Sunday, February 22, 2015

Kontes Menulis Bazaar Online, Pamerkan Bisnismu

Sudah pada tahu kan tentang Kontes Menulis Bazaar Online dengan tema Pamerkan Bisnismu? Yang utama dari punya usaha itu adalah promosi tak kenal lelah. Sekecil apapun usaha kita, misalnya membuat sendiri bros-bros rajut yang cuma sempat dikerjakan saat weekend, akan terasa menyenangkan jika kita juga bisa menikmati aktivitas promosinya. Atau belum punya usaha? Baru cita-cita? Penting banget membuat rencana promosi lo, meskipun baru dalam taraf konsep. Konsep yang tepat akan membuat usaha kita kelak berjalan lancar.

Sebuah produk itu menjadi berharga sangat dipengaruhi oleh bagaimana kita menghargai produk tersebut. Masih menggunakan contoh diatas. Misalnya kita berhasil menyelesaikan satu bros, lalu dengan berbagai teknik fotografi yang sekarang banyak di internet menggunakan kamera yang ada berusaha menyajikan bros tersebut secantik mungkin di media promosi kita, hasilnya akan lain antara yang sekedar memfoto dengan yang menikmati proses tersebut. 
Sebaliknya, meski memiliki pilihan produk yang sangat banyak tapi tidak bisa menikmati proses berpromosi tersebut, maka yang ada dalam diri kita hanya mengejar omzet saja. Tercapai atau tidak, jika seperti ini akan memforsir energi kita. Omzet mungkin tinggi tapi kita juga mengalami kelelahan fisik dan mental.
Begitu juga ketika menceritakan produk kita sendiri dalam bentuk review di blog akan beda antara yang benar-benar menikmati prosesnya dengan yang sekedar mau ngiklan. 
Di Kontes Menulis Bazaar Online ini, yuk kita rayakan nikmatnya proses berpromosi. Kita beri penghargaan pada produk usaha kita apapun jenisnya: buku, busana, aksesoris, toko kelontong, membuat kue, membuat lukisan, menjual sayuran, menjual akik, ticketing, les-lesan dan sebagainya. Belum punya usaha? Nah, bisa diceritakan usaha apa yang dicita-citakan. Miliki dulu mental pengusaha yang selalu cari ide lain jika ada hambatan. :)
Kontes tersebut diselenggarakan oleh Stilleto Book juga dalam rangkaian promosi buku Sukses Membangun Toko Online yang disusun oleh Carolina Ratri. Dalam buku tersebut, saya ikut menceritakan tentang pengalaman mengelola Ladaka Handicraft.
Selengkapnya tentang kontes atau lomba ini bisa dilihat di blog Carra. Klik aja banner dibawah ini ya. Yuk ikutan, deadline sebentar lagi loh.


23 comments:

  1. jadi pengin ikutan nih...tp belum punya bisnis...;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah bukannya banyak nulis tips bisnis ya mak? Hayo emak semangat dipraktekin :)

      Delete
  2. Pengen ikutan... Tapi berhubung belum berbisnis, perlu muter otak dulu sambil semedi kayaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ayo cari ide. Tak kirimin doa n semangat :)

      Delete
  3. pengen ikuut...
    semoga masih keburu nih :)

    ReplyDelete
  4. bisnisku online tapi mau gak mau yang jualnya mbak :)

    ReplyDelete
  5. Pengen ikut juga, belum ngedraft nih..

    ReplyDelete
  6. aku jalanin bisnis online tapi MLM mak :)

    ReplyDelete
  7. Aku malah ngga punya bisnis sekarang :P

    ReplyDelete
  8. wiii hadiahnya kereen, DL nya bentar lagiii, cari ide duluu

    ReplyDelete
  9. Promosi online perlu dilakukan untuk meningkatkan usahamu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah? Perlu? Wajib dong :)

      Delete
    2. Iya perlu aja mbak, yang wajib itu sholat lima waktu... Hehehe

      Delete
  10. jadi pengeeen punya usaha online maaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mak tapi jangan wastranya eman2. Eh gpp ding utk produk couture.

      Delete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.