Monday, April 27, 2015

Tips Anti Ngantuk Pengemudi

Tips anti ngantuk pengemudi ini sebenarnya tidak perlu kalau manusia tidak ngeyel berkegiatan karena obat ngantuk itu ya cuma tidur.

Tapi ya sudahlah, kita maklumi saja kemanusiaan kita untuk nambah postingan di blog ini. Heheee.... Cara orang mengatasi ngantuk ketika mengemudikan kendaraan itu beda-beda dan kadang absurd. Jadi ini cuma saran atau alternatif yagn sering saya gunakan. Jika teman-teman punya kebiasaan lain, di share di kolom komentar yuk.
tips anti ngantuk pengemudi


  1. TIDUR. Yup, usahakan untuk tidur. Meski di mobil sudah ada penumpang lain, cuek saja permisi tidur barang 5-10 menit, toh untuk keselamatan bersama. Jika sendirian, pastikan di lingkungan yang aman, misalnya dekat toko yang ramai, di halaman kantor atau parkiran berbayar yang diawasi. Pastikan juga seluruh pintu terkunci. Untuk mobil baru mungkin cukup aman membiarkan mesin hidup agar tetap bisa menggunakan AC, tapi sebaiknya dimatikan saja untuk menghindari keracunan gas. Buka sedikit jendela agar tidak pengap tapi tetap aman. Nah yang naik sepeda motor ini jangan salah ya, nggak apa-apa tidur sebentar. Saya pernah lo lihat seorang ibu yang duduk dirumput menunggui suaminya yang tidur di sebelahnya. Sebaiknya sih nebeng di tempat aman, misalnya teras musholla pom bensin atau teras mesjid.
  2. NGOPI. Kopi dipercayai membuat mata kita "byar" jelas kembali. Tapi kalau jatahnya ngantuk, saya tetap ngantuk juga meski sudah ngopi. Kopi yang paling bikin "byar" itu yang diseduh dengan air mendidih. Makanya kalau terburu-buru, saya bawa saja gelasnya. Ngopi paling nikmat itu jika menggunakan gelas atau cangkir. Jadi sebenarnya sayang sekali membeli kopi puluhan ribu rupiah di cafe tapi naruhnya di cup kertas yang anti panas itu. Jangan gunakan gelas yang mengharuskan membuka penutup, bisa tumpah ke paha kalau dalam kondisi tidak tenang sambil mengemudi. Ada resto cepat saji yang memberi sedotan di cup kopi panas tertutup, yang sampai sekarang saya gagal paham. Bayangin nyedot kopi panas, apa nggak kelojotan lidahnya?
  3. NYANYI. Nyanyi ya, bukan dengerin musik aja. Kalau cuma ndengerin bisa bablas juga dengar lagu slow. Kalau malu dengan suara sendiri meskipun tidak ada orang lain, bolehlah ndengerin musik kenceng tapi sambil manggut-manggut dong atau gerak gimana gitu. Kamu bukan patung, kan? Heheee....
  4. NGUNYAH PERMEN. Sekarang ada macam-macam permen, nggak harus kopi, yang disukain aja. Kalau mengemudikan mobil, sediakan permen yang tanpa bungkus. Ngunyah permen itu mungkin bisa ngurangi ngantuk bukan karena permennya yang ada zat anti ngantuknya, tapi untuk kegiatan aja sih karena kondisi monoton nyetir itu bikin ngantuk. Kalau naik sepeda motor, berhenti dulu, lempar permen ke mulut, baru jalan lagi.
  5. NGOBROL. Ini kalau ada teman atau penumpangnya tentu saja. Kalau lagi pedekate, kesempatan nih nyari tau sebanyak-banyaknya tentang gebetan ini. Tapi jangan kayak wartawan interogasi koruptor ya.

Nah, mana tips teman-teman? Jangan sekali-sekali ngintip socmed kalau bosen di jalan. Kalau mau ngintip mlipir dulu, ya. Begitu titipan pesan dari pak polisi.

16 comments:

  1. Lebih suka disupirin, Mah. Tapi tetep ya, mesti nemenin supirnya spy kl ngantuk gak kebablasan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu kebanyakan navigatornya malah gadgetan, trus zzzzz :))

      Delete
  2. yang paling ampuh itu tidur dulu kayanya ya mak. sekitar 10-15 menit juga udah bikin seger lagi biasanya.

    ReplyDelete
  3. ngopi, sama nyanyi coret buat aku mbak . Gak suka kopi dak bisa nyanyi wong ngomong aja fals :) Ngintip sosmed bahaya ya mbak kalau di jalan

    ReplyDelete
  4. ngobrol atau tidur sebentar hihihi..pelor pisan...

    ReplyDelete
  5. Aku kalo ngantuk nyetir, cukup minum kratingdaeng trus bakal melek cetarrrrr

    ReplyDelete
  6. aku malah sering bertugas ajak ngobrol suami biar ga ngantuk pas lg nyetir. padahal diri sendiri udah ngantuk banget pengen bobo ^_^

    ReplyDelete
  7. Itu kopi sama gelasnya di simpan di mobil apa ga takut tumpah kalau nanti ada polisi tidur mba? hehehe

    ReplyDelete
  8. tips mengemudi untuk wanita dong mak (pengen bisa nyetir) hiks

    ReplyDelete
  9. suamiku kalo pas nyetir dan ngantuk cuma satu mbak mbak obatnya, tidur bentar.... biasanya melipir ke pom bensin terdekat :)

    ReplyDelete
  10. Aku pernahblihat pak sopir travel makan jeruk kecut mbak..langsung melek..saking kecutnya

    ReplyDelete
  11. ngopi is the best way~
    kalau nyanyi justru saya rada2 ngantuk bawaannya :")

    ReplyDelete
  12. saya tugasnya ngajak ngobrol sama nyuapin camilan kalo pak sopirku lagi laper mak hehe

    ReplyDelete
  13. Wow payungnya dan botol permennya hijau.. #salahFokus..

    Ada tips anti ngantuk dari Om saya, mbak... cabutin bulu idung.. ahahaha...

    ReplyDelete
  14. kalo aku ngopi mak...tapi sejauh ini yg nyupir sih suamiku...jadinya aku cuma nemenin si do'i ngobrol tok biar do'i nggak ngantuk :)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.