[DIY] Membuat Hijab, Kerudung atau Scarf Hanger dari Selongsong Lakban

Wednesday, June 03, 2015

Judulnya sepertinya dahsyat, "Membuat Hijab, Kerudung atau Scarf Hanger dari Selongsong Lakban", tapi sebenarnya ini tak lebih hebat dari prakarya anak-anak sekolah. Heheee....

Jadi ini bukan mau sok-sokan memanfaatkan limbah, tapi awalnya karena memang butuh hanger untuk kerudung dan teman-temannya itu. Waktu ke supermarket, uang di dompet sudah habis untuk beli ina inu kebutuhan mingguan. Mau gesek kartu kredit sekalian beli sesuatu lainnya, eh supermarketnya masih jadul minta charge 2,5%. Ih, sayang amat. Jadilah pulang dengan perasaan hampa. Wkwkwkkk deramah! Ketika melihat selongsong lakban itulah terpikir untuk membuat sendiri saja. 
membuat hijab, kerudung, scarf hanger dari selongsong lakban

Dari googling saya lihat banyak yang sudah membuat hanger sendiri dengan macam-macam bahan. 

Catatan untuk teman-teman yang mau bikin, pakailah bahan yang ada disekitar. 

Kalau harus membeli gelang-gelang untuk lingkarannya, mendingan beli hanger yang sudah jadi aja sekalian, cuma Rp 30.000 kok di supermarket sudah dapat yang panjang untuk banyak kerudung. Di pasar mungkin lebih murah lagi di pedagang yang suka keliling bawa serbet itu.
Hanger seperti ini dibutuhkan agar tidak ada lipatan yang membekas di kerudung ketika mau dipakai akibat dilipat setelah disetrika. Motifnya juga terlihat semua sehingga memudahkan untuk memilih sesuai dengan baju hari itu. Penyimpanannya gampang, tinggal "disembunyikan" didalam lemari agar kamar rapi.
membuat hijab, kerudung, scarf hanger dari selongsong lakban
Yang kita butuhkan adalah selongsong lakban, yang lakbannya sudah habis. Kebetulan saya punya karena penggunaan yang cukup tinggi untuk packaging Ladaka Handicraft. Kalau tidak punya, gunakan karton atau kardus bekas yang dibentuk bulat. Kalau ada pralon bekas, malah bagus tapi saya nggak bisa menggergaji. Kapan-kapan kita coba, yuk! Gelang-gelang bekas rail korden juga bisa lo. Bahkan kalau kebetulan si bapak menyimpan kawat yang cukup panjang, ibu-ibu bisa bikin bulatannya menggunakan tang, jadi mirip seperti yang dijual di supermarket. Yah, mungkin pleyat pleyot dikit lah.
Meski selongsong ini tidak keras, tapi memotongnya cukup ngotot. Gunakan cutter besar untuk menembus satu bagian dulu, lalu iris memutar. Satu selongsong dibagi 3. Lalu susun berderet sepanjang hanger baju, dan teruskan kebawah. Sebelumnya saya coba menempelkan dengan berbagai lem tapi tidak kuat. Mungkin menggunakan stapler bisa, tapi saya tidak punya yang tanggung, adanya yang kecil untuk kertas dan paling besar untuk karton tebal yang mendatar. Akhirnya saya putuskan untuk mengikatnya.
membuat hijab, kerudung, scarf hanger dari selongsong lakban
Bahan untuk mengikat bisa pita, tali rafia, bahkan benang jahit. Seadanya saja. Diatas saya campur-campur karena punyanya memang cuma itu, juga supaya teman-teman sepakat bahwa untuk berkreasi tidak harus perfect (alesyan hihiii....). Gerak dulu, ntar kan keluar ide-ide baru yang lebih baik dari ini. Jangan lupa dibagi ya, supaya saya juga bisa belajar dari teman-teman. Kalau punya cat yang untuk melukis anak-anak, bisa juga sih diwarnai biar cakep. Heheee....

Untuk susunan bulatannya, lapisan kedua diletakkan diantara 2 bulatan di atasnya, supaya kerudung yang diletakkan disana tidak tertutup oleh kerudung diatasnya. 

Kalau beli di supermarket, banyak yang bulatannya hanya disusun seperti orang baris saja. Jadi, harus jeli pilih-pilihnya. Hanger diatas masih bisa dibuat lebih panjang lagi, sesuai dengan tinggi palang hanger didalam lemari.
Jadinya seperti ini, taraaa....
membuat hijab, kerudung, scarf hanger dari selongsong lakban
Iya, melipatnya tidak rapi karena memang kerudungnya tidak dilipat, langsung dimasukkan begitu saja, mau cepat-cepat difoto, heheee.... Kalau teman-teman mau mencoba, bisa dilipat lebih rapi dari foto itu ya.

You Might Also Like

26 comments

  1. kreatiiif mak..dan pastinya berguna banget..lemari pastii lebih rapi..

    ReplyDelete
  2. Whuaa asyiiik tuh jadi terinspirasi, di rumah banyak banget gelondongan bekas solatip..... siiip Mak makasih idenya ^_^

    ReplyDelete
  3. Kreatif bgd mak..
    Aku pgn bikin2 sih..tp males gerak...maunyaaaa nempeeelll aja di kasur...hadeeehhh..
    Tfs mak...

    ReplyDelete
  4. suuukaaa mbak..ijin saya bagikan ke ibu2 sekitar ya Mbak Lusi..ini Mak Min KEB kan?

    ReplyDelete
  5. Kreatif mbak, bisa kapan2 dicoba...tapi lebih cantik lagi kalau selongsongnya dibungkus gitu ya pakai selotip warna warni atau pita...

    ReplyDelete
  6. emaaakkk.... besok dicoba!! banyak itu sisa selonsong double tape :D

    ReplyDelete
  7. Enak ya mba bsa buat hijab kerudung lebih banyak pernak-perniknya. Kalau lihat pekerjaaan kreatif seperti ini yang dilakukan sama wanita jadi ikut senang, betah di rumah tapi jangan sampai masakan di rumah lauknya di ambil kucing mba. Karena kelupaan tutupnya. He,, he, he,

    ReplyDelete
  8. Whoaaaa, seru n kreatif itu hanger kerudungnya. Aku masih setia aja pake cara lama, lipet n simpen di lemari :D

    ReplyDelete
  9. Wah kebetulan lg pnya bekas lakban, bisa neh idenya dieksekusi

    ReplyDelete
  10. Limbah yg bermanfaat yaaa kak
    Tapi di tenabang, tempat kerudung nya cakep2 dan murah lho. Ayo mampir ke tenabang :-)

    ReplyDelete
  11. kreatif mak...ko ga terpikirkan saya ya..daripada beli mending kaya gini..:)

    ReplyDelete
  12. wiiiih kreati banget .. dari barang bekas juga bisa jadi manfaat iya :) ikut coba ahh

    ReplyDelete
  13. bisaan siihhh.. aku selalu tak buangin mbakk hehe..

    ReplyDelete
  14. kreatif juga ya bak daripada di buang bisa untuk hanger jilbab

    ReplyDelete
  15. ibu saya juga sering manfaatin kain sisa untuk bikin baju Aisyah :)

    ReplyDelete
  16. Mak Lusii... saya jadi pingin ikutan bikin niiih..

    ReplyDelete
  17. Wah manis ya Mbak hasilnya. Pengen punya juga. Tapi saya mah gak skreatif Mbak Lusi. Selongsong lakban juga berakhir di tong sampah sebelum terkumpul :(

    ReplyDelete
  18. Lebih manis pakai pita ya, Mbak. :D
    Satu hanger jdi bisa isi lebih dari satu eh. Kreatif lah!!!

    ReplyDelete
  19. unyuuuu....bisa dicontoh ni mba hihi....ditaruh di laci jadi lece soalnya

    ReplyDelete
  20. hwaaa keren! emang kreatif banget mak lusi ini :D

    ReplyDelete
  21. seketika berpikir "selongsong lakban di kantor lumayan jg nih" hahahahahaha otak emak2 banget, gk mau rugi ya mbak :)
    tfs ^^

    ReplyDelete
  22. Kayane klo rajin dikit, slongsonge di bungkus sekalian mak ya, bekas2 sobekan kain di tukang jahit gitu diminta, okelahh...entat nyoba ^_^

    ReplyDelete
  23. wah ternyata bukan hanya lakban utuh yang banyak kegunaan dan manfaatnya, selongsong lakban yang sudah habis terpakaipun masih bermanfaat untuk membuat scraft hanger. Terima kasih ilmunya, nanti akan aku ajari anakku untuk membuat scraft hanger dari selongsong lakban.

    ReplyDelete
  24. wah cantik bangett. aku coba boleh yah.

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.