Tuesday, December 23, 2014

5 Blog Writing Motivator Favorit 2014

Kendala utama seorang blogger adalah semangat menulis. Kalau ide tak ada tapi masih punya semangat, tetap bisa ngeblog. Paling-paling kontennya jadi tidak semenarik biasanya. Pembaca ikut merasakan kok kalau pemilik blog kehilangan ide. Yang biasanya renyah bisa tiba-tiba hambar, cuma berisi beberapa baris tulisan alakadarnya. Tapi jika punya ide tanpa semangat, udah pasti buka laptop-pun ogah.

Ada beberapa blog yang saya sukai karena dari blog-blog tersebut semangat untuk terus menulis terpompa. Memang, kebanyakan dari blogger yang sudah konsisten menulis bisa berkarya sebagai penulis buku atau penulis artikel cetak lainnya, meskipun banyak juga blogger yang tidak tertarik untuk merambah bidang lain.

Bagi saya, motivasi untuk menulis tidak harus saya berupa kiat-kiat. Apalagi orang yang sudah matang (Bukan tua, yak!) seperti saya, males rasanya mengikuti step by step kiat-kiat tersebut seperti anak sekolahan hahaaa.... Alhamdulillah, internet membantu saya mencari blog yang bisa menaikkan semangat menulis. 
Btw, banyak yang punya motivasi bagus tapi ngetwit, jarang ngeblog, tidak saya pilih. Ntar nggak sesuai judul dong. Dan sekali lagi pilihan saya adalah teman-teman saya sendiri yang sering saya blogwalkingi. Berikut blog-blog tersebut secara random. Maaf tidak bisa diklik, sedang maintainance. Copas and go saja ya. :D
1. www.leylahana.blogspot.com
Sebenarnya Leylahana jarang sekali memberikan kiat-kiat menulis di blognya. Kalaupun ada, mungkin saya belum membaca heheheee.... Tapi saya selalu termotivasi tiap sehabis blogwalking ke blognya. Lihat saya novelnya yang berjibun dan kemenangannya dalam lomba blog. Itu sudah lebih dari motivasi yang berupa kiat "10 cara jitu menghilangkan writing block" bagi saya.
2. www.redcarra.com
Carra mungkin sering memberikan kiat menulis tapi lebih banyak melalui twitter, bukan blog. Males ngeditnya ya, Ra? Jadi bukan itu yang membuat blog Carra istimewa. Carra menggunakan blognya untuk "memfasilitasi" teman-teman yang hobi menulis, baik melalui komunitas yang dibentuknya, atau melalui e-book yang dibuatnya. Tergantung kamu deh, mau nggak memanfaatkan blog Carra karena Carra sudah melemparkan kailnya.
3. www.indahnnuria.blogspot.com
Ini jelas bukan blog penulis maupun blogger profesional, tapi saya senang datang ke blognya untuk mendapatkan semangat. Karakternya pemilik blognya yang sangat humble, hangat dan ceria tercermin dalam postingan-postingannya, meskipun hanya sebuah foto. Bahkan dalam postingan tentang sakit yang dideritanyapun, Indah selalu menyampaikannya dari sisi yang penuh harapan. Keluar dari blog Indah selalu membuat saya tersenyum dan mendapatkan excitement untuk menulis hal-hal positif.
4. www.dewirieka.com
Saya sudah pernah bertemu dengan Dedew. Jika tak benar-benar mengenalnya, mungkin saya tak akan tahu kalau bukunya sudah best seller dan difilmkan. Dedew punya pembawaan yang low profile baik secara offline maupun online. Kalau diajak ngobrol, barulah keluar semua ilmu-ilmunya heheheee.... Membaca blognya yang sederhana selalu memberikan kesan dalam diri, "Tak apa menjadi biasa asalkan punya karya yang luar biasa."
5. www.bundayati.com
Wow udah dotcom aja ya blog bunda Yati ini. Bunda Yati menjadi semacam ikon didunia perbloggingan Indonesia karena mungkin beliau adalah yang paling senior. Tapi sebenarnya saya keberatan jika beliau "hanya" dilihat dari senioritasnya. Bacalah postingan beliau, maka teman-teman akan tahu kualitas beliau. Beliau adalah sosok yang cerdas dan tegas. Tulisan beliau mencerminkan pengetahuan beliau yang sangat luas. Saya sering malu sendiri jika membaca blog bunda Yati yang belajar ngeblog dan ngeblog di warnet hingga malam. Sementara saya yang tinggal buka laptop saja selalu punya beribu alasan untuk menunda.
Nah, teman-teman punya blog favorit yang bisa menjadi penyemangat. Pengin tahu dong. :D

33 comments:

  1. wah, tambah penasaran pengen tau aslinya Mbak Dewi Rieka..
    soalnya kalau di dunia maya kayaknya emang low profil ya orangnya :)

    ReplyDelete
  2. Blog-blog tersebut juga menginspirsi saya mak Lusi.. :) Bunda Yati masih semangat ...masa kita kagak... :D

    ReplyDelete
  3. Blog mereka punya karakter masing-masing yg bikin memotivasi itu ya Mak... Thanks for sharing...
    Kalau saya sih, blog ini juga termasuk yg keren en profesional kata saya mah. Jadi banyak belajar kalau berkunjung ke blognya Mak Lusi :D

    ReplyDelete
  4. setuju kalo yang dewirieka..hihihihihi dia low profile banget ...beruntung saya sudah mengenalnya dari sebelum dia bikin buku dodol nya :D

    ReplyDelete
  5. Baru sekali ketemu mba Dedew, sayang nggak sempat banyak ngobrol pas itu. Semoga next time bisa ngobrol seru :D

    ReplyDelete
  6. Novel AKD udah pernah sy baca. Ngekek rauwis-uwis.
    Mak Lus yg matang (hehe) jg keren kok, gak pelit ilmu juga. Makanya sy sering main ke sini.

    ReplyDelete
  7. Kayaknya yg nomer 4 harus segera saya kunjungi mak :D

    kalo yg laen saya sering mampir, tp jarang bgt ninggalin komen, saking speechless dan menginspirasi, yg bikin saya nggak bisa ngomong apa2 lagi dan mendadak lupa ngomen :D

    ReplyDelete
  8. semua bloger diatas, memang bagus2 :)

    ReplyDelete
  9. A.. aku merasa disentil -___-"
    Iya ya, aku banyak berkicau soal nulis di twitter, abisnya biasanya spontan. Lagi BW apa lagi baca buku, trus kepikiran apa gitu langsung deh berkicau. Aku merasa nggak semumpuni itu kalo disuruh nulis soal menulis :))))
    Masih suka salah :))
    trus dinyinyirin... heuheuheu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. *sentil Keep motivating, keep inspiring :))

      Delete
  10. Wah jadi kepingin mampir ke blog-blog tersebut, semoga mendapat inspirasi juga ;)
    Makasih sharingnya mak

    ReplyDelete
  11. beberapa sering aku datangi blognya, hihiiii Mak Lusi keren semua blog di atas. Mak Leyla yang menghasilkan novel, mak indah dengan semangatnya yang luar biasa, apapun keadaannya, Mak Carra yang ceria menyampaikan ide-idenya, Mak Dedew dengan novel yang difilmkan dan Bunda Yati yang super sekali.

    ReplyDelete
  12. Aduuh, jadi malu mak lusii *tutup muka..pengen ketemu lagii..semoga bermanfaat isi blogku ya teman2..kalau ikut acara workshop atau seminar sekarang dakuw jadi tukang nyatet, yang lain nunggu daku posting aja katanya *jitak..

    ReplyDelete
  13. Setuju ama mak Lusi ttg 5 blogger di atas. Kelimanya sangat menginspirasi. Kalo mak Dew krn udh sering ketemu, bisa lah aku ksh testimoni. Emang mak Dew low profile, suka kasih semangat agar kita rajin nulis dan ikut lomba *pengen buku mak Deeew ;)

    ReplyDelete
  14. yes setuju maneh ama blog2 motivator itu mbak...emak2 yg hebat yg masih bisa menulis dan mengatur semua urusan rumah tangganya :)

    ReplyDelete
  15. inspiratif kelima blogger ini. Mak Indah yang oaling bisa bikin saya semangat. Mak Dewi Rieka, jarang saya kunjungi blognya. Tapi, buku2nya saya punya semua. Komplit! Seru baca buku2nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua mampu memberi semangat dengan cara masing2 :))

      Delete
  16. Setujuu bangeet, terlebih mamaknya bo et obi itu. Hwoooh, auranya ceria teruusss

    ReplyDelete
  17. Kemarin ke gramed sempat lihat buku mbak dewi rika, tp belum beli he... Btw mbak lusi juga ok kok, sip deh pokoknya..

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.