Friday, January 30, 2015

Tips Membeli Kulkas Ramah Lingkungan Online

Membeli kulkas secara online? Untuk elektronika, belanja online sudah merambah ke peralatan yang secara fisik besar. Jika dahulu kebanyakan seputar gadget, lalu meluas ke televisi, maka sekarang kulkas juga mulai ditransaksikan secara online. Wah, pasti yang dipikirkan berapa ongkir untuk barang sebesar itu ya? Sebagai alat elektronika berfreon, kulkas masuk kedalam daftar peralatan rumah tangga yang harus diperhatikan spesifikasinya agar ramah lingkungan. Tambah ribet dong cara membelinya?
Kulkas memang perabotan sekunder yang dulunya tidak masuk ke prioritas tapi saat ini berada di urutan teratas. Meski tetap memerlukan energi untuk mengoperasikannya, jika kita mau berusaha, kulkas bisa membantu untuk mengirit banyak hal.
1. Hemat transportasi. Perilaku ramah lingkungan itu tidak hanya me-recycle sampah rumah tangga, tapi juga dengan melakukan penghematan pengeluaran transportasi, misalnya dengan belanja berkala seminggu sekali.
2. Mengawetkan bahan makanan dan makanan jadi. Kita bisa memasak seperlunya, tidak harus memasak semua bahan makanan yang tidak bisa dibeli dalam jumlah sedikit karena mengejar proses pembusukan. Begitu pula sisa makanan jadi, tak perlu kita konsumsi semuanya sekaligus karena takut mubazir.
3. Membantu gaya hidup sehat. Bahan makanan terbaik adalah yang masih segar dari petani. Tapi jika tidak memungkinan setiap hari belanja, bisa kita memperlambat penurunan kualitasnya dengan memasukkan kedalam kulkas.



Kulkas Ramah Lingkungan

Online shop yang baik akan memberikan foto dan spesifikasi kulkas yang jelas sehingga kita bisa memilih sesuai dengan budget, kebutuhan dan yang ramah lingkungan.
1. Bandingkan daya listrik antar merk. Jangan tergiur dengan kecilnya “watt”. Perhatikan konsumsi energi energi (kwh/tahun), inverter / non inverter dan refrigerant (GWP).
2. Pilih kulkas berukuran kecil dan satu pintu jika memungkinkan. Seringkali kita membeli bahan makanan dan minuman terlalu banyak sehingga kulkas sebesar apapun seolah tak pernah cukup. Makin besar kulkas dan makin banyak pintu akan memerlukan energi lebih banyak.
3. Pilih kulkas non-CFC (Chloro Fluoro Carbon) dan menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode). LED memang lebih mahal tapi lebih awet hingga bertahun-tahun dan menghemat energi hingga sepuluh kali lipat.



Tips Membeli Kulkas Online

Salah satu keuntungan membeli secara online yaitu kita punya banyak waktu untuk membandingkan harga dan spesifikasi tanpa terpengaruh bujuk rayu si mbak atau mas penjaga toko untuk segera deal. Karena itu:
1. Jangan malas klik spesifikasi setelah suka dengan fotonya.
2. Jangan malas membandingkan spesifikasi antar merk.
3. Pengelola online shop yang bukan dibawah brand tidak menyimpan semua kulkas itu. Wah seberapa besar gudangnya kalau disimpan sendiri? Mereka bekerjasama dengan brand. 
4. Jangan khawatir dengan biaya kirim. Meskipun tetap ada, jika tidak semua berarti sekian kilogram dikalikan sekian ribu rupiah. Jadi perhatikan siapa atau apa toko penjualnya. Penjualan kulkas yang bekerjasama dengan brand akan dikirim dari gudang brand yang terdekat dengan rumah kita. Bahkan jika satu kota seringkali malah free shipping alias gratis ongkir.
5. Lantaran online shop tidak memegang inventory, maka biasanya ada keterangan berapa hari kulkas tersebut akan sampai kerumah kita (jangan lupa pilih kota domisili), kadang bisa sampai seminggu. Tapi jika kita benar-benar suka, tak ada salahnya sabar menunggu, kan?

Saya juga sedang mencari-cari kulkas nih. Maklum barusaja pindahan jauh, nggak punya perabotan apa-apa. Doain tabungan saya cukup, ya. :D

19 comments:

  1. Kslo blanja online jangan males lihat spesifikadinya.sepele tp penting bgttt...mjsh tipsnya mak^^

    ReplyDelete
  2. Mak baru tau kalok jumlah pintu kulkas itu ngaruh sm pemakaian energi dari si kulkas. Ilmu nih ilmu. Makasih infonya ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tau waktu workshop Srikadi Hijau lalu :)

      Delete
  3. Semoga terwujud punya kulkas idaman keluarga ya mak ;) tengkyu juga atas tips blnja onlinenya

    ReplyDelete
  4. belum pernah nyoba online mak..pengennya bisa langsung liat, pegang, dan pilih...apalagi nyarinya yang warna ungu hehehe..plus ramah lingkungan juga pastinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak nyobain olshopnya amrik dong, trus critain ke aku :D

      Delete
  5. Kebetulan lagi mau nyari kulkas baru, yang lama sudah nggak bisa beku freezernya

    ReplyDelete
  6. Beli kulkas bisa online Mak?
    Makasih Mak tipsnya.

    Mak, btw rumahnya baru ga sih?
    Maaf baru bisa mampir.

    ReplyDelete
  7. oo baru tahu kalo diambilinnya di gudang dekat rumah. jadi bisa hemat ongkir ya, mak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya olshop di Jakarta. Kalau nggak gitu ntar ongkir sama dg harga kulkasnya :D

      Delete
  8. kulasku jadul masih satu pintu pula mbak, harus beli kayanya ya hehehe alasan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beli barengan dapat diskon nggak ya kita? :D

      Delete
  9. pengen main-main ke rmh barunya maklus nih di jokja ^_^

    ReplyDelete
  10. Yang ramah lingkungan itu memang sangatlah dibutuhkan untuk zaman sekarang ini. Ayo bantu kami mewujudkan indonesia yang lebih hijau dengan Greenpack.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.