Sunday, March 02, 2014

Syair-syair Hening #ProjectTentangKita - Free download E-book

000

Rasanya seneng pengin kayang waktu Carra mencolek saya untuk memberitahu bahwa ebook yang dijanjikannya sudah rampung. Ebook ini adalah kompilasi flash fiction yang dipilihnya melalui #ProjectTentangKita. Carra adalah founder group FB Monday Flash Fiction dan saya ikut-ikutan disana karena ingin belajar menulis fiksi yang benar. Reputasi tulisan fiksi saya memang kurang jleb, pernah dua kali menang GA tapi dua-duanya bergenre komedi.

Carra sering membuat proyek, baik yang diselenggarakannya sendiri maupun bersama para admin. Salah satunya adalah #ProjectTentangKita. Benar, itu diambil dari lagu KLA Project. Bagi yang pernah atau masih tinggal di Jogja, ada semacam fanatisme terhadap lagu-lagu KLA. Proyek ini dimaksudkan untuk mengapresiasi lagu-lagu KLA, sekaligus memuaskan kegilaan Carra atas lagu-lagu KLA.

Peserta diminta memilih salah satu lagu KLA untuk dikembangkan menjadi flash fiction. Saya memilih lagu Anak Dara karena meskipun lagu ini adalah lagu cinta seorang laki-laki pada seorang gadis, saya menangkap ada sesuatu yang menyayat, yang harus saya ungkap. Maka jadilah kisah Dara dan Jaka.

Ebook ini diberi judul Syair-syair Hening yang juga merupakan judul karya Attar Arya. Pasti ada alasan khusus hingga Carra memilih FF Attar Arya sebagai judul. Bagi saya sendiri, tulisan Attar bagus, mengalir indah, lalu tak terasa membuat saya patah hati. Mengapa judulnya bukan Tentang Kita sesuai nama proyeknya? Ah, itu hak prerogatif Carra. Lagipula Katon, Adi dan Lilo tidak memberikan perhatian pada proyek ini meskipun sudah dicolek-colek. Hihihiii....

Lalu Carra meminta para penulis ebook ini untuk mereview jika ada kekurangan. Review apa ya? Ebook ini hasil kerja luar biasa karena penampakannya tidak beda dengan buku dari penerbit cetak, hanya beda media saja. Dimasa depan ebook akan mendominasi pasar bacaan dan saya sudah lama mengidamkan punya ebook yang serius penggarapannya, tidak sedekar pdf dikumpulkan.

Melihat nama-nama yang terdaftar sebagai penulis Syair-syair Hening, ada beberapa yang sudah sukses dengan novelnya. Pelajaran ini baru dimulai, akan saya timba sebanyak-banyaknya.

Thanks for the ebook, Carra. You're the best!
Cintaku sederhana saja... milik seorang perjaka, hijau, merekah ketika saatnya berbunga.... Manis sealun nada riangmu....


12 comments:

  1. Aaaakkk aku selamat ya Mbaaak. Aku udah sonlot, nih. Asik asik asik. :*

    ReplyDelete
  2. bacanya sambil dengerin si mbak Macy disebelah...#gagalfokus :)....langsung donlot ebooknya

    ReplyDelete
  3. Makasih reviewnya :lol:
    Masih banyak kekurangan, karena jujur, siwer banget ngurutin satu persatu.
    Masih punya PR satu lagi, yang cerpen. Smoga lebih sempurna.
    Meski entah kapan bisa dipublish X)))

    ReplyDelete
  4. Penasaran ah, donlottt. Pasti bagus, mff gituloh. :)

    ReplyDelete
  5. aku donlot ah malam ini, makasih mbak

    ReplyDelete
  6. Selamat ya, Mak lusi.

    Selamat juga ebooknya udeh rampung, mbak Carra. Ditunggu ebook proyek berikutnya ;)

    meluncur ke tekapeh donlot. ^^

    ReplyDelete
  7. aku udah donglotttt! kereenn.. :D

    ReplyDelete
  8. Ikut grup menulis memang banyak manfaatnya ya Jeng. Lambat laun pengetahuan kita bertambah dan urat menulis juga semakin lentur.
    Terima kasih ulasannya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  9. Aku mau download. Sukses ya.... n keren2 semuanya :)

    ReplyDelete
  10. Mbak saya sudah download novel ini. Sejak pertama diluncurkan di FB yang kemudian mampir di wallnya Mbak Unik, saya langsung sedot.. dan ketika baca daftar isinya gak nyangka disaa ada nama Mbak Lus juga. Selamat ya Mbak.. :)
    Eh, ngomong-ngomong kenapa ebooknya gak dicetak sekalian aja mbak?

    ReplyDelete
  11. Mak Uniek pasti ikutan nih ...
    secara dese ngefans byanget sama tiga lelaki yang sudah tidak muda itu ...
    (masih tuaan ente lagi Oooommm ...)

    Tapi idenya keren ini ...
    Semoga sukses bukunya

    Salam saya Mak

    (7/3 : 10)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.