Sunday, December 14, 2014

Kopdar KEB, KBJ, Plat M

Sebagai kota tujuan wisata, Jogja juga tak sepi dari kunjungan teman-teman blogger. Tiap weekend, ada saja yang calling minta ketemuan. Sudah tradisi blogger kalau berkunjung ke kota yang ada bloggernya  juga akan berusaha untuk kopdar. Tapi di Jogja sedikit berbeda sehubungan dengan predikatnya sebagai kota wisata tersebut. Jika para bloggers dari KEB (Kumpulan Emak Blogger) datang ke Jogja karena event KEB, saya akan menawarkan bantuan (minimal informasi) supaya tidak bingung. Syukur kalau ada waktu jadi bisa saya bantu antar jemput. 
Tapi jika bloggers datang ke Jogja untuk keperluan pribadi, misalnya event blogger lain atau urusan pekerjaan lain, apalagi liburan keluarga, saya memang saya memilih menunggu daripada menghubungi lebih dahulu, takutnya jadwalnya padat atau butuh privacy. Kalau saya menghubungi dulu nanti malah punya beban untuk meluangkan waktu, padahal mungkin ke Jogja adalah kesempatan yang langka baginya dan keluarganya.
Ceritanya mak Indah Juli mau tampil sebagai pembicara di workshop Passion Blogging. Selain banyak yang mau menimba ilmu, rupanya banyak juga teman yang mau datang ke Jogja. (Duh enaknya ngomong gimana ya, bukan fans atau groupies mak Indah sih. Teman yang mensupport gitu aja, ya. Eh, atau emang fans berat mak Indah?).
Waktu saya menjemput mak Indah, rupanya sudah ada rombongan blogger Madura plat M yang namanya tidak hapal. Serombongan gitu deh dengan tujuan mau piknik. Heheheee....
Workshop, seminar, apapun itu juga dijadikan kopdar colongan bagi blogger. Ya kaaan.... Bagi yang sekota dan sudah sering ketemu di acara seperti ini, bisa untuk meng-update perkembangan terkini. Tapi karena kali beda, yaitu dihadiri juga oleh makpon Mira Sahid, suasananya lebih semarak. Ada lo yang datang cuma mau foto doang dengan makpon. Nggak apa-apa deh, tapi lain kali beli juga ya tiket workshopnya supaya pundi-pundi berlian mak Indah bertambah. Hahahaaa.... Diantara yang hadir ada mak Ida, Phie, mak Nurul, Ardiba, mak Nunung, mak Ika, mak Lies.... aduh siapa lagi ya? Lupa. Hayuk, ngaku yang datang di JDV kemarin ya. Maafkan saya heboh sendiri keluar masuk ruangan karena ada beberapa urusan.
Di lokasi workshop di Jogja Digital Valley (JDV) menyusul Idah Ceris yang datang terlambat dari Banjarnegara karena jalan macet akibat sebagian longsor. Dan ternyata kemarin malah ada musibah longsor yang meratakan satu desa. Semoga Allah mengampuni dosa yang tewas dan melindungi yang selamat. Amin.
Malamnya datang juga rombongan emak-emak kece dari Jakarta, yaitu mak Fadlun, Dwina, Tanti, Ernawati dan Ikmar. Karenanya, kami memutuskan untuk melanjutkan kopdar di tempat lain yang lebih santai. Kalau ditunda, takutnya malah nggak bisa ketemuan karena besoknya sudah punya rencana masing-masing untuk piknik ke tempat-tempat wisata menarik di Jogja. Jadi... begitu turun dari kereta, rombongan cantik dari Jakarta ini langsung menyusul ke lesehan Petruk didepan kantor koran Kedaulatan Rakyat (KR).
Makpon, Phie, Idah dan saya datang lebih dulu ngetek tempat. Setelah kenyang, rombongan lain belum datang. Waduh, masa nambah lagi sih? Hihiii.... Beberapa saat kemudian datanglah mbak Indah dan rombongan plat M, rombongan Jakarta dan menyusul Rian, Tomi dkk dari Komunitas Blogger Jogja (KBJ)
Kopdar tak terencana begini malah seru. Hakikat blogger adalah networking dengan pertemanan sebagai yang utama. Menambah ilmu itu perlu tapi mempererat tali silaturahim lebih penting lagi. Aktivitas blogger memang didunia maya, tapi bertatap muka langsung mampu mengikis sekat-sekat perbedaan, termasuk perbedaan gaya ngeblog, perbedaan tujuan ngeblog, perbedaan komunitas, bahkan perbedaan usia (ish kenapa musti disebut yang terakhir inih). Ketulusan pertemanan bisa kita rasakan hanya dari memandang senyumnya saja, meski baru kenal, meski sudah kenal tapi lupa terus. Apalagi jika ditambah dengan pelukan dan cipika cipiki (khusus cewek eaaa....). Herannya, meski seperti mengasuh anak muda malam mingguan, kok tidak terdengar ada yang jadian ya? Belum kali, ya? :D
Images by makpon Mira Sahid. Thanks to makpon's tongsis. :D

27 comments:

  1. aiiiiih...paling kangeeeen memang dengan kopdar dan semua kehebohannyaaaa...seruuu yaa mak...tanpa terencana malah ramee ajaaa...salam kangen untuk semuaaaaa...

    ReplyDelete
  2. Ehmmm...lesehan gitu gak masuk angin Mbak? *mlipir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya iyalah, langsung waktu pulangnya hahahaaa

      Delete
  3. Seru banget yeee, aku blm perna kopdar sana sini nich, aku minder kak #plak ntar kalo aku ke jogja, sambut aku pake gelaran karpet merah + kalungan bunga yaaa #dilemparAndong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha groupiesmu itu tugasnya ngapain aja? :))

      Delete
  4. Ahhhhh kopdar selalu bikin ketagihan ya mak.pertemuan yg singkat tapi pasti berkesan.siap2 berkunjung ke yogyakarta lagi

    ReplyDelete
  5. Huhuhuuu....aku gak ikutan, pdhl pengen ketemu mak lusi 😊

    ReplyDelete
  6. kopdar yang seru ya, asik banget semua kumpul ya mak :)

    ReplyDelete
  7. Pengen ikut bngt kalau ada kopdar lagi di jakarta

    ReplyDelete
  8. duh duh ngiri kapan ya bis aikutan kopdar jauh ke luar kota.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jalan keluar kota jangan lupa colek2 teman2 :)

      Delete
  9. "....meski sudah kenal tapi lupa terus" hahahahaha aku banget ini maaaak, lupa-lupa inget, kalo pas ketemu baru "Naaaaaah ini kan!" =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seringnya nggak enak hati kalau tanya lagi kan ya mak? :)

      Delete
  10. Asiknyaaa yg kopdar ya...bisa narsis bareng, eh nimba ilmu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Narsis hihihii.... Nimba ilmu kita pisahin ajah biar happy

      Delete
  11. itu jawaban yg terakhir, blum atau diem2 kali mak hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, mungkin saja ya? Wah pasang radar :D

      Delete
  12. Lihat foto sambil lesehan diatas, saya jadi pengen ke Jogya lagi...
    Tempo hari waktu ke Ngayogjazz gak sempat saya main ke kota Yogya, dan tak sempat pula kopdar dengan mbak Lusi dan teman2 blogger Yogya lain...

    Salam,

    ReplyDelete
  13. wah, serunya bisa kopdar bareng2... jdi pngn ikutan kopdar sama temen2 blogger..hhihi :D

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.