Tuesday, September 02, 2014

Nutritalk di 60 Tahun PT Sarihusada Generasi Mahardika

Bagi orang Jogja, SGM sudah melekat sebagai susu "milik" orang Jogja. Saking melekatnya, orang Jogja tidak pernah peduli apa sebenarnya kepanjangan dari SGM. Dalam gala dinner peringatan 60 Tahun Sarihusada Generasi Mahardika, Kanjeng Prabukusomo secara berkelakar mengatakan bahwa orang Jogja memlesetkan SGM menjadi Susu Gawean Muja Muju (susu buatan muja-muju). Muja-muju adalah lokasi pabrik lama. Sekarang pabrik SGM juga ada di Klaten, yang telah menjadi fasilitas utamanya. Lokasi di Muja Muju masih dipertahankan. Di acara inilah baru jelas kalau SGM itu singkatan dari Sarihusada Generasi Mahardika.
 Nadia Mulya menjadi moderator Prof Endang L Achadi dan Pinky Saptandari[/caption]


Pada peringatan ulang tahunnya ini, Sarihusada menaruh perhatian yang sangat tinggi pada masa 1000 hari pertama dalam kehidupan manusia. 1000 hari pertama kehidupan (HPK) itu adalah 270 hari dalam kandungan + 730 hari pasca kelahiran. Pada masa itu, penting sekali bagi orangtua untuk mengerti asupan makanan dan gizi terbaik bagi putra-putrinya. Pembentukan kesehatan fisik dan kecerdasan dimulai dari sana. Maka tak salah jika pondasi sebuah negara diletakkan pada 1000 hari pertama kehidupan manusia.

Kendala yang dihadapi dalam menanamkan kesadaran akan gizi yang cukup bagi 1000 HPK beragam di tiap kasus. Ada yang disebabkan oleh budaya makan yang kurang sehat, ada yang disebabkan oleh gaya hidup serba enak, bahkan tak sedikit pula yang tidak peduli. Kemiskinan tentu saja berpengaruh pada pola makan keluarga, tapi tak sedikit pula yang tidak peduli meski mampu.

Yang membuat saya terkejut karena barutau adalah bahwa dalam masa perkembangan janin, seorang ibu sesungguhnya tidak hanya mewariskan gen pada bayi dalam kandungannya, melainkan juga kepada calon cucu melalui tubuh si bayi ketika telah menjadi ibu kelak. Karena itu, ibu-ibu yang sedang hamil harus memiliki wawasan jauh kedepan untuk dua generasi setelahnya.

Para blogger kondang: mak Irul, mak Indah, Mak Ani, Neng Biker, Harrismaul. Dan tentusaja duo cantik Titi dan Bunga. Saya? Ya yang moto inilah. Silakan yang mau nyumbang tongsis. :D
Untuk bahan lengkap Nutritalk ini, kapan-kapan saya scan dan download ya. Sekarang belum sempat. Amati saja page DOWNLOAD saya. Heheheee....

Nutritalk hanya sebagian dari seluruh rangkaian peringatan 60 Tahun Sarihusada, namun saya dan mak Irul tidak mengikuti semuanya. Senang sekali blogger Jogja diberi kesempatan yang sama dengan wartawan untuk mengenal produk asli Jogja ini secara dekat. Dari Jogja ada mak Indah yang mengikuti seluruh acara bersama blogger kondang lain yaitu Harrismaul, Ani Berta dan Neng Biker.

Acara di Hyatt Regency Jogja berlangsung mengesankan, dipandu Nadia Mulya yang sangat cantik dan bertubuh luar biasa bagus. Padahal sudah ibu dari dua anak loh. Seperti biasa, saya salah kostum (lagi) di acara seperti ini. Sewaktu acara Nutritalk, saya terlalu rapi sehingga dikira tamu VIP dan bisa parkir di spot VIP. Heheheee.... Tapi waktu gala dinner jadinya nggak nyambung karena pakai sepatu kets dan masih menggunakan kostum siang karena enggak bawa ganti. Sementara yang lainnya dandan sesuai acara, cantik-cantik dan ganteng-ganteng. *tutup muka

Selamat ulang tahun Sarihusada. Semoga mampu memberi kontribusi yang selalu bertambah setiap tahunnya bagi Indonesia. Berkat bubur bayi SGM beras merah yang fenomenal lezatnya itulah mungkin saya jadi tumbuh terus, kesamping tapinya. Kok bisa? Sambil nyuapin nggak tahan menyuap diri sendiri jugak siiih.... :D

5 comments:

  1. Dih, udah bikin postingan aja ^_^
    Nyontek ah.

    ReplyDelete
  2. Waaah..., asyik ini acaranya. Seru sekaligus penting untuk nambah ilmu. Lain waktu bila ada acara seperti ini saya juga mau kok diajak (bila memenuhi persayaratan untuk jadi peserta maksudnya, hehe)

    ReplyDelete
  3. wah ada mbak ani jauh-jauh datang ya. Seru ya Jogja jadi banyak acara setelah mbak lusy n mbak indah disana :)

    ReplyDelete
  4. saya baru tau juga kalau ada gen untuk 2 generasi mendatang. Thx, infonya, Mak!

    ReplyDelete
  5. Baru tau ternyata singkatan susu SGM Indonesia banget ya, Sarihusada Generasi Mahardika. Artinya apa ya Mbak?

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.