Hidangan Praktis Olahan Susu Murni

Hidangan olahan susu murni ini sempat membuat saya googling kemaana-mana karena persediaan susu yang berlimpah dirumah. Hasilnya, ternyata bisa dibuat bermacam-macam menu.

puding cocktail

Dipostingan tentang membuat pancake saya ceritakan kalau saya selalu punya stok minimal 1,5 liter di kulkas. Susu murni memang kegemaran keluarga tapi belakangan jadi masalah karena eyang kakung selalu mengutus orang untuk mengirim susu murni untuk semua cucunya. Sekarang kami kebingungan jika harus minum susu tiap hari dalam jumlah banyak, sedangkan kami sedang mencoba untuk diet. Pernah saya bagi juga ke tetangga yang punya anak kecil, tapi rupanya anak tetangga sudah terbiasa dengan susu kemasan.

puding kaca

Di Jogja sendiri sudah banyak restoran dan warung susu dengan segala minuman modifikasinya. Tinggal diblender dan diberi perasa sesuai selera. Entah mengapa ya kota ini banyak sekali resto atau warung susu, padahal kota susu kan Boyolali. Dulu ada peternakan yang cukup besar di Kaliurang tapi musnah terkena aliran lahar panas gunung Merapi. Sekarang saya kurang tahu darimana susu ini didatangkan. 

Cara menyimpan susu murni jangan langsung dimasukkan frezzer karena warnanya akan berubah kuning pada saat membeku. Rebus dulu. Pada didihan pertama, matikan kompor sambil terus diaduk untuk menghilangkan uap dan busa. Biarkan dingin, baru simpan di kulkas. Bisa tahan berapa lama, saya tidak tahu. Dengan cara itu maksimal menghuni kulkas saya selama 3 hari. Demikian juga jika pengin diminum langsung, direbus dulu ya.

sup krim jagung

Kemudian saya putuskan untuk membuat hidangan-hidangan dari olahan susu supaya tidak bosan dan mudah diberikan ke tetangga juga jika kebanyakan.


Diantara hidangan-hidangan tersebut adalah:
  1. Pancake seperti yang sudah saya berikan resepnya.
  2. Jus buah sehingga terasa lebih creamy dengan mencampur susu dingin, buah atau sayur dan sedikit gula.
  3. Pudding buah praktis. Tinggal merebus susu 1 liter, sedikit gula dan 1 bungkus agar-agar transparan. Jika sudah dingin, siram dengan sirup ABC rasa orange dan buah kalengan yang sudah ditiriskan.
  4. Puding kristal. Pepaduan pusing susu dan puding warna merah.
  5. Frappucino. Minuman mahal ini bisa dibuat sendiri, tinggal diblender bersama es krim, oreo dan coklat atau kopi, lalu disemprot dengan frozen whipped cream dan ditetesi karamel atau sirup ketika dihidangkan.
  6. Cream Corn Soup. Caranya panaskan mentega, masukkan bawang bombay, bawang putih, daun bawang dan masukkan pula 3 sendok makan tepung. Kemudian masukkan susu sesuai dengan kekentalan yang diinginkan sambil diaduk terus, jangan sampai menggumpal. Masukkan juga jagung manisnya. Bumbui dengan garam dan merica bubuk sesuai selera.
  7. Lasagna, moussaka atau schootel. Resepnya lain kali ya. Heheee karena agak panjang.

Belakangan saya pengin mencoba membuat yogurt sendiri tapi belum ada waktu. Heheeee....

Teman-teman suka susu nggak?

Post a Comment

8 Comments

  1. wah saya susah nyari susu murni di sini , yang kemasan mihil, sayang klo untuk praktik kue.

    ReplyDelete
  2. wah,kebayang enaknya frappucino....tapi di Siak,mana ada susu segar..>_<

    ReplyDelete
  3. Mau nyobain frapucino akhhh maklus....kayanya enyaaakkk

    ReplyDelete
  4. Waah susu murni bisa diolah jadi bnayak makanan/minuman, aku mau maaak, mau makannya doang, males masaknya hihii

    ReplyDelete
  5. mak lus pinter ya bikin hidangan2 seperti ini. Aku nggak suka minum susu, tapi kalau dibuat puding mau aja, enaakkk :D

    ReplyDelete
  6. mak pudingnya bikin aku pengen segera bikin puding juga, secara stok untuk buat puding di kulkas masih banyak :)

    ReplyDelete
  7. ini dia hidangan super sehat yg saya suka,

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)