Tuesday, January 14, 2014

Tips Mencari Info Pameran

Pengin ikut pameran tapi tidak tahu kemana harus mencari informasi? Jangan bingung. Yang penting tetapkan dulu pameran sekelas apa yang ingin diikuti. Apakah sekelas open house, komunitas atau nasional. Secara rinci tentang target pameran itu bisa dibaca di buku Berani Ikut Pameran yang sudah tersebar di toko-toko buku terdekat atau bisa dibeli secara online di Gramedia, Amazon dan Bukabuku.

Setelah menetapkan target, begini caranya:


1. Melalui teman atau komunitas. Ini sangat ampuh karena teman-teman sering tidak hanya membawa informasi penyelenggara tapi juga ajakan kerjasama, situasi terakhir lokasi, bahkan kemungkinan diskon sewa atau tambahan fasilitas.

2. Melalui spanduk dan pengumuman radio. Spanduk pameran di pinggir jalan dan pengumuman radio itu bukan berarti semua stan sudah dipesan, tapi hanya sebagai woro-woro bahwa sebuah pameran akan dilaksanakan. Jadi itu tidak hanya ditujukan ke calon pengunjung, tapi juga sponsor dan penyewa.

3. Membuat contact list penyelenggara atau EO. Di spanduk pameran selalu ada contact number EO. Simpan itu dan hubungi kapanpun kita siap untuk berpameran. EO yang berpengalaman biasanya punya kalender pameran tahunan. Minta saja. EO yang insidental tidak punya kalendar pameran tahunan tapi hubungi saja, kadang mereka punya event bagus. Untuk pameran nasional, biasanya EO punya website. Catat emailnya. Ingat, untuk pameran nasional persiapannya lama karena produk yang dibawa harus menutup seluruh biaya operasional. Daftarlah jauh-jauh bulan. Sebaliknya, jika sudah masuk contact list EO, kita malah akan dihubungi jika mereka mengadakan event.

4. Hubungi pengelola gedung atau mal. Mereka pasti punya jadwal pameran untuk beberapa bulan kedepan, baik yang dilakukan inhouse maupun dikoordinir oleh EO. Mintalah nama-nama penyelenggara atau EO beserta nomer kontaknya.

Nah, selamat berpameran! Semangaaat! :D

7 comments:

  1. Iya mbak aku butuh info2 pameran tapi yang sesuai kantong hikz..kadang suka telat kadang ada yang pas tapi g sesuai budget... -______- apa akunya yang pelit ya nyisihkan uang buat pameran takut g sesuai target? *lah malah curhat

    ReplyDelete
  2. kalau tidak ada groupnya juga ya mnbak info pameran atau bazaar

    ReplyDelete
  3. seru seru! saya mau praktekin :D hehehhe

    ReplyDelete
  4. Para wirausaha biasanya sll update nih informasi pameran2. Hehehe. Informasi lewat group memang lebih cepat ya, Mba. Di Banjar jarang bgt ada pameran. :)

    ReplyDelete
  5. follow aja akun twitter yang berhubungan sama event gitu mbak'e.. gue aja sering dapet info gitu dari jakarta event, gigsplay, dsb.. mulai dari pameran, workshop, dll

    :)

    ReplyDelete
  6. kalau saya boleh menambahkan, dengan mengikuti sosial media seperti akun twitter @jogjaupdate :)

    salam dari jogja mba :)

    ReplyDelete
  7. Menarik Mak postingannya :) , kadang saya sempat bingung jika mau mencari info pameran hehe.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.