Monday, April 14, 2014

Serba Serbi Beauty Blogger

Selama saya ngeblog beberapa tahun ini, saya hanya dua kali mendapatkan hadiah produk kecantikan dan selama itu pula saya belum pernah mendapatkan job review produk kecantikan. Heuheuheu.... Meskipun demikian, saya tetap ingin ngobrol tentang beauty blogger, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang ingin memulai menjadi blogger yang mengkhususkan diri membahas kecantikan. Untuk yang sudah pakar atau blognya sudah rame review produk kecantikan, yuk berbagi tipsnya di kolom komentar.

Banyak sekali lomba blog bertema kecantikan tapi saya lewatkan. Tidak seperti lomba blog lainnya, lomba blog bertema kecantikan memang memerlukan visualisasi berupa foto pengguna produk tersebut. Bukannya saya tidak percaya diri, melainkan karena saya bukanlah pengguna rutin produk kecantikan. Saya bahkan sudah lama sekali tidak ke salon atau mencoba berbagai produk kecantikan. Yang saya beli hanya ala kadarnya saja sehingga saya tidak paham sifat atau bagaimana sebuah produk kecantikan itu bekerja. Sebenarnya ada cara lain, yaitu merayu atau memaksa orang lain untuk dijadikan model di blog kita. Hahahaaa.... Atau bisa juga sih enggak pakai foto diri tapi menggunakan ilustrasi seperti buku Korea keren berjudul Fantastic Cosmetic ini. Namun demikian, cantik saja tidak cukup untuk menjadi beauty blogger karena yang utama justru dia harus stylish atau fashionable.

Merasa tidak cantik untuk menjadi beauty blogger? Wah, jangan seperti itu. Karena ukuran cantik orang itu beda-beda. Di dunia kecantikan, cantik itu lebih mengarah ke terawat dibandingkan putih atau mancung. Coba lihat foto Lupita Nyong'o peraih piala Oscar kategori pemeran pembantu wanita terbaik di film 12 Years of Slave ini.

Meskipun hitam legam, Lupita adalah wajah Lancome Paris terbaru dan akan segera menghiasi berbagai promo produk Lancome mendatang. Lancome yang identik dengan wajah Eropa saja berani mengontrak Lupita. Kira-kira kenapa ya? Tapi jika dilihat, Lupita memiliki senyum yang lepas dan kulit yang bersih. Jadi tak perlu ngotot punya wajah yang bening kan jika pengin jadi beauty blogger? Perempuan itu semua cantik, hanya saja ada yang auranya menyenangkan seperti Lupita, ada pula yang buthek karena kebanyakan jutek.

Artikel apa saja sih yang bisa ditampilkan di blog beauty blogger itu? Wah, banyak banget. Ini beberapa ide yang mungkin bisa diambil:

1. Perawatan kecantikan

Perawatan kecantikan adalah rubrik yang paling saya sukai di majalah. Yup, blog tidak harus berisi berbagai produk kecantikan tapi bisa juga diselingi dengan perawatannya. Perawatan juga tidak melulu muka, tapi bisa pula kulit dan rambut. Selain perawatan menggunakan produk yang ada di pasaran, perawatan secara tradisional atau alami akan menambah variasi dalam blog tersebut. Perawatan juga tidak hanya yang sifatnya perlu "me time" tapi bisa juga yang sehari-hari dilakukan misalnya apa yang harus dilakukan sebelum tidur.

2. Daily make-up

Daily make-up ini pasti digemari visitors. Coba cari-cari tips make-up kilat, untuk outdoor, untuk ke pasar, ke kantor, untuk dirumah dan sebagainya. Bisa juga make-up untuk warna baju tertentu. Waduuuh udah bisa bikin 50 postingan tuuu..... Heheheee.....

3. Special make-up

Ada acara khusus yang membuat kita perlu dandan tapi enggak pengin ke salon. Nah, bisa itu posting tentang make-up arisan, untuk ke pesta, untuk nge-date, untuk rapat komite sekolah dan sebagainya. Banyak kaaan.... :D

4. Salon review

Yang hobi makan seperti saya, biasanya membuat review tempat makan. Nah, yang hobi ke salon, ayo dong bikin review salon. Kan bisa tu ditulis tentang pelayanannya, alamat dan tarifnya, terus ditambah foto-foto. Tapi ingat, salon itu tempat privat, jangan sembarangan upload foto wajah orang, lebih baik di blur seperti yang saya lakukan.

5 Makanan penunjang

Kata pakar kecantikan sih, makanan atau minuman yang kita konsumsi berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan rambut. Coba deh buat artikel tentang hal itu.

6. Product review

Produk review ini juga akan digemari pembaca karena kadang kita pengin mencoba sesuatu tapi enggak mau jadi korban. Heheheee.... Maunya sudah ada testimoni dulu. Bisa menggunakan produk yang kita beli, dari hadiah lomba atau syukur-syukur dikirimi sample gratis dari produsennya. Kalau pengin sample gratis, coba kirim email ke brand yang terlihat sedang promo. Perkenalkan blog kalian dan tawarkan diri untuk mereviewnya.

Meski saya bukan pengguna banyak produk kecantikan, tapi saya sering juga jalan-jalan ke blog kecantikan. Saya suka blog yang pemiliknya ramah, tidak bergaya berlebihan dan blognya rapi (tidak terlalu rame dengan banner iklan). Soal bahasa, tidak masalah buat saya karena saya mengerti bahasa Inggris, meskipun saya heran juga kok banyak blog kecantikan berbahasa Inggris.

Nah, ada yang tertarik jadi beauty blogger?

21 comments:

  1. idenya boleh mak...tapi saya blm tertarik utk jd beauty blogger...msh br mak...blognya mau dibawa ke arah mn aja blm jls :D... pelan2 bljr :)

    ReplyDelete
  2. katanya sih kalo blognya berbahasa inggris biar dapet job review dari luar, mak. mungkin sebagai perkenalan aja kalo bloggernya fasih inggris. meski malah jadi aneh pas baca dicampur2 indo inggris. btw, tipsnya keren nih. sayangnya untuk muslimah jadi paling cuma foto sebelum pake produk dan hasil akhir yang dimunculin di blog ya. biar auratnya ga keliatan.

    ReplyDelete
  3. Keren dan menarik Mak ulasannya, singkat dan informatif :)

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka beauty blogger. Tapi cuma baca aja kalo butuh info baru. karena kyk mak lusi ga rutin pake produk kecantikan. Beli pelembab aja paling baru abis setelah berapa bulan, kalo pake bedak juga paling merknya ituu aja ga ganti-ganti. Hihihi
    tapi Lupita tu keren ya mak, pede dan stylish ^^

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka jenjalan ke blog kecantikan sekedar baca2. Tapi kalo bikin blognya ,kayaknya enggak dech. hehe, dandan juga cman pake bedak doang. :)

    ReplyDelete
  6. saya termasuk yang suka baca blog2 beauty blogger. Tp, untuk menjadi seorang beauty blogger rasanya enggak. Gak sanggup hehe

    ReplyDelete
  7. kayanya aku gak masuk ya mbak, kecuali kalau ada yang kasih sample produk baru aku review :)

    ReplyDelete
  8. Makk aku bukan beauty blogger sih hehehe. Cuma pernah iseng buat video tutorial make up dan aku upload di youtube. Ngga taunya viewnya udah seribuan lebih >.<. Beauty review dijamin lebih laku daripada tutorial blog wekekek. Jadi klo menurut aku agak cerah nih masa depan fashion, make up, dan kecantikan yang diambil buat tema blog ^^

    ReplyDelete
  9. Mau juga sih jadi beauty blogger..tapi sambil mikir luluran aja jarang hehe..kalo review produk boleh deh mak

    ReplyDelete
  10. heuheu kalau saya kayaknya gak bisa bikin beauty blogger walaupun ada kontesnya heheh (banci kontes)...bukan karena gak merasa cantik (dijitak pembaca ) tapi gak pernah dandan jadi bingung mau nulis apa

    ReplyDelete
  11. Dan makin banyak aja beauty blogger yang gabung KEB ^_^
    Aku juga suka baca-baca blog beauty blogger. Tapi pusiiing kalo fontnya beda-beda ukuran, banyak pernak-pernik dan iklan :D

    ReplyDelete
  12. Banyak yg bilang, cantik itu relatif. Tapi, kita gak bakal tau relatifnya org lain ya, Mak. Hahaha

    Welaah, belum berani nyubooo. Saya gak fesyenebel blas. Hahaha

    ReplyDelete
  13. Aku juga mlipir kalau lomba blog kecantikan mbak. Aku juga nggak punya angan2 jadi beauty blogger, nggak kuat modalnya ^^

    ReplyDelete
  14. Gara2 kerjaanku sering banget nyolek beauty blogger, aku sempet lho pengen jadi beauty blogger. Saking sering beli alat perang kecantikan yang sebenernya gak butuh butuh amat. hahaha ya itu deh, gara2 kebanyakan baca beauty blog. Jadi keracunan :D

    btw, tiap liat lupita, aku selalu merasa dia orang banyumas, lupita nyong x))

    ReplyDelete
  15. Bagaimana jika laki-laki mbak, bisa gak buat beauty blogger??? hehehehe

    ReplyDelete
  16. Kebetulan saya seorang cowok. Hehe.

    ReplyDelete
  17. Kalo co jadi beauty blogger pasti di pertanyakan kelakian nya hahahaha #kaburrr

    ReplyDelete
  18. dandan aja jarang.. gimana mau jd beauty blogger mak :D

    ReplyDelete
  19. lho maakk..perasaan tadi udah komen loh, kenapa tak muncul?
    Aku pengin juga loh jadi beauty blogger, tapi pantes gak ya ehehehe... nggak pernah dandan ini

    mau dong #GratisanLadaka1A

    ReplyDelete
  20. saatnya mikir untuk nyoba...boleh jg idenya mak ini..TFS

    ReplyDelete
  21. wuih jadi iri, pengen jadi beauty blogger *khayalan tingkat tinggi
    btw, aku Mau dong #GratisanLadaka1A -nya, hehehe :) boleh minta lagi kan nanti di minggu2 berikutnya :) asyikkk

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.