Monday, April 06, 2015

[WAHM] Pusat Jual Beli Snack Jogja

Ini mau ngomongin pusat jual beli snack di Jogja ya, bukan oleh-oleh. Heheheee.... Itu tuh, yang buat acara-acara seminar di kantor atau arisan RT RW. Soalnya kalau ngomongin makanan di Jogja mesti mengarahnya ke kuliner atau oleh-oleh. 
Ini saya angkat karena bisa banget buat ide usaha ibu-ibu yang ingin berpenghasilan tanpa meninggalkan anak-anak. Apalagi tiap hari banyak sekali ibu-ibu yang upload foto makanan di semua media sosial. Ada yang lalu sukses menerima pesanan seperti teman saya, ada yang sukses mengelola website tentang makanan, ada yang sekedar hobi memasak atau food photography. 
pusat jual beli snack jogja
Snack yang diborong jasa catering dari pusat jual beli snack.
Suatu pagi, kira-kira jam 06.00, saya lewat Jl. Magelang Jogja dari arah utara. Mendekati Borobudur Plaza ada keramaian di sepanjang trotoar yang saya kira adalah pasar tumpah atau setidaknya parkiran pasar yang letaknya didalam gang. Setelah saya pelototi, ternyata bukan, saudari-saudari. Itu adalah pusat jual beli snack. Jenis snack yang diperjual-belikan seperti yang biasa kita hidangkan di kantor dan rumah, seperti lemper, tahu isi, kacang telor, puding, bolu kukus, roti isi dan sebagainya.
Selain yang bertransaksi di emperan, ada pula beberapa toko snack yang berjejer disitu. Beda dengan yang emperan, toko snack buka bersamaan dengan pedagang emperan sampai sore. Untuk yang emperan, paling-paling jam 08.00 sudah bubar karena gantian buka dengan toko-toko lain yang berada di sepanjang emperan tersebut. Transaksi dilakukan sangat pagi kemungkinan untuk disebar ke toko-toko atau warung-warung snack di daerah lain.

Kira-kira peluang yang bisa kita ambil adalah (maap belum dipraktekin :))

1. Menjual atau menitipjualkan snack buatan kita

Ibu-ibu yang pandai membuat kue bisa menjual langsung atau menitipjualkan snack buatannya. Perlu diingat pasar snack seperti ini punya range harga rendah dengan marjin kecil. Jadi harus tahu kisaran harga snack ditempat itu dan pikirkan jenis snack yang mudah laku dalam jumlah banyak. Mungkin bisa di tes dalam jumlah terbatas beberapa jenis snack sekaligus, lalu pilih beberapa yang memiliki prospek paling baik. Untuk mengejar volume, hendaknya tidak menjual di satu tempat saja. Sekarang banyak orang berjualan jajan pasar di kanan atau kiri jalan besar. Biasanya mereka hanya bermodalkan tempat, sedangkan snack yang dijual berasal dari setoran para pembuat kue.
pusat jual beli snack jogja
Pusat jual beli snack Jojga, Jl Magelang, jam 06.00

2. Membeli / kulakan snack

Ini dilakukan oleh jasa catering langganan saya. Dia sering mendapat pesanan untuk pesta pernikahan, acara-acara kantor atau arisan dirumah. Berhubung tenaganya terbatas, dia hanya membuat sendiri makanan utama dan minuman, baik dalam bentuk dos, tumpeng maupun prasmanan. Sedangkan semua snack memborong di pusat jual beli snack ini, lalu ditata di dos atau tampah. Jadi, punya usaha catering nggak harus semua dikerjain sendiri kok.

3. Menjadi perantara

Padagang yang berjualan di emperan kebanyakan menjual snack dalam bentuk borongan. Mereka membawa kotak-kotak plastik besar yang isinya segera habis dalam waktu singkat. Kita bisa membeli snack tersebut untuk dijual kembali. Berhubung sudah tangan kedua, maka untuk mempertahankan marjin, jualah atau titipkanlah di tempat yang lebih terbatas, dimana orang tidak leluasa untuk keluar dan jajan, misalnya kantin sekolah, kantin gedung perkantoran, ditaruh di meja restoran, dan sebagainya.

Demikian sekilas info untuk work at home mom. Ada inspirasi dari sini?

38 comments:

  1. Di Denpasar juga banyak jasa seperti ini mak. Jadi ada seseorang yang memang menyediakan tempat jualan. Lalu para pembuatan kue seperti lemper, risoles, bubur sumsum sampai lauk pauk menitipkan dagangannya ke tempat tersebut. Dan ia akan kembali lg mengambil uang serta sisa kuenya di siang hari disaat penyedia tempat itu akan tutup. Memang ramai bgt mak, bisa jadi inspirasi bwt ibu2 yang kesulitan mencari pekerjaan seperti kata mak Lusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi sebenarnya kan gak butuh modal tempat kalau nggak punya ya, juga nggak perlu modal masak kalau nggak bisa. Dikolaborasikan saja.

      Delete
  2. habis baca ini jadi inget,dulu waktu SD ibuku bikin lumpia sama sambel pecel,aku yang ngiderin ke warung2 deket rumah. Pulang sekolah ambil kotak lumpia,kalau sisa,aku makan di jalan hahaha. Penjual snack bener2 membantu,kalau mau ada acara dirumah atau kalau mau silaturahi ke rumah teman pasti beli snack,enaknya bisa pilih sesuka hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah beruntung punya anak spt mak Hana

      Delete
  3. kalau di Jakarta seperti pasar kue subuh mungkin ya mbak. Jajan pasar ini bisnis yang bisa diandalkan juga ya. Temanku usahanya jual kue jajan pasar seperti ini di Senen.

    ReplyDelete
  4. Ada inspirasi mak... inspirasi pengen ngunyah jajanan pasar jadinya nih 😄

    ReplyDelete
  5. Ah.. Aku kangen banget, pengen makan bolu kukus, Mbak.. :(

    ReplyDelete
  6. Ini macam kue subuh yg di Senen atau blok m gitu yesssss

    ReplyDelete
  7. :Kalau aku malah terinspirasi :))

    ReplyDelete
  8. jajanan pasar emang top abiz, aku selalu beli jajanan pasar kalau berangkat kerja buat ngeganjel perut mbak :)

    ReplyDelete
  9. Jadi pengen cobain snack Jogja...

    ReplyDelete
  10. Seperti di pasar senen jakarta. Tapi kalau disana menjelang subuh. Eh aku orang joga kok baru tau jika di jalan magelang ada pasar kue.

    ReplyDelete
  11. Jadi itu yang jual sekitar borobudur plaza ya mak? tiap hari ada yang jual?
    Kapan2 kalo ke yogya pengen liat ah. :D

    ReplyDelete
  12. Bisnis makanan emang tak pernah ada matinya ya. teman saya, berawal dari iseng upload kue buatannya, sekarang malah jadi usaha. pesanan datang dari mana mana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama orang masih butuh makan, usaha di bidang ini akan terus berkembang :)

      Delete
  13. saya lg ngeceng lapak yg bisa dtitipin snack buatan saya nih mak... ada beberapa yg lokasinya dkt dr rmh :D

    ReplyDelete
  14. Di Surabaya juga ada kayak begini Mbak Lus. Jajanannya macam-macam, banyak banget pilihannya. Memang cocok banget kalau ada arisan dirumah.

    ReplyDelete
  15. Bikin khilaf liat jajajan di sini mak. Murce sih ya. Haha

    ReplyDelete
  16. Baca ini bikin pengen belajar bikin kue. xixixi

    ReplyDelete
  17. Tumbas lempere setunggal mbak... Lho kok cuma satu yak. Hehehe

    Bisa nih besok tak mampir beli jajanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setunggal mboten saged. Regine ganggsal ewu tigo :D

      Delete
  18. Banyak peluang usaha ya mak...
    Aku tau gini malah kepikiran utk jalan2 pagi sambil jajan kalo kapan2 ke jogja lagi.. hehehee...

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.