Wednesday, March 05, 2014

didno76.com Gives Back

Note: pemenang hiburan.

Kalau kang Didno lihat di American Idol itu ada yang namanya Idols give back. Kurang lebih artinya, setelah sukses, berusaha memberikan manfaat kepada yang membutuhkan sebagai balas budi. Dilihat dari cerita kang Didno bahwa blog www.didno76.com berawal dari dedikasi kepada murid-murid kang Didno, ada baiknya jika ada kategori untuk menampung kreativitas, prestasi, profil, cita-cita dan sejenisnya dari para murid

Karena ini adalah blog yang bisa dibaca oleh siapa saja dari seluruh dunia, ada baiknya murid yang ditampilkan tidak hanya yang dikenal oleh kang Didno saja, melainkan murid manapun yang berprestasi. Sesekali, beri kesempatan salah satu dari mereka menjadi penulis tamu, misalnya sebulan sekali. Untuk nama kategori tersebut bisa Muda, Kreatif, Pelajar, Siswa dan sebagainya.
Supaya lebih interaktif, misalnya tiga bulan sekali, beri tugas pada sekelompok murid untuk membuat artikel Informasi dan Teknologi dengan tema yang sudah ditentukan kang Didno. Selain bisa belajar informasi dan teknologi, murid-murid akan belajar menulis dengan gaya populer tapi tetap memperhatikan kaidah tulisan yang benar, misalnya bertanggung jawab ketika menggunakan kutipan atau foto dari sebuah sumber.
Banyak sekolah yang memberikan nilai bagus pada tulisan murid berdasarkan kebenaran materi atau teori yang bersangkutan tanpa memperhatikan rasa bahasa agar tulisan tersebut enak dibaca. Jika tulisan murid-murid enak dibaca, mereka akan menjadi agen penyebaran ilmu informasi dan teknologi bagi teman-teman mereka sendiri. Ilmu yang disebarkan oleh teman sendiri akan lebih mudah diterima karena mereka bicara pada level yang sama.
Untuk kompensasi sih terserah kang Didno ya, kan hadiah lombanya banyak heheheee.... Tapi sebaiknya ditawarkan saja, tidak ada kompensasi, untuk mendidik murid-murid supaya gemar berbagi ilmu tanpa pamrih. Mungkin bisa diberi kejutan tiap tahun baru dengan memberi penghargaan kepada kontributor terbaik, entah karena paling banyak menulis, paling bagus tulisannya, atau paling banyak komentarnya. Penghargaan bisa berupa barang atau pemasangan banner foto murid tersebut di blog kang Didno.
Demikian masukan dari saya tentang "Kategori apa yang perlu ditambah di blog Didno76". Selamat Ulang Tahun Yang Ke-5. Semoga blog kang Didno makin bagus rank-nya, makin banyak prestasinya dan makin banyak manfaatnya. Aamiin.

2 comments:

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.