Mengintip Jantung Sebuah Ponsel, Snapdragon 801

Wednesday, March 04, 2015

Pengin mengintip jantung sebuah ponsel seperti Snapdragon 801? Saya sering penasaran, apa sih yang bisa menghidupkan sebuah ponsel sehingga bisa untuk telepon, whatsapp, browsing, ngetwit, facebook-an dan sebagainya. Ponsel adalah salah satu penemuan paling spektakular manusia. Sebuah benda sekecil satu genggaman mampu membuat manusia berkomunikasi jarak jauh dengan berbagai cara.

Ketika membeli ponsel, terutama untuk perempuan, seringkali pertimbangan utama kita adalah merk ponsel yang terpercaya, diikuti dengan tampilan, baru kemudian fiturnya. Ada yang selalu tertinggal untuk ditanyakan kepada penjual atau di-googling, yaitu tentang prosesornya. Padahal jika membeli laptop kita selalu memberi perhatian khusus pada prosesornya, seharusnya demikian juga ketika kita membeli ponsel.

Tugas Prosesor Chipset Snapdragon
Tugas prosesor dalam sebuah ponsel adalah untuk mengendalikan jalannya sistem yang dirancang untuk ponsel tersebut. Coba teman-teman perhatikan spesifikasi ponsel merk apapun yang sekarang dimiliki. Qualcomm Chipset Snapdragon adalah merk prosesor yang banyak ditemui di ponsel-ponsel terbaik dengan merk-merk terkenal.  


Qualcomm Chipset Snapdragon terbaru yaitu Snapdragon 801 mampu membuat akses antar aplikasi di ponsel kita berjalan mulus dan berkecepatan tinggi. Jika teman-teman melihat banyak iklan tentang 4G LTE, itu adalah kecepatan koneksi yang 10x lebih baik dari 3G.  Teknologi 4G LTE sedang gencar dikembangkan dan disempurnakan oleh provider-provider ponsel terkemuka. Untuk mengimbanginya, teknologi ponsel juga terus dikembangkan melalui kemajuan prosesornya.
Snapdragon 801 telah dilengkapi dengan sistem all-in-one yang sangat powerful di jaringan 4G LTE. Wah, bisa menjadi andalan untuk mengunduh video nih. Prosesor in bisa menampung 4K video, loh. Ponsel dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 juga memanjakan para penikmat video dan musik dengan suara berkualitas bioskop. Yang hobi selfie pasti makin senang foto karena ponsel yang menggunakan prosesor Snapdragon 801 menyediakan lebih banyak pixel, autofocus lebih cepat dan menghasilkan foto yang tetap bagus meski dalam cahaya rendah.

Snapdragon 801 Didalam Ponsel OPPO N3

Tahun 2014 yang baru lalu boleh dibilang tahunnya ponsel OPPO. Gerai OPPO mendominasi pusat-pusat penjualan ponsel di seluruh Indonesia. Fitur-fitur OPPO yang menjadi daya tarik utama ponsel ini didukung oleh Chipset Snapdragon dari Qualcomm.


Produk terbarunya, OPPO N3 menggunakan prosesor Snapdragon 801 yang akan membuat OPPO N3 memiliki koneksi tercepat, kinerja terbaik, daya tahan baterai terbaik, dan terbaru dalam multimedia dan kamera fitur.
Bagi pemilik usaha online dan blogger seperti saya, ponsel yang memiliki koneksi cepat, tahan lama dan memiliki fitur multimedia yang lengkap lebih utama dari sekedar penampilan. Saya benar-benar mengejar fungsi karena membuat reportase maupun advetorial itu sangat menyita waktu. Kadang saya harus merespon pembeli sambil mobile seharian karena mengikuti sebuah event blogger. Selama event pun saya aktif tweeting dan upload foto-foto untuk memberikan informasi jalannya acara. Ponsel saya haruslah ponsel yang bisa bekerja keras bersama saya dan memiliki fitur-fitur multimedia yang memudahkan kegiatan saya.

Teliti Prosesormu

Selain karena fungsinya, ponsel juga menjelma menjadi gaya hidup. Tiap ada merk ponsel keluaran terbaru, banyak yang memutuskan membeli ponsel baru agar tidak ketinggalan jaman. Mengikuti perkembangan model ponsel tak ada salahnya karena prioritas kebutuhan manusia satu dengan lainnya tidak sama. Namun, jadilah konsumen cerdas agar tidak terkaburkan oleh besarnya event promo. Telitilah yang tidak terlihat, yaitu prosesornya!
Sangat mudah untuk mengetahui prosesor ponsel yang akan kita beli. Bisa ditanyakan ke salesperson gerai ponsel. Jika banyak istilah yang sulit ditangkap, mintalah brosur untuk dibaca lagi lebih teliti dirumah. Cara termudahnya adalah dengan googling di internet.

You Might Also Like

54 comments

  1. Bagian dalam hp ini yang penting ya mak lus. Tampilan hp keren tapi lemot sama saja, mesti cari yg prosesornya mendukung banget seperti snapdragon ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru ngeh sekarang stlh bolak balik punya hp tewas mulu hahaaa

      Delete
  2. Betul banget mak, saya juga tidak pernah menyinggung prosesor kalau pas beli HP. Padahal itu penting :(

    ReplyDelete
  3. Info baru ini Mak. Iya, kalo beli lepi selalu yg dilihat prosesor dulu ya. Ternyata hp juga perlu dicek ya. Makasih pencerahannya Mak Lusi :)

    ReplyDelete
  4. Itu yg pertama kali jadi perhatian waktu memilih2 hp. Waktu harus ganti hp, suami dibuat pusing menemani saya ke sana kemari demi mendapat hp termurah dg spec processor & ram tertinggi hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lha ini emak keren ngerti ram segala :D

      Delete
  5. Iya Mak ... para provider akan segera beralih ke teknologi 4G LTE itu, sementara HP saya belum mendukung -_-

    ReplyDelete
  6. Klo saya beli hp selama ini.., liat fitur2nya...
    Harganya pantas, sesuai kantong...
    Yo wisszzx...
    Selama ini gak pernah mimir ttg proceddornya.. :D
    Tks buat masukannya mak Lusi..

    ReplyDelete
  7. Ilmu baru, biasanya beli karena pilihan suami. Jadi, nggak pernah mikirin dalemnya, yg penting bisa telpon, sms, dan internetan :D

    ReplyDelete
  8. dulu aku mikire yang penting hapenya bisa selfiean apik mba...baru tau kudu merhatiin speknya juga

    Itu hapenya banyak amaaaatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggo browsing juga nooo... Bloher gitu loh :))

      Delete
  9. makasih mak Lusi, berarti harus lihat [processornya dulu ya sebelum membeli...makasih lagi udah mengingatkan :)

    ReplyDelete
  10. Saya kalau beli barang nggak sampai meneliti sedetil itu je.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  11. aihhh saya ndak pernah sedetail ini kalo beli HP, kalo tampilan OK ya, cukup haha. pengetahuan baru buat saya ini.

    salam kenal, Mak. kunjungan perdana :D

    ReplyDelete
  12. Penasaran juga dengan Oppo, mungkin next kalo butuh smartphone beli yang ini yang prosesornya snapdragon :)

    ReplyDelete
  13. Nyimak...kok sma ya saya juga gak terlalu melihat procesor HP..yg penting bisa dipakai untuk kebutuhan..ternyata penting juga yaa

    ReplyDelete
  14. Dari dulu emang udah ngincer chipset snapdragon, sayangnya modalnya belom full dapat. Infonya ini menarik deh mak :)

    ReplyDelete
  15. Kalau beli handphone saya ga pernah melihat detail, yang utama ya yang sesuai kantong. Kalo ada yang diinginkan paling nabung nunggu sampai duitnya ngumpul...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tabungannya berlimpah :))

      Delete
    2. Amin ya rabbal alamin. Kabulkan doa baik ya Allah

      Delete
  16. infonya menarik mbak...ponselku yang sekarang apik tapi cepat panas huhuhu

    ReplyDelete
  17. Kalau saya beli hp asal aja yang penting bisa nelpon dan sms. Sengaja menghindari perkembangan gadged sih, soalnya saya perhatikan orang yang punya hp modern sekelas android lebih sibuk mlototin hp nya dari pada ngobrol sama temannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emmm, sms-an cuma sama ortu sih. Sama orang lain dah pake WA atau BB lebih murah krn teman saya banyak :D

      Delete
  18. aku masi pake hape jadul, pengen ganti nih

    ReplyDelete
  19. Waduh aku gak pernah perhatiin processor HP ku, hehehe. Mungkin next time aku akan lebih cari tau ;)

    ReplyDelete
  20. Sejalan sama perkembangannya, para konsumen kini udah mulai ngelirik jumlah Ram pada hp yg bakal di belinya :)
    Selain fitur kamera berolusi gede sama os terbaru

    ReplyDelete
  21. Hahah.. Aku malah fokus ke jumlah handphonenya, Mbak :D

    ReplyDelete
  22. aku suka ngg perhatian nih sama prosesor, udah percaya aja ama brand kesayangan hehehe...tapi yang ini mantaap nih mak :)

    ReplyDelete
  23. Aku sih gak ngerti prosessor mak, tapi OPPO N3 kamera nya bisa di putar putar, keren. Untuk merk handphone, saya lebih suka  karena lebih mudah pengaplikasiannya dibanding android ataupun windows

    ReplyDelete
  24. Kalo say, urusan yg detail serahkan ke suami.
    Jd tau snapdragon, kirain istilah apa gitu ternyata soal HP :)

    ReplyDelete
  25. Karena saya orangnya gaptek habis#tutupmuka dulu, kalo mo beli hp selalu ngajak suami. soalnya dia yang ngerti yang beginian. saya ngertinya tinggal pake aja. uenaknya ngajak suami belanja hp adalah selain pasti dapat rekomen yg bagus, kalo uangnya kurang kan tinggal colek-colek dia aja wkwkw...

    ReplyDelete
  26. Karena saya orangnya gaptek#tutupmukadulu, kalo beli hp selalu mengajak suami. soalnya yang kayak beginian, suami yang lebih paham. saya cuma paham make doang. uenaknya lagi ngajak suami belanja adalah selain dapat rekomen bagus, kalo uangnya kurang kan tinggal colek-colek aja wkwkwk..........

    ReplyDelete
  27. Bener bangeeet. Selama ini kalau beli ponsel gak pernah kepikiran atau nanyain prosesornya. Beda kalau hunting laptop, prosesor malah nomor satu yang dilihat. Jadi, mulai sekaang mesti nyari tau juga, ya, prosesor yang dipakai ponsel yang mau dibeli. Oke, dicatat, nih, ilmu barunya ^_^

    ReplyDelete
  28. Sejak semakin banyak pengembang yang mengembangkan OS yang mendukung processor berarsitektur ARM pilihan kita sebagai konsumen menjadi semakin banyak ya...

    ReplyDelete
  29. Ya ampun, klo emak2 seperti aq yang utama emang fitur yakk, tp sekarang jadi tau deh yang terpenting prosessor ;)

    ReplyDelete
  30. Oohh, baiklah...sekarang kita harus cerdas milih smartphone ya, secara selama ini mikirnya fitur doank :P

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.