Tuesday, December 24, 2013

Tips Menggunakan Fasilitas Hotel

Di Pesta Sahabat lalu, saya dan teman sekamar saya, mbak Yuni, heboh ketika di lift dan ketika mencari tombol lampu. Wkwkwkkk.... Tiap hotel menggunakan teknologi dan fasilitas yang berbeda-beda, karenanya jika tidak tahu lebih baik bertanya, tak usah malu dibilang kepo. Bagaimana kita tahu, kan bukan rumah sendiri? Bertanya itu gratis, enggak usah mikir tip. Tip hanya saya berikan kalau mengangkat koper-koper jumbo saya atau membersihkan kamar saya. Tak usah sungkan pula bolak balik telpon resepsionis menanyakan ini itu yang enggak paham. Jangan sampai udah bayar tapi kita tidak merasa nyaman seperti seharusnya.

Nah, berikut tips-tips untuk menggunakan fasilitas hotel berbintang. Kalau hotel melati enggak ribet kan? Heheheee.... Mungkin teman-teman yang sering bepergian tidak perlu tips ini, tapi saya sih tetap kepo walaupun sudah menginap di beberapa hotel di beberapa kota.

1. Bawaan. Ketika tiba dihotel, biarkan petugas mengurus barang bawaan kita (kecuali tas tangan) karena itu sudah tugas mereka. Biasanya mereka punya trolley untuk mengangkut barang bawaan tamu. Tapi ada loh yang dipanggul, seperti di Inna Parapat Sumut, padahal naik turun tangga, tidak ada lift karena konsepnya resort. Kasihan banget. :(

2.Check-in. Bagusnya sih sudah memesan lebih dahulu supaya kamar disiapkan, meski tetap ada kemungkinan kisruh di musim liburan. Jika tidak mendapatkan kamar sesuai dengan keinginan, mintalah pindah kamar jika tersedia. Jika belum pesan, biasanya diminta membayar jaminan atau open credit card. Biasanya saya lebih memilih open credit card, supaya enggak ribet jika ingin memesan makanan dan sebagainya. Jangan lupa meneliti penggunaannya ketika check out karena ada juga pegawai nakal. Sesampainya di kamar, mintalah petugas untuk menjelaskan dulu fasilitas kamar, terutama lampu-lampu, AC, air dan TV.

3. Kunci. Hotel-hotel sekarang sudah mulai memanfaatkan kunci elektronis multi fungsi. Untuk menjaga privacy, pengguna lift harus menggunakan card key untuk naik ke lantai atas. Jadi lift hotel hanya bisa turun saja jika tidak menggunakan kunci tersebut. Kunci tersebut juga digunakan untuk membuka pintu kamar. Ada hotel yang menggunakan kunci tersebut untuk menghidupkan listrik didalam kamar dengan memasukkan disebuah kotak di tembok dekat pintu masuk dan pintu kamar mandi, tapi ada juga yang otomatis listrik menyala jika tamu membuka kamar.

4. Tombol-tombol dan colokan. Ini sering bikin kepo hahahaaa..... Tombol-tombol biasanya dikelompokkan. Untuk lampu-lampu meja dan hiburan sering disatukan di meja kecil dekat tempat tidur. Pencet-pencet aja untuk melihat tombol tersebut untuk yang mana saja. Sedangkan lampu-lampu atas biasanya dikelompokkan didinding dekat kamar mandi dan pintu masuk. Sedangkan colokan posisinya dibawah meja atau stand lamp. Ada juga di kamar mandi.

5. Kamar mandi. Saya paling suka di kamar mandi hotel dan bercita-cita punya yang seperti itu, terang benderang. Sayang masih jadi kontraktor alias kontrak sana sini. Biasanya ada 2 handuk besar, 1 handuk sedang dan 1 handuk kecil. 2 handuk besar itu untuk badan. Kalau bawa anak-anak, telpon house keeping untuk minta tambahan. 1 handuk sedang itu letakkan di lantai untuk keset, yup supaya tidak licin karena percikan air. 1 handuk kecil itu untuk tangan, tapi kebanyakan diganti dengan tissue box saja. Di meja kamar mandi ada sabun, shampoo, odol, sikat gigi, tusuk gigi dan shower cap. Yang dalam bentuk kemasan boleh dibawa pulang untuk koleksi heheheee.... Tapi ada juga hotel yang meletakkannya dalam tabung besar sehingga tidak bisa dibawa pulang, biasanya bisa untuk sabunan sekaligus shampo-an. Kadang disediakan pula sedikit hand body lotion dan hair dryer. Untuk menggunakan shower pastikan tirai plastiknya masuk ke dalam bilik shower atau bath tub supaya air tidak membanjir ke lantai dandan. Untuk wudhu, jangan gunakan selang dari wc, jijay heheheee.... Kalau di bath tub, tinggal tekan tombol untuk mengalihkan air dari shower ke kran bawah. Tapi kalau bukan bathtub, pelankan saja showernya.

6. Kasur. AC hotel itu biasanya dingin banget dan susah nyetel ke selera kita. Karena itu kalau selimutan jangan bingung, buka saja seluruh lipatan bed cover sehingga posisi badan kita diantara linen putih. Memang memasangnya kenceng banget, tapi jangan hanya membuka bagian atasnya saja. Pikirkan dulu sebelum meminta extra bed karena biasanya mahal. Pengelola hotel memang berusaha meminimalkan penggunaan extra bed untuk memaksimalkan tingkat hunian hotel. Jika dirasa perlu, pesan kamar satu lagi saja. Kadang didalam lemari ada ekstra pillow. Di cek saja. Kalau ada, tidak perlu extra bed, cukup memanfaatkan sofa yang ada.

7. Lemari. Didalam lemari ada laci dan gantungan baju. Kadang ada juga meja lipat untuk setrika baju, seperti waktu menginap di Hotel Capitol, Kuala Lumpur. Di Indonesia belum pernah nemu meja setrika. Biasanya kita suka ngembat sandal hotel dan plastik laundry kan? Iya, itu memang tidak apa-apa dibawa pulang.  Manfaatkan pula safe deposit box. Jangan takut salah. Kalau lupa password tinggal panggil petugas meskipun malu dikit. Pernah kejadian sih waktu menginap di Hotel Bencoolen, Singapura hihiiii....

8. Free compliment dan kulkas. Free compliment alias gratisan itu bentuknya macam-macam. Ada yang berupa free juice di lobi hotel, buah-buahan di counter resepsionis, peralatan membuat teh dan kopi di kamar, air mineral dan sebagainya. Comotin aja sih. Tapi hati-hati yaaa... yang didalam kulkas itu bayar, begitu juga snack yang didalam keranjang. Ada daftar harganya kok. Tapi kita boleh nitip botol minuman didalam kulkas. Untuk free wifi, ada yang harus minta password dulu dan ganti-ganti setiap hari, ada yang bebas saja.

8. Sholat. Bingung mencari arah kiblat karena dilangit-langit kamar tidak ada tanda panah? Coba buka laci meja rias, biasanya ada tanda panah disitu. Kenapa didalam situ ya? Mungkin karena hotel ingin dicitrakan universal saja. Kalau tidak bawa sajadah, telpon house keeping, pinjam.

9. Sarapan. Biasanya kupon makan diselipkan petugas dibawah pintu pada malam hari. Tapi kalau tidak ada pun cukup menunjukkan kunci kamar. Cobain aja semua menu dan jangan ragu minta bantuan petugas. Oh ya, kalau ada corner tempat chef goreng telur, itu gratis ya, boleh pesan cara menggorengnya. Ada hotel yang perhitungan banget, di catat di buku tamu dan gratis hanya untuk 2 orang saja, selebihnya bayar meskipun anak-anak. Ada yang free untuk anak-anak. Bahkan ada yang tidak peduli sama sekali meski membawa tamu. Nasib aja sih, heheheee....

10. House keeping. Jika menginap lebih dari sehari, kamar akan dibersihkan di pagi hari sekitar jam 10.00-12.00. Kalau tidak ingin diganggu jangan lupa taruh tulisan di pegangan pintu luar. Kalau mau dibersihkan tapi tidak ada acara keluar hotel, bisa ditunggu di lobi atau sambil menggunakan fasilitas hotel diluar kamar. Petugas house keeping ini termasuk kasihan, kerjanya berat tapi jarang dapat tip, kalah sama bellboy. Kalau mau memberi tip, taruh saja diatas bantal dan dikasih catatan karena jika tidak dikasih catatan, petugas yang jujur akan mengamankan uang tersebut di meja. Kalau saya sih milih dibersihkan karena sekalian ganti handuk.

11. Room Service. Untuk pesan makanan yang dikirim ke kamar, biasanya porsinya besar, untuk dua orang. Jadi jangan pesan 2 kopi, karena porsinya satu ceret kecil, kecuali mau melek semaleman.

12. Kolam renang dan gym. Untuk gym, saya tidak pernah menggunakan, tapi kalau kolam renang wajib. Tak perlu membawa handuk putih dari kamar ya, sudah ada handuk warna warni di kolam renang. Jangan lupa mengembalikan handuk tersebut ke petugas kolam jika sudah selesai. Eh, tapi mending tanya dulu deh, karena ada hotel yang menjatah handuk kolam renang, cuma 2 per kamar.

13. Lounge dan restaurant. Kadang ada hotel yang memberikan compliment berupa 2 free drink di lounge atau restaurant. Lumayan kan? Kalau tidak ada free drink, tanyakan diskon untuk penghuni kamar. Biasanya ada.

14. Check out. Teleponlah resepsionis setengah jam sebelum check out supaya bill disiapkan dan jam berapa petugas harus datang ke kamar untuk membantu mengangkat barang-barang. Apalagi jika check out pas jam 12.00, pasti antri karena banyak yang mengepaskan jam batas check out. Bisa panik ya kalau misalnya mengejar pesawat.

Fiuuuh.... Apalagi yaaa? Ada yang ketinggalan di list? Semoga liburannya menyenangkan. :D

11 comments:

  1. Hehe...sungguh lengkap maak :)
    Aku juga termasuk orang yg suka dan sering sekali menginap di hotel. Dan menikmati fasilitas hotel dengan maksimal pastinya :D
    Untuk fasilitas sabun dkk pastinya aku bawa pulang. Aku paling suka itu. Sampe bejibun do rumah gak kepakai juga ujung2nya :) sampe suamiku ngomel2 menuh2in tempat doang :)
    apalagi kalo suka ada jamuan tea and coffeenya tuh. Aku suka banget ngambil2in. Padahal mah di rumah banyaak. Hihiii...

    Kalo butuh air panas utk minum, aku jg biasanya minta dengan housekeeping saat sampai di kamar. Itu free.

    Oya. Satu lagi mak tipsnya. Biasanya kan di hotel2 berbintang disediakan lemari yg ada hangernya. Krn aku termasuk org yg minim bawa baju, aku slalu bawa hanger sendiri sbg tambahan. Biasanya di hotel disediakan cuma 3 buah :)

    Oya. Bawa juga kabel roll ke kamar. Walaupun colokan banyak, tetep aja sih butuh (kalo aku) :)

    Sama yg terakhir bawa bantaaal. Aku slalu bawa bantal kesayangan kemana2. Krn di hotel cuma 2 bantalnya. Hihiiii...

    Selamat berlibur yaaaa mak.

    ReplyDelete
  2. saya tetep bawa colokan yang banyak itu. Walopun di kamar hotel udah tersedia bbrp, kadang gak cukup. Sekarang zaman gadget, semua butuh di charge :d

    tetep bawa peralatan mandi sendiri. Saya agak pilih2 sama shampoo. Walopun tetep aja kalau botol shampoo & sabun hotel lucu, pasti sy bawa pulang :D

    ReplyDelete
  3. Waaa informasinya keren :)
    Aku juga suka banget nginap di hotel, apalagi hotel mewah, apalagi kalo gratis :P Paling suka ngubek2 isi kamar, cek2 ini tombol apa itu tombol apa, lacinya isinya apa aja, kepo gitu deh hehehehe..
    Btw, setuju sama mba oline, aku juga biasanya suka bawa kabel terminal atau minimal si kaki tiga, terutama kalo pergi ramean dan bakal nginap sekamar ramean, biar ngecasnya bisa sekalian banyak :D Dan untuk si colokan ini, kalo liburannya ke luar negeri jangan lupa sesuaikan bawa colokan universal, krn di tiap negara kadang kan beda2 colokannya..

    Btw, di Indonesia udah ada kok mba hotel yang di kamarnya ada meja setrika, aku pernah nemu di Hilton Bandung.. :)

    ReplyDelete
  4. Hahaha.. ngakak nggak habis2 baca postingan ini.. suer, ini tips lengkap banget mbak lusiii terutama dibagian tombol lampu. Seringnya kalau tidur di hotel colokan selalu jadi kendala, susah nemuinnya hi hi..
    Wah kayaknya mbak Lusi ini sudah hapal bagaimana harus berbuat ketika pertama kali masuk hotel, harusnya sih memang bertanya ya mbak klo gak tau karena kita sudah bayar, tapi masalahnya malu duluan sih, kayaknya gimana gitu klo mau tanya, masak iya nyalakan lampu aja harus tanya dulu.

    ReplyDelete
  5. Sampai sekarang, saya gak pernah pake fasilitas kolam renang hotel, Mbak. Apakah boleh berenang pake pakaian komplit plus jilbab gitu?

    ReplyDelete
  6. Saya beberapa kali saja menginap di hotel... :) tapi tips ini membantu sekali Mak kalau nanti saya bakalan menginap dihotel lagi.. hehehe...
    Kalo alat mandi dan handuk saya bawa sendiri mak, soalnya shampo dan pasta gigi saya pilih2, tapi peralatan mandi dari hotel tetep saya bawa pulang buat oleh2 di rumah.. wkwkwkwk...
    Sama Mak, saya juga termasuk orang yg sering tanya dengan resepsionisnya... :)

    ReplyDelete
  7. Kalau aku dah lama mbak nggak nginep di hotel. Terakhir th 2010, sudah jarang ketemu momen pas untuk liburan sama anak anak. Tapi kalaupun nginap di hotel kami cuma numpang tidur doang, nggak ada acara berenang atau ke resto.
    O iya nambahin, kalau nginep di hotel bintang lima pasannya kamar standar asia jangan eropa, soalnya kalau eropa toiletnya cuma di sediakan tisue tanpa sower.

    ReplyDelete
  8. Wah lengkap sekali tipsnya mak. Aku juga suka bawa pulang pernik-pernik hotel, biasanya sih sandal hihihi. Bisa dipakai di dalam rumah :)))

    ReplyDelete
  9. wah... salam kenal mbak senama :) *jabat tangannya*
    ini bermanfaat bangets

    ReplyDelete
  10. mas pelit amat sih nggk bisa di copas

    ReplyDelete
  11. Amarossa Bogor Hotel ada meja setrikanya :), semua lengkap dsana. Yg tdk saya temui hanya mini Bar. Klo kulkas kecilny ada tpi kosong hehe

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.