Friday, May 08, 2015

Pancake Enak, Mudah, Cepat dan Empuk

Membuat pancake yang enak, cepat dan empuk itu ternyata mudah.

Sebenarnya saya tak paham mengapa pancake dijadikan sarapan bule-bule. Bukankah lebih mudah nasi dan orak-arik telur tomat? Tapi tentu saja kita masak kan untuk anak-anak. Kadang mereka pengin bergaya hidup bule sekali-kali supaya bisa upload profile picture masakan kekinian mamahnya seperti teman-temannya yang lain. Hihiii....

Membuat sarapan pancake itu ribet karena kita harus membuat adonan, nggak seperti orak-orak telur tomat yang beres nggak sampai 5 menit. Dari sekian resep pancake hasil googling yang sudah dicoba, kesimpulannya pancake lebih cocok untuk waktu santai, bukan untuk sarapan buru-buru pagi hari.
Buuut.... untuk blog ini saya mencoba mengakali resep pancake dari www.justtryandtaste.com supaya bisa lebih cepat alias jadi quick food. Blog JTT milik mbak Endang tersebut selalu menjadi referensi
utama saya kalau masak karena beliau selalu membuat semuanya from the scratch. Beliau juga selalu memberi alternatif bahan. Dan yang paling penting, step by step nya sangat jelas.

Karena tema blog ini adalah mengakali yang rumit-rumit, hasilnya tidak sesempurna resep aslinya. Jadi kalau mau lihat hasil terbaiknya, silakan berkunjung blog mbak Endang.

Saya punya peralatan dapur andalan yang namanya gelas ukur. Saya jarang menggunakan timbangan, karena ribet. Akibatnya, resep yang saya buat tidak presisi seperti resep aslinya. Namanya juga ngarep cepet, nggak bisa ngarep sempurna, kan? Yang penting enak.
Gelas ukur yang kiri untuk cairan (ml). Jika dibalik, bisa untuk mengukur tepung (gr/flour) seperti yang kanan. Untuk gula, selisihnya hanya sedikit, bisa dipakai untuk yang nggak suka terlalu manis.

Pertama-tama, gunakan gelas ukur untuk menyiapkan bahan berikut ini:
  • 110 gr tepung
  • 1 1/4 sdt baking powder
  • 1 1/2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
Campur saja semua bahan itu dalam baskom.
Bahan lain:
  • 1 telor
  • 2 sdm mentega cair
  • 135 ml susu
  • 2 sdt jeruk nipis
Selanjutnya, tuang 135 ml susu ke gelas ukur, tambahkan 2 sdt jeruk nipis dan didiamkan selama 5 menit.
Untuk susu, saya gunakan susu murni karena eyangnya anak-anak selalu memenuhi kebutuhan susu murni kami. Jadi, di kulkas selalu ada minimal 1,5 liter, Heheee.... Kalau punyanya susu bubuk, dicairkan saja dengan air hangat supaya tidak menggumpal.
Sementara nunggu 5 menit, cairkan mentega.
Setelah itu masukkan semua bahan lain itu ke gelas ukur, aduk pakai garpu atau whisker.
Tuangkan semua yang ada di gelas ukur ke baskom tepung. Lalu aduk biasa aja pakai spatula atau sendok. Jangan terlalu semangat ngaduknya ya.
Langkah terakhir, goreng di pan anti lengket. Supaya gurih-gurih gimana, pan diberi mentega dikit aja. Kalau diresep mbak Endang, pancakenya bisa tebal menul-menul gitu karena dibantu cetakan. 
Di pagi hari, pancake bisa diberi karamel atau simple sirup. Kalau sore, seger juga dikasih es krim. Anak-anak sangat suka karena rasanya enak dan empuk. 

Semua selesai dalam 15 menit. Tetep kalah sama orak-arik telur tomat sih. :D

12 comments:

  1. Kereeeen bikinnya pake cara.konvensional. Aku minder duluan, lebih pilih pake tepung pancake instan deh. xD

    ReplyDelete
  2. Hayo sini kita nyemil2 cakep :D

    ReplyDelete
  3. sekali bikini pancake,kok bantat yaaa..tapi habis sama sepupu2ku hahaha...artinya gagal xixixi.

    ReplyDelete
  4. maak kalo aku bikin pancake pake yg instan. maklum ga bisa bikin kueh, hihi

    ReplyDelete
  5. saya suka pancake.... *gaknanya* hehe

    ReplyDelete
  6. jadi pengen nyobain juga nih mba hehe...
    keknya bahannya juga gak ribet ya mba lusi...
    setelah weekend kemarin gagal bikin cheese cake wkkwk...

    ReplyDelete
  7. wow baru tau, pake jeruk nipis ya. Mau coba ah, semoga bapak jualan sayur langgananku besok bawa jeruk nipis. Catet dulu :D *eh itu mak Lus pan nya pake yg ukuran kecil ya?

    ReplyDelete
  8. Sarapaaann... Andalanku roti tawar :)) tp pingin jg bs bikin pancake, cupcake, dll. Tp kendalanga blm punya mixer oven dll *alesan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah! Memang aku ada nyebut2 soal mixer dan oven utk buat pancake? *lempar.... eh jangan ding, bumil heheee

      Delete
  9. Iya ini makanan praktis, anak-anak suka inisiatif buat sendiri.... keju plus susu kental manis toping favorit mereka krn itu yg sering tersedia ^_^

    ReplyDelete
  10. enak nih pastinya..aku suka pake toping cokelat atau meses....secara aku penggila cokelat...hehehe

    ReplyDelete
  11. kl saya pake wajan biasa mbak. terus apinya yg kuecil. tapi bikinnya ga pk resep. kira2 aja. hasilnya pun ya...kira2 pancake lah. hihi...

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.