Saturday, December 27, 2014

5 Blog Entrepreneur Favorit 2014

Sebagai pemilik usaha kecil, saya senang menimba ilmu pada siapapun. Buat saya bukan soal seberapa besar yang bisa saya serap dan praktekkan. Yang jelas, saya selalu memilih masukan-masukan yang positif dengan cara-cara yang elekyan (heheee). Orang bilang, bagaimana bisa sukses jika pemalu, gengsian? Padahal ada beda besar antara gengsian dan menahan diri. Seringkali jika terlalu membabi buta, disisi lain memang tampak merajalela, tapi disisi lain justru membuat orang kesal. Sedangkan masukan positif bukan berarti semua strateginya berhasil tapi juga yang bisa mengambil pelajaran dari kegagalannya.

Saya tahu, banyak teman yang usahanya jauh lebih berhasil dari saya tapi tidak sempat ngeblog karena kesibukannya dalam membesarkan usahanya tersebut dan mengurus keluarga. Karena itu, yang saya pilih ini tidak berdasarkan omset, karena saya juga tidak pernah bertanya, melainkan yang sering membagi kiat, pengalaman atau curhat tentang usahanya melalui blog.
1. www.diahdidi.com
Blog si cantik ini selalu menjadi pilihan saya, tapi biasanya karena resep-resepnya. Kali ini tetap berhubungan dengan resepnya tapi dengan tambahan nilai ekonomi. Blog Diah yang memiliki penggemar sangat banyak ini dimanfaatkan dengan baik oleh pemiliknya. Tak perlu hard selling atau menebar iklan dimana-mana, Diah cukup berpromosi lewat keahlian yang dimilikinya yaitu memasak. Diah memastikan bahan-bahan masakan yang dijualnya telah melalui uji coba didapurnya. Diah juga dengan murah hati membagikan ide untuk dibuat apa saja bahan-bahan tersebut.
2. www.catatanoline.blogspot.com
Dibandingkan teman-teman lain, mungkin cara kerja usaha Oline lebih mirip dengan usaha saya karena sama-sama di kerajinan meski beda jenis produk. Saya berharap mendapatkan banyak ilmu dari Oline karena Oline sangat sering hadir dan tampil di acara-acara entrepreneur di Jakarta, yang merupakan gudangnya entrepreneur terbaik di nusantara. Sayangnya, postingan tentang suka duka sebagai pemilik Aura Batik kurang banyak. Tak apa, ikut senang juga kok dengan postingan si kecil  menggemaskan yang mendominasi. Heheee....
3. www.shintaries.com
Sama halnya dengan blog Diah, blog Shinta juga selalu menjadi pilihan saya tapi kali ini pun dengan alasan yang berbeda. Jika dulu saya menyukai blog Shinta karena tutorialnya, sekarang Shinta agak jarang menuliskan tutorial ngeblog karena tampaknya punya kesibukan yang makin menggunung. Shinta juga tak perlu menebar iklan dimana-mana karena teman-teman sudah paham keahliannya mempercantik blog dan hal-hal teknis lainnya yang jarang dikuasai oleh blogger perempuan.
4. www.rahmiaziza.com
Entrepreneurship itu cakupannya luas. Buku juga merupakan produk yang harus diolah dengan teliti dari mulai development, production, promoting hingga selling. Rahmi adalah contoh yang mengerti benar soal itu. Dia tidak sekedar berjualan buku atau mencolek teman-teman untuk mengisi PO (purchase order). Senang melihatnya mengolah mak Irits menjadi tokoh yang tampak nyata karena Rahmi berhasil mendekatkannya dengan kehidupan sehari-hari kita. 
5. www.susindra.com
Blog Susi ini memang lebih banyak berisi tutorial membuat aksesoris perempuan. Meski Susi juga menjual produk tersebut tapi Susi tak merasa sayang membagi ilmunya. Nyatanya, pesanan yang mengalir tetap banyak. Susi juga memiliki usaha lain yaitu menjual meubel khas Jepara dan mempromosikan wisata Karimun Jawa. Saya berharap Susi mau berbagi lebih banyak lagi tentang kiat-kiat membagi energi untuk bermacam-macam usahanya tersebut.
Nah, teman-teman punya usaha dan rajin ngeblog? Blognya apa, saya ingin belajar dari situ. Terima kasih :))

33 comments:

  1. Dulu aku waktu usaha baju menyusui, aku rajin menulis blog ttg cerita dibalik sebuah pesanan baju customized mak, tapi semua postingan itu lenyap bersama tutupnya multiply, ga aku back up :). Aku nulis gado2 aja seperti sebelumnya, walau mungkin lebih ke parenting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mak dibikin lagi, insya Allah banyak manfaatnya untuk saya & teman-teman.

      Delete
  2. Branding mbak Rahmi memang nancep banget :D

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mak Lus. Memang kegiatan Aurabatik bukan disitu gudangnya. Tapi di blog yg lain. Dan masih dipersiapkan amunisinya untuk 2015 :) makasih masukannya juga *hugs

    ReplyDelete
  4. wow,kece2 banget ini 5 emak..mak diah didi ni keren banget,diuci coba dulu plus dipasarin lewat blog.kreatif bgtt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, kalau fokus di bidang keahlian kita insya Allah asik :)

      Delete
  5. nah ini jg 5 blog langganan bw saya mak :D

    ReplyDelete
  6. saya setuju dengan 5 blog entrepreneur ini. Mereka jualannya soft selling, tapi justru yang kayak gitu yang pas buat saya :)

    ReplyDelete
  7. 5 blog ini wajib dikunjungi... Support selalu

    ReplyDelete
  8. Surprise nama saya masuk. Terima kasih ya mak (terharuhuhuhu...) Padahal waktu ngeblog saya minim banget.meski begitu, saya usahakan memberi manfaat dan alhamdulillah diapresiasi dengan baik. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, saya ngerti waktu mak Susi terbatas, karenanya sy salut

      Delete
  9. Baru ketemu langsung dengan 2 blogger diatas

    ReplyDelete
  10. semua blog itu aku suka banget mbak, dan selalu aku kunjungi juga :)

    ReplyDelete
  11. diantara 5 blog di atas saya paling sering ke diahdidi, biasa emak2 cari inspirasi emmasak :)

    ReplyDelete
  12. 5 blog diatas emang kece-kece ya,inspiratif lagi :)

    ReplyDelete
  13. Dengan skill dan passion masing-masing, 5 blog keren diatas membranding diri mereka secara otomatis ya Mbak Lusi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, branding tidak perlu banyak rekayasa :)

      Delete
  14. Mak Lusii, tersanjung aku masuk ke siniiih. Dirimu rajin BW pantes bisa bikin postingan macam gini. Sukses juga buat maklus, :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheee.... Insya Allah sebagai bukti bahwa saya sering bw

      Delete
  15. blog jualanku bertahun-tahun gak update mbak, tapi ada aja yang beli :)

    ReplyDelete
  16. all the best buat para blogpreneurs..saya sudah pernah menjadi klien ladaka and so happy with it :)..aku bawa ke sini mba box jam tangan ungu ituuuu hehehe...sukses selalu yaaa

    ReplyDelete
  17. Woogh, 5 org yg disebut emang jagoan semuaa. Dan sepertinya mereka penganut paham semakin banyak memberi semakin banyak rejeki. Sdh merasakan kemurahan hati slh satu emak diatas

    ReplyDelete
  18. Mak Lusi,saya ngajar mata kuliah Entrepreneurship semester ini.Sayang baru buka tulisan ini,kalo udah buka dua bulan lalu akan saya pake buat diskusi dikelas.Insya Allah tahun depan bisa jadi materi diskusi;
    :-))

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.