Monday, October 07, 2013

Cara Mendapatkan Kamus Lengkap Jawa-Indonesia

Kamus Lengkap Jawa-Indonesia ini disusun oleh bapak saya, Sutrisno Sastro Utomo. Saya tidak mau membandingkan dengan kamus lain, tapi saya berani menjamin kamus ini disusun dengan sangat teliti dan bertanggung jawab karena saya menyaksikan sendiri bagaimana bapak saya melakukan pengecekan satu persatu, mencatat di kertas-kertas buram supaya mudah dicorat-coret, lalu mengetiknya dengan rapi jika sudah yakin keakuratannya. Jika satu kata saja butuh proses sedetil itu, bayangkan kamus dengan tebal 696 halaman. Ya, penyelesaian kamus ini sangat lama. Saya tidak ingat berapa tahun.

Baru-baru ini bapak saya telah menyelesaikan kebalikannya, Kamus Indonesia-Jawa, dan sedang mencari penerbit yang sesuai. Saya jadi teringat, apakabar Kamus Lengkap Jawa-Indonesia ini? Fakta bahwa toko buku membatasi masa edar buku-buku ditokonya, membuat saya berpikir pastilah kamus tersebut semakin sulit dijumpai karena sudah beredar bertahun-tahun lamanya. Padahal Kamus Lengkap Jawa-Indonesia ini tak lekang waktu, bisa digunakan sampai kapanpun, bahkan merupakan warisan bapak saya terhadap budaya Jawa. Saya merasa ikut bertanggung jawab memeliharanya.

Kemarin saya mencoba menelusuri Kamus Lengkap Jawa-Indonesia melalui pembelian secara online. Ternyata penerbitnya, Kanisius, masih menempatkan Kamus Lengkap Jawa-Indonesia di websitenya. Saya langsung melakukan percobaan pembelian secara online dan berhasil. Berikut caranya:

Klik link ini dibawah ini:


2. Isi keranjang belanja

3. Isi data diri dulu supaya segera diproses

4. Isi alamat pengiriman

5. Pembelian akan dirangkum seperti ini:

6. Lalu dikonfirmasi dengan nota/faktur seperti ini:

7. Pemesanan selesai. Bisa melakukan aktivitas lainnya dulu heheheeee.... Tak berapa lama, anda akan mendapat email dari Kanisius, berisi nota/faktur sebagai konfirmasi pemesanan dan cara pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui Bank Mandiri dan BCA dalam 24 jam.

8. Lakukan transfer sesuai dengan nota/faktur di ATM Bank Mandiri atau BCA.

9. Login ke website www.kanisiusmedia.com dan lakukan konfirmasi.

10. Isi kolom konfirmasi. Kolom referensi dan catatan tak perlu diisi jika tak ada.

11. Konfirmasi selesai.

Naaah... selesai seluruh rangkaian pemesanan. Tinggal duduk manis menunggu pak pos mengantarkan Kamus Lengkap Jawa-Indonesia sampai di alamat penerima dan segera digunakan untuk memahami dan memelihara bahasa Jawa.

Namun jika masih mendapatkan kesulitan untuk melakukan pembelian sendiri secara online, bisa membeli melalui saya. Email alamat lengkap anda ke burselfwoman@yahoo.co.id.

Terima kasih.

1 comment:

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.