Saturday, November 09, 2013

Sharing Blog Jadi Buku Dengan Blogger Bertuah

Blogger Bertuah 2


Dari obrolan singkat dengan Kurnia Agus Rahman, ketua Blogger Bertuah, muncullah ide untuk membuat sharing class dengan Blogger Bertuah. Sharing class ini akan menjadi yang pertama kali dilakukan oleh Blogger Bertuah. Tadinya muncul keraguan dari Kurnia, apakah saya mau datang jika peserta hanya 3-5 orang. Waaah... padahal bagi saya, satu orang saja yang mau sharing dengan saya pasti saya bilang oke. Karena bagi saya, sharing itu tidak terjadi satu arah, melainkan dua arah. Meski kelihatannya saya yang ditanya-tanya, tapi sebenarnya saya juga merekam pertanyaan yang tidak saya kuasai jawabannya, yang kemudian saya gunakan untuk belajar lebih banyak lagi.


Tak lama setelah itu, Kurnia menghubungi saya untuk memastikan sharing class yang akan diadakan tanggal 8 November 2013  jam 14.00 tadi. Saya datang tepat waktu dan kelas langsung dimulai. Alhamdulillah ada sekitar 12 orang yang hadir. Sebenarnya ada wacana untuk diadakan di hari libur supaya peserta lebih banyak, tapi hari libur bagi saya adalah hari melakukan segala sesuatu tanpa berjadwal untuk memberi bonus pada tubuh dan pikiran yang telah bekerja keras heheheee....


Blogger Bertuah 1


Meskipun ini adalah sharing class yang semestinya lebih santai, tapi saya telah menyiapkan power point, yang bisa didownload disini > BLOG JADI BUKU Sharing Minat dan Kesempatan. Ini untuk memfokuskan diri supaya saya tidak berbicara out of topic dan nyerocos terus.


Latar belakang menulis blogger yang hadir bermacam-macam, ada yang masih blank sama sekali, ada yang sudah menulis dimana-mana dan mencoba kolaborasi menulis. Tapi satu hal yang sama, yaitu semangat untuk membuat sebuah buku. Sharing class saya buka dengan cerita pahit manis menjadi blogger dan penulis. Sampai akhirnya mendapat kesimpulan bahwa keduanya memberikan kepuasan yang berbeda sehingga yang pertama harus dipastikan adalah passion untuk menyusun sebuah buku.


Setelah itu kelas bergulir dengan cerita pengalaman saya, pengalaman teman-teman blogger Riau dan keinginan teman-teman blogger mengabadikan isi blognya. Ada beberapa teman blogger yang sudah punya gambaran buku seperti apa yang ingin dihasilkan. Ada pula keinginan untuk membuat buku kompilasi materi pelatihan yang sering dilakukan oleh Blogger Bertuah di berbagai tempat. Semangat teman-teman ini membuat saya juga antusias. Meski di Pekanbaru banyak penulis yang jauh lebih hebat saya, dan mungkin materi yang saya sampaikan juga banyak kekurangan, tapi sharing seperti ini membuat saya merasa on the top of world, karena sesungguhnya manusia itu saling membutuhkan untuk berkembang.


Blogger Bertuah 3


Tak terasa sharing sudah berlangsung 2 jam lebih (bagi saya tak terasa sih, entah bagi teman-teman, heheheee) dan saya harus pulang. Sebelum saya pulang, ada bahasan yang belum selesai dan masih diteruskan, yaitu keinginan untuk membuat kolaborasi tetap antara blogger yang hobi menulis dan blogger yang hobi membuat film. Diskusi masih dalam tahap pencarian tema utama kolaborasi tersebut. Jika sudah dicapai titik temu, rencananya akan diunggah secara rutin di youtube. Semoga berhasil.


Video by Aris Fourtofour



10 comments:

  1. Mbak, keren banget :)
    Nggak masalah soal berapa orang yang datang tapi gimana kualitasnya sharingnya. Itu menurutku lebih penting :)

    ReplyDelete
  2. Ah, keren banget, Mak, sharingnya. Ntar kalo udah ada koneksi yang lebih cepet, balik lagi ah nyedot pdf-nya sama nonton yucupnya. Aku belom nontonn, ketinggalan berita ini tadi siang. :D

    ReplyDelete
  3. Aisyah Rasyid (@Cicajoli)November 10, 2013 at 4:39 AM

    Waah seruu..sayang gak bisa ikutin Sharing class bareng mba, karena ada uts kuliah. huhu

    ReplyDelete
  4. Thumbs-up maaaak... Hebat lhooo bisa sharing dgn banyak bloggers.. Would love to join that if I could..videonya juga okeeeh..

    ReplyDelete
  5. Mbak, kita udah dapat tema buat antologinya.. Ntar mau di publish rissa. Next meeting kita kupas blognya rissa buat barcon yuk #eh

    ReplyDelete
  6. makasih banyak mba telah ber-sharing ria di rumah kami yg sederhana.
    mohon maaf tidak bisa hadir, karena masih ngantor.

    ReplyDelete
  7. Ajib keren dan seru, huaaa hebat daebak sugoi !!

    ReplyDelete
  8. semoga antologinya sukses ya bu? sebagai blogger, saya sungguh salut jika ada perkumpulan blogger yang membuat terobosan sebagai bentuk apresiasi terhadap dunia tulis menulis yang meski sederhana, terkadang selalu membawa inspirasi yang besar..semoga para blogger di tempat saya juga punya semacam gerakan membuat buku. salam...

    ReplyDelete
  9. makasih ya mbak Lusi atas sharing ilmunya.. sangat bermanfaat.. dan semoga ada sesion selanjutnya.. waktu pelatihan di SMK YAPIM kemaren udah kami diskusikan dgn ketua pelaksana si Aris, insyaallah bakal ada sesion selanjutnya. semoga mbak Lusi masih ada waktu :)
    postingan singkat versi risa http://risahpunyakreasi.blogspot.com/2013/11/kelas-menulis-di-rumah-blogger-riau.html

    hehehe

    ReplyDelete
  10. Mbak Lusy memang top. Sharingnya bisa diambil bukan hanya untuk blogger bertuah aja ya mudah2an

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.