Asian Festival of Children’s Content (AFCC) di Singapura. beberapa festival untuk penulis anak sebenarnya banyak di asia, tapi hanya orang-orang tertentu yang tahu dan beruntung bisa masuk dalam lingkaran penulis internasional. pengen banget lah seumur hidup bisa mewujudkan impian itu. apalagi bisa hadir di bookfair internasional di frankfurt jerman dan berdiskusi dengan penulis-penulis yang lain. semoga doa di ramadhan ini terwujud. aamiin.

    ReplyDelete
  5. yyaaay!! selamat mbaaa.. seneng banget yaaah.. smoga laku keras :D

    keinginan 3 taun ke depan? pengen punya toko buku online, sebagai ganti online babyshop yg sempet mandeg gara2 kesibukan di dunia nyata. Yang paling dekat, pengen buku kumcerku segera terbit.. aamiin..

    ReplyDelete
  6. selamat ya mak udah dipersunting dengan gramedia... huwaaaa bahagia pasti udah nongol di toko buku..

    hmmm tiga tahun ya...sebenarnya ingin membuka toko buku secara offline maupun online.. itu di dasari karena bnyk teman2 yang sudah menelurkan buku di penerbit indie, aku ingin mendirikan toko buku yg gak hanya menjual buku dri penerbit besar, tapi juga mendisplay buku teman2 yg diterbitkan secara individu..

    ReplyDelete
  7. Selamaat ya Maak !!
    Nanti kalo Ngabuburit ke Gramedia, aku cari2 bukumu mak :D

    Keinginan 3 tahun kedepan..
    Hmm pengen buka kantor sendiri, kantor konsultan internet marketing Dewi SEO kompetitornya Dewa SEO, hahhaa..
    Semoga dengan ilmu yang di dapat dari tempat kerja sekarang bisa menempel dan mewujudkan impian pribadi, mempunyai beberapa karyawan, hadeuuh mari bermimpi..

    ReplyDelete
  8. Cita cita 3 tahun ke depan lebih serius nanganin toko online yang di facebook, trus punya kamera buat kebutuhan upload gambar dan punya web sendiri sambil nglatih anak yg besar2 agar lebih mandiri dan tanggung jawab, ntar mereka aja yg dijadiin admin di web tsb.

    ReplyDelete
  9. Allhamdulillah sudah keluar bukunya ya mbak, ini toh buku yang waktu itu sedang dibuat :)

    ReplyDelete
  10. Wah selamat ya mba..smg laris manis tanjung pinang..

    Salam Sukses..

    ReplyDelete
  11. Komennya mbak Titi, ampun dehhhh :p.
    Selamat ya makkkk, aku bangga padamu :).

    ReplyDelete
  12. Keren, selamat mak Lusi. Keinginan 3 th ke depan ingin punya rumah sendiri, tdk nebeng di rmh mertua. Meski kecil, tapi klo sdh rumah sendiri pasti menyenangkan dan nyaman banget ya. Pengen nyoba online business juga sih, tapi masih ragu bidang apa. Klo nanti bisa berjalan lancar, aku bisa nyisihkan sebagian buat bantu2 mama...

    ReplyDelete
  13. wow sangat menginspirasi, saya juga udah nerbitin satu buku bu hehehe..doain buku ke dua ya :D

    ReplyDelete
  14. Sekal lagi, congraaaatttsss Mak *peluk erat*

    Hm, aku boleh ikutan, gak? xixixi. Gak boleh pun gak apa, supaya teman lain dapat kesempatan :) Tapi boleh kan share impian 3 tahun ke depan?

    Semoga 3 tahun ke depan sudah bisa menikmati "sesuatu" yang sedang dirintis saat ini :)

    ReplyDelete
  15. Selamat ya Mbak...
    Semoga menjadi ladang pahala..

    3 tahun kedepan..
    Hmmmmmmm..
    menikah dan punya perpustakaan pribadi tp untuk umum dan hanya boleh dibaca di tempat, nama perpusnya RUANG BUKU.

    ReplyDelete
  16. Yang ingin diwujudkan dalam tiga tahun kedepan, mempunyai buku sendiri seperti Mak Lusi. Sama satu lagi, dah kangen pulang kampung nih, ke Bukittinggi sana.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  17. mba agnes pernah denger namanya, mak Lusi. tapi belum pernah diskusi bareng, hehe. aku tau AFCC dari mba Ary Nilandari. nanti coba aku nanya-nanya deh. makasih, mak. :D

    ReplyDelete
  18. Wah, lahiran deh akhirnya... Bangga, mak :D

    Soal keinginan 3 tahun ke depan, ada 3 hal juga:
    1. Punya anak. Meskipun itu semua rahasia Allah, tetapi terus berusaha untuk mendapatkannya.
    2. Bisnis Rajaundangan.com bisa buka cabang di beberapa pulau di luar Jawa. Soalnya selama ini kami seringkali menerima orderan dari luar Jawa. Pelanggan merasa terbebankan ongkir jika semua berpusat di Surabaya.
    3. Saya bisa benar2 menelurkan tulisan dalam bentuk buku yang selama ini tersendat karena persoalan timing management

    Sekali lagi selamat yah mak Lusi

    ReplyDelete
  19. Cuma mau ngucapin selamat buat Mak Lusi. Semoga bukunya bermanfaat buat pembacanya. Terobosan yg luar biasa. Makin produktif dan berkah ya, Mak :-)

    ReplyDelete
  20. pertama, selamat ya Mak Lusi, smoga bukunya laris dan membawa manfaat baik buat orang banyak amiin. :)
    Tentang keinginan saya 3 tahun ke depan, ga mau muluk ah, soalnya saya orangnya slow motion hehe..
    1. Saya ingin membuat modul materi dan praktikum Biologi ala saya, dan bisa menjadi acuan buku di sekolah, jadi bisa lebih murah
    2. Saya ingin melanjutkan pendidikan saya ke S2 pendidikan, smoga yang ini bisa terwujud dalam waktu dekat, amiiin
    3. saya ingin punya kontrakan/rumah yang sudah ada kasur, lemari, rak piring, rak buku, kompor dan alat masak, rak sepatu, pojokan tempat saya bikin bros atau pouch, teras kecil dg pot tanaman kyk cabe, tomat, bawang, kunyit, lengkuas dll :D. Yang sekarang belum rapi, karna masih banyak yang belum terbuat atau terbeli. hehehe biar suami bisa ngrasain masakan saya kan jadi tambah sayang ntar sm saya :D *eh curhat

    Sudah, itu dulu untuk 3 tahun ke depan, sebenernya masih banyak keinginan kecil2 yang kalo saya sebutin takutnya panjaaaaang dan laaammmaaaa.. Makasih Mak.. :)

    ReplyDelete
  21. selamat ya mak untuk bukunya yang melambai-lambai ke arahku itu, secara aku kan juga punya industri rumahan. congrats maaakk....

    3 tahun ke depan pengin banget penghasilan di industri rumahan sudah bisa bersaing dengan pendapatanku sbg buruh ;) masih tergantung ama gajian nih mak, gak enak banget karena msh harus sering berjauhan dengan anak dan keluarga :(
    kalau pendapatan di industri rumahanku sudah pesat kan selain bisa konsentrasi pada keluarga (bukannya konsentrasi pada muka serem si bos di kantor), aku bisa mulai menambah asisten. selama ini masih kerja sendiri. nambah asisten kan bisa jadi ladang ibadah juga ;)

    ReplyDelete
  22. Selamat ya mbak untuk bukunya, semoga menjadi inspirasi buat banyak orang. menjadi pahala yang terus mengalir, aamiin

    kalo soal keinginan 3 tahun ke depan. Saya itu pingin banget sudah tamat menjelajah Indonesia. Memang sih, Indonesia dengan 17.000 lebih pulau nggak akan mungkin bisa dijelajahi semuanya, tapi minimalnya sudah ke tempat-temapt wajib di setiap provinsi. Penjelajahan ini adalah bekal buat saya untuk punya travel agent sendiri, mengakomodir para traveler yang nggak berani jalan sendiri supaya bisa dapet teman baru setiap kali open trip dengan saya. (1)

    Cita-cita saya yang lain, terus backpacking sama anak-anak. Belajar terus menulis yang enak dibaca, menuliskan cerita perjalanan bersama anak, dan dikumpulkan lalu diterbitkan. Bismillah.. ini pingin banget pake banget. (2)

    Selain nulis catatan perjalanan, belajar nulis yang lain. maklum single mom, kudu berjuang cari duit. jadi menulis sebagai hobi juga sedang berorientasi kepada duit. hehe pingin naikin page rank, supaya dapet job nulis paid review. nulis dan dikirim ke media biar dapet honor. (3)

    kalo dlm 3 th, 3 keinginan itu tercapai. Saya bisa resign dari pekerjaan sbg karyawan. Dari rumah bisa sambil buka toko online. tiap weekend bisa ngetrip sama anak. Dulu aku sempet punya toko online khusus T-Shirt remaja. hihihi tapi bentrok sama kerjaan akhirnya mandeg. padahal super lumayan penghasilannya :)

    ReplyDelete
  23. waaa.... ternyata para emak di KEB keren2 ya, pada bikin buku...*mupeng
    Selamat ya mba lusi...

    Ikutan share keinginan 3 tahun kedepan...*ngebayangin dapet buku :D
    1. Pengen bisa menulis yang menghasilkan kayak mb Lusi...mudah2an menulis bisa lebih serius dan jadi penghasilan kedua atau ketiga atau keberapapaun;
    2. Pengen dapet beasiswa S2...kangen sekolah lagi, tapi yang di dalem negri aja, biar tetep bisa ngurus anak dan suami;
    3. Pengen umroh ke tanah suci...*kalo haji daftar tunggunya lama
    Aamiin

    ReplyDelete
  24. ketinggalan..

    salam kenal...:D

    ReplyDelete
  25. Wah Selamat yaa Mak Lusiana, semoga ini menjadi pacuan untuk terus berkarya kedepannya :)

    Mengenai impian 3 tahun kedepan.. wah banyak sekali yaa tentunya.. namun yang terbesar antara lain :

    1. Ingin Ibadah Umroh sekeluarga (semoga terkabul, Amin)
    2. Melanjutkan kuliah S2
    3. Buka warung makan "Pakle Khas Klaten" di Bekasi

    Salam buat keluarga & happy Mudik :)

    ReplyDelete
  26. Selamat mak, ikut senang dengan terbitnya buku ini. Dari judulnya kelihatannya menarik :)

    3 tahun ke depan?
    Hmmm ...

    Pingin terbitkan buku solo lagi (dari blog tentunya) dan pingin dalam segala hal lebih baik dari saat ini.

    Btw, kenal sama Indah Suhesti (istrinya Koko), mbak Fawny Deddy, mbak Dian Radpandji gak mak? Teman saya dulu waktu masih sama2 di Minas. Tinggalnya di RUmbai sekarang.

    ReplyDelete
  27. Kwerweeen, Mak Lusiana Trianasari, postingan dan bukunya oke banget. Insya Allah, kalo jalan-jalan ke Bintaro Plaza (Gramedia-nya) mau cari ah bukunya Mak Lusi ini. Selamet ya, Mak cantik.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.