Blusukan ke Toko-toko Kulakan Keperluan Jahit dan Aksesoris Standar di Jogja

Yang namanya blusukan ke toko kulakan keperluan jahit dan aksesoris standar di Jogja itu ya tentang mencari peralatan dan bahan yang nggak neko-neko dan ada di semua toko tersebut dengan keunggulan masing-masing. 

grosir alat jahit jogja

Untuk yang unik-unik mungkin harus memesan secara khusus ke pengrajin, beli dalam jumlah besar ke pabrik atau mengimpor dari China. 
Di toko-toko yang akan saya sebutkan ini bisa dibeli secara eceran untuk uji coba, dalam paket kecil dan dalam paket besar untuk penjahit atau pengrajin yang sudah banyak langganan. Sedangkan keperluan jahit dan aksesoris yang saya maksud disini adalah seputar benang, jarum, furing, renda, kancing, hiasan, peralatannya, manik-manik, pita, tali, bunga hias dan sebagainya. Untuk pembelian dakron, furing untuk craft dan semacamnya kapan-kapan saya ceritakan.

Saya sendiri tidak terlalu berhasrat (eaaa) mengumpulkan peralatan jahit, karena yang saya buru adalah untuk keperluan aksesoris. 

Dulu saya sempat mengumpulkan cukup banyak peralatan dan bahan beads and wiring. Tapi karena keberatan bawaan waktu pindah, saya bagikan semua! Sampai tidak bersisa. Hiks! Yang terbanyak saya berikan ke Else, entah diteruskan atau tidak, Hhmmm.... Kirain saya tidak akan sempat lagi membuatnya di tempat baru. Ternyata saya tetap menginginkannya untuk hiburan. Lah gimana, wes kadung entek.
Yuk ah, ikuti catatan blusukan saya, urut dari barat ke timur. Heheheee....
1. Updated 14/1/2018. Jolie, Jl Diponegoro No.110, dekat traffic light Pingit, telpon (0274)547880. Toko Jolie akrab dengan para penjahit di wilayah barat Jogja. Tokonya ada 2, yaitu di Jl Diponegoro (Kranggan) dan satunya dulu di Jl. Kyai Mojo tapi terus ke Wirobrajan. Tapi kedua toko itu memiliki barang dagangan yang berbeda. Jolie Wirobrajan lebih ngehits karena menjual pernak-pernik fashion dan home decor kekinian, sedangkan yang di Jl Diponegoro lebih ke bahan jahit dan kerajinan meskipun ada busana juga. Barang-barang disini dijual eceran atau kemasan kecil. 

2. Satria Mataram, Jl Lor Pasar Beringharjo No.49, telpon (0274)560026. Letaknya di pinggir utara pasar Beringharjo. Kalau bawa motor atau naik becak, lebih mudah masuk dari Jl Ketandan. Berhubung bawa mobil, jadi jalan kaki agak jauh. Satria unggul di keperluan jahit. Komplit plit. Meski panas, biasanya pada lupa diri dan lupa waktu. Jika pengantar teler karena kelamaan nunggu, ada kursi kok kalau beruntung. Untuk peralatan craft kebanyakan seputar bahan bunga atau bros, sulam dan tali kur untuk menganyam tas.

3. Updated 14/1/2018. Bella, Jl Lor Pasar Beringharjo No.57, telpon (0274)518056 (sudah pindah, alamat dan no telepon belum dicek ulang). Bella sudah pindah lagi ke Jl Ketandan. Tidak jauh dari lokasi lama. Dulunya Bella ini sangat menyenangkan bagi penggemar beads and wiring. Tau-tau duit habis aja. Hahahaa.... Banyak sekali pilihan bahan kawat dan charmnya. Sayangnya, bebatuan seperti yang dulu saya kumpulkan dari Jakarta tidak ada disini. Manik-manik disini kebanyakan kaca atau mote. Oiya, disini minum dingin gratis, ambil sendiri di kulkas. Setelah pindah, saya mendapat foto dari teman dan kelihatannya ada tambahan item yang mirip Jolie Wirobrajan. Tunggu update kalau saya sudah kesana, ya.

4. Updated 14/1/2018. Gracia Indah, Jl Hayam Wuruk (utara pasar Lempuyangan). Setelah direnovasi, Gracia tampak cling dan enak untuk belanja. Gracia mengkhususkan diri ke keperluan jahit. Nggak cuma peralatan dan bahan, obras atau membuat lubang kancingpun terima. Cuma kalau belanja disini kudu sabar karena pelayanannya agak lama meski pengunjung tidak banyak. Untuk keperluan craft tidak tersedia. Aplikasi untuk baju cukup komplit dan bagus-bagus.

5. Updated 14/1/2018. Narwastu, Jl Bausasran No.3, telpon (0274)555604. Ini toko gede tapi lahan parkir terbatas banget, padahal Jl Bausasran sempit dan sangat ramai. Dihalaman toko selalu penuh dengan sepeda motor pembeli. Sebenarnya ada beberapa tukang parkir yang akan membantu dan tidak perlu bayar, tapi kalau bawa mobil untung-untungan saja dapat parkirannya. Untuk keperluan jahit, Narwastu juga lengkap. Sayangnya untuk membuat gelang atau kalung tidak ada. Nah, yang suka bros, disini komplit bahannya, dari mulai bunga-bunga, liontin, sampai bulu-bulu. Ada pula tali-tali dan kait-kait bagi yang suka membuat tas.

6. Adele, Ruko Rafflesia Babarsari Blok 3B-7, telpon (0274)4469019. Adele cukup terkenal di wilayah timur, tapi saya belum pernah kesana, jadi tidak bisa memberikan komentar. Saya hanya sempat mengunjungi stannya di pameran yang waktu itu membawa banyak aksesoris yang siap pakai.

7. Updated 3/7/2017. Toko Sembilan Enam, Jl P Diponegoro 90, telpon (0274) 515946. Toko ini cukup lengkap, tak jauh dari Jolie. Enaknya display di lantai 1, tidak naik ke lantai 2 seperti Jolie. Nggak enaknya, di kasir, belanjaan kita akan dicek ulang, bahkan diukur ulang. Bagi yang sensi, mungkin akan tersinggung. Tapi bagi yang nggak mau rugi, cocoklah disini. 

8. Updated 3/7/2017. Modiste Indah Jaya, Jl Wirobrajan 24 B, telpon (0274) 558340. Toko ini buka cukup pagi. Meskipun judulnya modiste, tapi peralatan jahit yang dijual sangat banyak dan beragam. Sayangnya, display toko ini masih jadul dengan bukaan didepan saja. Kita tidak bebas melongok karena barang-barang ditumpuk-tumpuk. Kalau mau kesini sebaiknya sudah tahu apa yang dicari, catat dikertas dan berikan kertasnya pada penjaga toko.

9. Updated 6/11/2018. Toko Sembilan Enam, Jl. Monjali atau Jl Monumen Jogja Kembali No.36. Tepatnya seberang pertigaan PDAM yang juga jalan tembus ke UGM itu. Mungkin ada hubungannya dengan no 7, tapi saya enggak tanya sih. Jualannya sama dengan no 7. Saya lebih suka kesini karena parkir lebih mudah dan tokonya tidak sempit. Mbak-mbaknya disini juga lebih santai tapi tetap cekatan.
10. Updated 6/11/2018. Toko Liman Jl Malioboro. Review lengkap, silakan klik Tips Belanja Bahan Kerajinan di Toko Liman Jogja. Kedepannya akan makin sulit kesini karena Malioboro akan jadi kawasan khusus yang tidak semua kendaraan bisa lewat.

11. Updated 6/11/2018. Toko Liman Jl C Simanjuntak. Toko ini masih kinyis-kinyis yang merupakan cabang Jl C Simanjuntak dengan pengelolaan yang berbeda dengan yang di Malioboro. Koleksi belum selengkap yang di Malioboro. Review lengkap silakan klik Toko Liman Cabang Simanjuntak Jogja.

Pasti masih ada toko-toko lain, seperti yang ada di Jl Malioboro atau Jl Solo tapi saya lupa namanya dan belum kesana lagi untuk cerita disini. Untuk Liman dan sebagainya akan saya tulis khusus untuk belanja bahan craft. 5 tempat sudah cukup menguras isi dompet, jadi saya harus puasa jajan dulu yak. Gantian teman-teman yang cerita dong. :D

Post a Comment

24 Comments

  1. Mbak Lusy borong apa aja di toko-toko itu? :)

    ReplyDelete
  2. Aku dulu sering ke Jolie, niatnya kalau ke Jolie itu beli bros dan kancing baju tapi sekarang jolie dipisah ya ada yg khusus alat jahit saja sama yg asesoris di jl.godean itu...Akh apakabar jogja...

    ReplyDelete
  3. yang familiar itu pasar bringharjo, yang lainnya belum tau tempatnya mbak

    ReplyDelete
  4. HEheh jadi ingat sama pasar Bering Harjo deh. Saya pernah ke Pasar itu ternyata saya datang terlalu pagi Pasarnya belum buka. Whahahahaha

    ReplyDelete
  5. Wew. Saya setuju mak soal jalan-jalan ke toko seperti ini malah menguras dompet.

    ReplyDelete
  6. Blusukan ke toko-toko kayak gitu bawa abege2ku itu pasti langsung tongpes :D

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah ke jogja, gak familiar dgn alamat2 itu :D

    ReplyDelete
  8. Hiks... jadi pengen ke Jogja lagi. Kapan, ya?

    ReplyDelete
  9. Wahh.. Aku nggak pernah belanja asesoris mbak.. Hehe.. Tapi kalo ntar mau banting setir jadi crafter, toko2 ini pasti jadi refresi penting. Makasih ya mak

    ReplyDelete
  10. Nah, habis borong asesoris segera dibikin sesuatu dan kirim ke Semarang yo mak Lus hihihiii....

    ReplyDelete
  11. kalo di malang ada Petra,mungkin masih saudaraan ya sama petra di jogja hehehe

    ReplyDelete
  12. Beringharjo lengkap ya, mak. Sampe ada dua toko :D

    ReplyDelete
  13. Iiih...aku paling ngg bisa liat toko beginiii...bawaannya pengen beli, padahal yooo Ora iso njahit hihihi

    ReplyDelete
  14. sepertinya pasar beringharjo mudah dijangkau wisatawan seperti aku nih :)

    ReplyDelete
  15. blusukan trus nemu bahan pernik2 beginian unt kulakan itu surga bangeeet ya mbak :)

    ReplyDelete
  16. Ih, aku suka banget ke toko-toko begini.. betah banget.. :D

    ReplyDelete
  17. Wah, tambah referensi ini kalo sewaktu-waktu butuh anterin temen cari keperluan jahit menjahit.. sebelumnya gak pernah tahu tempat beginian. hehehe

    ReplyDelete
  18. Mbak, klo mau beli manik2 utk gelang yg lengkap dimana ya?

    ReplyDelete
  19. Dahulu, aku sering juga ke toko asesoris lor Malioboro, tapi lupa toko apa.
    Memang bisa kalap kalau disana, sangat murah dan sangat beragam

    ReplyDelete
  20. kalau untuk mencari barang yg diperlukan rela sampai blusukan dari barat ke timur ya mbak ???

    ReplyDelete
  21. Wah perjuangannya luar biasa sekali mbak

    ReplyDelete
  22. klo beli kancing untuk bagian atas topi di mana yak?

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)