Monday, June 15, 2015

Kejadian Unik Blogwalking

Saya termasuk konsisten blogwalking, tiap hari dengan durasi yang berbeda, paling sering malam, sehingga mendapati banyak kejadian unik (nggak tega mau bilang aneh).

Sebagai blogger, blogwalking itu nggak wajib kok, nggak dosa, nggak ada undang-undangnya, tergantung pengin gain traffic atau nggak dan rasa iba sama yang ngarep diblogwalkingin aja, kayak saya. Hahahaaa....
Cerita tentang blogwalking kebanyakan apa sih? Capcha? Harus login platform yang bersangkutan? Komentar yang dimoderasi? Nggak di bw balik seleb blog? Masih banyak yang lain loh. Ayo sharing disini sambil nunggu kiriman buah kurma dari teman-teman nih. Heheee....



Mana Komentarku?

Mengapa teman-teman memoderasi komentar? Kalau saya sih supaya bisa menyaring komentar apa saja yang bisa tampil karena pernah down 2x akibat komentar bervirus.

Selain itu juga untuk mendelete komentar yang tidak saya sukai. Ups. Nah, ada sebuah blog, sebut saja blognya dul, yang sudah masuk di blog listku. Fyi, saya bikin blog list baru untuk memantau update teman-teman lebih cepat. Masukinnya nyicil, dari pengunjung yang ninggalin jejak dan twitter. Jadi nggak ada preferensi ya. Maaf yang masih terlewat, insya Allah saya tambah terus tiap hari.
Dari blog list itu, saya klik blog Dul tiap kali update. Saya nggak pernah perhitungan apakah teman-teman sudah bw ke blog saya atau belum. Kalau tertarik, saya klik begitu saja. Secara pribadi, saya kenal Dul sambil lalu secara online. Setelah sekian lama, si Dul ini nggak pernah bw balik. Iseng, saya cek komentar saya di blognya yang tanpa moderasi, di reply apa enggak. Loh, kok komentar saya nggak ada? 
Mendelete published comments itu juga sering saya lakukan, tapi setelah saya gunakan broken link checker agar artikel tersebut tidak masuk google sand. Blog saya ini tergolong baru, sekitar 6 bulan lebih, jadi faktor pendukungnya masih ringkih, kudu rajin ngecek. Tapi blog si Dul itu unik! Di blog tersebut tidak ada komentar satupun dari siapapun, tidak hanya dari saya. Entah dihapus semua, entah yang mau bw kesitu cuma saya. Tapi kalau tidak mau dikomentari, mengapa nggak dikunci aja ya? Apa doi tidak tahu cara mengunci? Sini tak kasih gembok.

1 + 1 = 2 ?
Okey, sekarang masuk kawasan curhat. Curhat ini sempet keceplosan di blognya Emak Gaoel, lalu hebohlah doi pasang status. Wkwkwkk.... Blogwalking itu kudu ikhlas dan mawas diri. Sekali bw ke blog orang lain, tidak ada jaminan bahwa kita akan di bw balik. Jangan langsung su'udzon, mawas diri dulu. Mungkin tema blog kita tidak menarik perhatiannya, mungkin blog kita nggak update.
Saya pun demikian. Yang komentar di blog saya tidak otomatis saya bw balik kalau di blog list nggak update. Lha mau baca apa? Etapi pernah ding bolak balik di postingan yang sama bantu teman, biar traffic untuk postingan itu naik dan dia menang lomba hahaaa....
Nah jika sebelumnya saling mengunjungi kemudian tiba-tiba nggak mau bw balik meski sudah puluhan artikelnya kita bw, jangan-jangan yang bersangkutan secara personal sedang tidak menyukai kita. Saya sih ikhlas saja. Kalau saya punya kesalahan, saya akan minta maaf. Kalau nggak mau ngomong masalahnya apa, ya itu masalahmu, bukan masalah saya. Saya tetap akan bw kalau artikelnya menarik dan bikin saya lebih pinter.
Ada juga yang sejak dulu kala pertama kali kenal sampai sekarang tidak pernah datang ke blog saya sekalipun, meski saya selalu bw ke blognya. Saya sih khusnudzon mungkin beliau silent reader. Saya tetap bw jika dia posting sesuatu yang menarik dan bikin saya tambah pinter.

Kesimpulannya apa? Kesimpulan saya, sebagai penganut kemerdekaan ngeblog, blogwalking itu intinya adalah membaca dengan bonus traffic balik ke blog kita. 

Misalkan kita membaca detik dotcom atau Republika online, kita tidak mengharapkan adminnya bw balik ke blog kita kan? Tapi kita mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari sana. Jadi nggak perlu perhitungan. Namun demikian, blogwalking juga merupakan sarana bersosialisasi secara online, karena itu manfaatnya juga tidak selalu digambarkan secara nominal atau hitungan traffic tapi juga rasa nyaman bersilaturahim, sehingga postingan-postingan pribadi juga saya kunjungi.

Roaming
Beberapa komentator tetap blog ini adalah remaja yang masih sekolah atau kuliah. Saya senang bw ke blog mereka karena postingan-postingan mereka yang kocak, meskipun sebenarnya ceritanya ada yang sedih. Misalnya blog tentang seorang cowok pincang permanen setelah kecelakaan motor dan pacarnya yang hobi jalan-jalan. Ada cerita mengharukan tentang bagaimana usahanya naik motor lagi menyusul pacarnya ke Parangtritis karena takut sang pacar ditikung temannya yang lain. Oya, pacarnya memang cantik sekali. Dengan bahasa kocak ala remaja, walhasil nggak jelas antara saya nangis dan tertawa terkekeh-kekeh.
Sebagai orangtua, saya juga punya kecenderungan yang bikin boring orang lain, yaitu memberi nasehat tanpa diminta. Heheheee.... Di blog-blog remaja tersebut saya berusaha bicara di level mereka tanpa maksa yang malah akan bikin garing. Itu susah loh, bapak-bapak ibu-ibu, majelis yang saya muliakan. Heheheee....

Ide Sama
Ini sering terjadi ketika ada lomba blog. Tiba-tiba seluruh blogger se jagat raya posting tema yang sama. Masing-masing blogger akan berusaha untuk memberikan sudut pandang atau judul yang menonjol agar menang. Namun, selalu saja ada beberapa orang yang memiliki ide yang sama. Kadang kita pengin menulis komentar, "Loh si X juga ngomongin tentang ini loh."
Tapi kan nggak tega. Apalagi kalau teman satunya unggul jauh, baik di tulisan maupun ilustrasi, beneran sedih. Masa belum sampai waktunya sudah memupus harapan orang? Rasanya pengin ngasih clue macam-macam supaya ada perbaikan tapi kan nggak fair. Makanya, kalau ikut lomba itu mbok ya pada bw ke peserta lain biar tahu keunggulan masing-masing. Etapi saya juga kalau pas ikut lomba kadang nggak mau bw ding, deg-degan.

Nice Info Gan
Teman-teman blogger sering kesel kalau ada komentar "nice info gan" padahal sebagai komentator seringkali saya merasa itu adalah komentar yang paling pas. Sudah kepalang tanggung bw disuatu blog tapi nggak mudeng blas apa yang diomongin. Mau improvisasi tapi pikiran lagi buntu. "nice info gan" mengandung unsur menyemangati tapi kemudian jadi stereotype orang males atau terpaksa bw. Padahal nggak males bw kalau saya sih, kecele aja. Heheheee....
Selain "nice info gan" ada beberapa ucapan klise yang sebenarnya diketik bukan karena males, tapi karena nggak ngerti harus ngomong apa yang lebih pas karena pemiliknya sensi. Salah-salah bisa disindir di socmed. Cari aman saja, gitu.

Blogger Antah Berantah
Disuatu blog yang sederhana, template standar blogspot dan tidak ada logo komunitas atau lomba apapun, saya dibuat melongo oleh traffic dan followernya yang sangat keren. Beliau bukanlah seleb blog, artis, anggota partai, penulis kondang dan sejenisnya, melainkan ibu-ibu kebanyakan. Beliau menulis tentang peristiwa sehari-hari dari sudut pandangnya sebagai muslimah. Apakah itu kerjaan SEO? Sayapun menganalisa lebih lanjut. Eaaa....
Saya cek tulisannya tidak ada ciri-ciri tulisan SEO yang tembak sana sini, tebel disana, garis bawah disitu, warna warni, heading dan sebagainya. Enggak ada samasekali. Pengunjungnya pun bukan orang-orang kecele, tapi benar-benar membaca tulisannya, berkomentar sesuai dengan yang ditulisnya dan berdialog dengan beliau di kolom komentar. Pengunjungnya juga tidak tersegmentasi, ada laki-laki dan ada perempuan. 
Jika ada yang beranggapan blogger itu kok 4L (lu lagi lu lagi), maka kenyataannya tidak sepenuhnya benar. Dunia blogging itu tidak sesempit yang kita duga. Jika ada yang beranggapan demikian, mungkin karena interaksinya masih di seputar socmed, jalan-jalan blognya kurang banyak. Saya melihat betapa luasnya perbloggingan lewat blogwalking. Dan, blog-blog mana yang saya maksud dalam artikel ini? Cari sendiri ya, blogwalkinglah. :))

Sebenarnya ngeblog itu hampir sama dengan menulis buku. Untuk menjadi penulis yang baik, kita harus banyak membaca dan sering latihan. Maka untuk menjadi blogger yang baik, kita harus banyak blogwalking dan sering posting.

45 comments:

  1. Mbak pembahasannya menarik,, saya jadi termotivasi untuk blogwalking lebih giat. Lagian kalo nggak bw sehari aja merasa bersalah sama blog sendiri ^^

    ReplyDelete
  2. Blogwalkingnya tukang obat nggak dibahas sekalian, Mbak? :)))

    Aku berusaha ikhlas kalau blogwalking mah. BW juga nggak teratur. Malah kebanyakan mantau dari feedreader dan jadi silent reader :D Jadi meski namaku jarang keliatan di blog2 orang, tapi aku tahu lhooo hosip terakhir. Eaaaa :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yg jual obat itu udah termasuk di "nice info gan" krn kecele hahahaaa..... Soal hosip terkini, heran juga ya, banyak yg lebih jujur curhat di blog hahahaaa....

      Delete
  3. Aku termasuk yg pemalas utk kunbal Mba Lusi, maapkeun :( Komen yg pada masuk ke blogku aq baca semua, trus punya cita2 mau bw balik ntar an pas di rumah dan lagi santai. Ternyata pas santai malah milih tidur, hedeeww... sungguh berdosanya aku. Mesakke banget aku yoh Mba... kene uncali Ladaka neh mba ;)

    ReplyDelete
  4. BW nambah pinter,nambah temen,lanjut silaturahimnya,bener banget itu. saya tambah satu tapi boleh yaa...tapi blog saya sepi lomba karena merasa kalah saing, tapi (dua) pengen silaturahimnya terus lanjut. *masih mikir dan mupeng sama si blogger antah berantah itu. :))

    ReplyDelete
  5. Saya blogwalking biasanya dari komentar blog atau dari blog yg diikuti atau dari link yg ada di grup. Tiap orang punya cara kesukaan yg beda kan ya mak?

    Utk bw saya biasanya alokasikan sejam sehari, bisa lebih sih, soalnya kurang puas kalau ninggalin komen cuman setengah hati. Agak jarang blogwalking dari pencarian google soalnya biasanya cuma karena efek SEO jadi muncul di pejwan, padahal ceritanya nyontek abis tulisan orang. Kalau yg asli (nggak nyontek) dan menarik baru saya ikutin dan jadi pembaca setia. Pernah cek salah satu tulisan saya di mesin pencari, eh ada yg jiplak tanpa ngasih sumber, tapi masuk pejwan dong. Pernah juga BW ke blog yg difollow dan menemukan kemiripan dengan tulisan saya, tapi dia ngakunya itu asli dari pemikirannya.. :3 ya sud lah, Tuhan nggak tidur. Jadi daripada nyesek liat begituan, ya skip aja. *sambil senyum cantik*

    ReplyDelete
  6. Dulu blog saya juga tak moderasi gitu, mak. Biar kelihatan keren :D Kan ada pengaturannya ya...tapi lama2 saya capek, lha wong nggak ada yang komentar juga tak tungguin hahaha...#malah curcol.
    Eh, ngomong2 dul itu bukan aku kan, ya? :)

    ReplyDelete
  7. Senyum2 sendiri baca artikel ini hehehehe... makasih mbak, nambah semangat bw nih setelah sekian lama gak bw :)

    ReplyDelete
  8. Kalau aku pasti bw balik ke yang bw dan komen ke blog. Kalau ke selebblogger lebih banyak silent rider. kalaupun komen nggak berharap dikunjungin balik. Mungkin dia sibuk, kan seleb. :D

    ReplyDelete
  9. Dulu, ketika baru-baru belajar ngeblog, nulis thesis, nulis artikel, saya rajin BW (blogwalking). Sekarang, ketika sudah banyak urusan yang harus saya tangani, BW menjadi urusan ke sekian ratus. Hehehe... maklumlah, sudah banyak mahasiswa yang harus saya mentor, sudah banyak urusan kantor yang harus saya monitoring, dan bla bla bla urusan keluarga. Tapi kali ini saya mencoba blogwalking again, mumpung lg ngantuk saat sidang paripurna di DPRD, habis mendengar soal perdebatan melulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogwalking kan untuk menyerap aspirasi masyarakat pak :)

      Delete
  10. aku termasuk penjual obat lhoo, jadi aku ga boleh komentar ya, hehe
    aku blog walking jarang menggunakan kata nice info, ya walaupun semua orang udah ngecep yang namanya tukang obat terkenal dengan nice info, tapi saya blog walking dengan cara yang sopan, mungkin risih dengan artikel saya dengan banyak artikel kesehatan yg ujung2nya nawarin obat, tapi ya bagaimana lagi mata pencaharian saya seperti ini. sekali lagi maaf ya mba jika saya masuk kategori tukang obat

    ReplyDelete
    Replies
    1. halal kok mbak, nggak usah minta maaf :D

      Delete
  11. blog walking menurut saya mengasyikan :)

    ReplyDelete
  12. Kadang2 aku jadi silent reader jg, krn pas mo comment anak bgn,koneksi lelet ;)

    ReplyDelete
  13. Hihihi...nyengir aku bacanta mbak...tapi emang .ketika menemukan blog yg gak pernah kita kunjungi, selalu menemukan sesuatu disana.. entah itu followernya yg banyak pdhl bukan seleb blog..atau tercengang2 melihat gambar yg dia tampilkan disetiap artkelnya..bikin in takjub ...merasa menyesal kenapa br tau dgn blog itu..hehe

    ReplyDelete
  14. Saya hutang kunjungan balik yg cukup banyak mbak. :(
    Tak setiap hari bisa buka blog. Paling seminggu 1-2 kali.
    Tp baca ini, saya jadi belajar, bahwa hutang bw harus segera dibayar sebelum puasa.

    ReplyDelete
  15. Aku termasuk orang yg menghargai kunjungan blogger yg mampir ke blogku.. kalau dia ninggalin jejak biasanya aku BW ke dia.. Saking seringnya aku ngecek kolom komentar aku hampir hapal semua blogger yang rajin main ke blog-ku, hehe.. Dan mbak Lusi termasuk diantaranya..makasih ya Mbak... Aku juga sering mampir ke blog sahabat, namun dari sekian banyak yg aku hampiri yang BW ke blogku biasanya yang itu2 juga, hehe.. paling2 ada beberapa sih pengunjung baru.. dan kepada semua pengunjung yg ninggalin komen biasanya aku balas juga komennya...

    ReplyDelete
  16. Mbaak aku termasuk salah satu blogger yang juaraaaang blogwalking!
    Cubit saya Mbak, cubiitt..!!!
    Saya setuju sama bahasa mengenai BW balik diatas. Memang sih dapat komentar banyak itu bangga, dan karena saya BWnya disempet-sempetin jadi yang komen juga sesempat-sempatnya haha...
    Mulai sekarang harus rajin BW, ah, terutama BW ke blog teman-teman lama untuk menjalin silaturahmi kembali :)

    ReplyDelete
  17. Hahaha, aku paling males sama yang "Nice info, Gan". Kadang tulisannya apa, komentarnya apa. Atau yang ngomen cuma untuk dikunjungi balik (padahal komentarnya juga gak nyambung). Aku gak selalu BW, karena aku pun kalau habis berkomentar bukan untuk bertujuan dikunjungi balik. Malah terkadang jadi silent reader :))

    ReplyDelete
  18. Saya kesemprit yg 4 L Mak haha... saya emang jarang BW,bukan apa-apa kuotaku terbatas banget, belum nemu provider yg cocok n murmer.... jadi BW nya ke yg komen di blog aja hehe.... setiap hari tambah satu paling ke blog seleb, tapi kebetulan yg sy bw cuman satu dua aja yang balik komen hihi....ga masalah sih namanya juga usaha ^_^

    ReplyDelete
  19. Hai mbak salam kenal, saya lagi blogwalking juga trus nemu postingan ini :). Saya mah ga ambil pusing mo dikunjungin balik atau ga. Saya hobby nongkrongin postingan terbaru blogger dan komen2 meski bloggernya ga sering komen di postingan saya ga papa kali dia sibuk respon komen pengunjungnya. sama kayak mbak, penting kita dapat info&wawasan baru to? :) . Saya masih blajar ngeblog meski bikinnya dah lama tujuannya juga sekedar cerita dan ga nyari traffic naik, woles aja saya mah hehehe

    ReplyDelete
  20. saya juga sama dg pendapat di atas, ga ambil pusing mau dikunjungi bali atau ngga, yg penting targt sehari menusli 1 tulisan tercapai. setelah itu, saya baru bisa BW ke blog komentator, kedua ke blog yg ada di bloglist, ketiga ke blog2 yg ada di sosmed/komunitas...:)

    ReplyDelete
  21. Saya moderasi komentar karena suka byk spam mak,...
    maklusi memang konsisten banget nih, saya aja kdg suka mood-mood an alias sibuk *diihhh gaiya :p

    ReplyDelete
  22. komentar diblogku aku moderasi soalnya ada yg komentar jualan togel..jadi aku male..ya itu dgn komentar dimiderasi kita bisa menyaring komentar yg layak publish :)

    ReplyDelete
  23. Saya sedang blogwalking Mak, blogwalkingnya kumulai dari satu blog teman, lalu blog walking ke pengunjung blog tersebuuut, teruuuuus sampai habis. Kadang kalau emang sedang membuka list blog teman yaaa...menggunakan itu, tapi yang lebih sering yaaa seperti itu...babat habis pengunjung blog teman yang kukunjungi.... Tujuanku blogwalking, satu nambah pengetahuan ama temeeen, selain ya itu tuuuh blogku juga dikunjungi jugaaa, hehee

    ReplyDelete
  24. Saya juga bukn blogger perhitungan, mak. Tapi masalahnya saya jarang meninggalkan jejak. Dan saya setuju klo blogger itu bukan 4L:)

    ReplyDelete
  25. kalau saya ... apa, ya? lah kok malah nanya.

    saya BW itu biasanya dari sosmed, baru ke blog komentator. ada juga blog-blog yang wajib saya kunjungi, yaitu blog sahabat dan yang bersahabat, hehe ... gimana ya, saya belum seikhlas mbak Lusi dalam hal mengharap BW balik :-)

    ReplyDelete
  26. seru ya BW maaak...aku juga masih terus berusaha bisa konsisten BW d tengah keseruan blogging dan pekerjaan plus realita dunia nyata hehehe. Tapi saya setuju kalau BW itu investasi kok..saya masih banyak bolongnya dalam mengunjungi balik teman-teman yang main ke blog saya, tapi paling tidak saya mencoba membalas 'borongan' alias melihat postingan-postingan sebelumnya :).

    ReplyDelete
  27. Tukang obat sekarang kalau bw pinter mbak, namanya udah pada di ganti ya jadi kita suka tertipu hehehe

    ReplyDelete
  28. salam kenal mb... numpang bw yaak... ;)

    ReplyDelete
  29. baru tahu saya soal komentar bervirus
    itu gimana caranya ya mbak

    soal google sand saya juga awam banget


    ah, jadi pingin tahu nih
    blog-blog apa saja yang mbak sebutin.

    tapi kayaknya bukan blog saaya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru baca soal google sandbox di sini.
      saya coba cek dan ternyata hasilnya...

      saya kena sandbox..... aduh, bingung alasannya kenapa

      Delete
    2. Kalau dr googling ke blog2 pakar sih juga nggak pada tau sebabnya. Coba di cek dulu pake broken link checker trus hapus saja komen2 yg masuk ke daftar bad link disitu. Kadang broken linknya nggak cuma di komen tapi jg di postingan kita yg kita kasih link hidup ke blog orang lain. Kalau spt itu, matikan saja link hidupnya. Setelah semua bersih ya posting normal & tunggu aja agak lama utk keluar dr sana. Aku pernah kena & bs keluar. Ada cara cepatnya juga, tp aku nggak paham & belum pernah praktek.

      Delete
  30. setuju mbaa, banyak banget blog keren yang terlewat oleh kita, jadi nggak 4L yaa sebenarnya...aku juga baru enam bulanan rajin BW dan nemu banyak pengalaman menarik hihi...

    ReplyDelete
  31. sebenarnya sy suka bw. tapi cuma pas ngelonin dd n pake hp. ga bisa komen :(
    skr lg bs bw krna boyz anteng main di rumah tetangga :D

    ReplyDelete
  32. bw ini bs semacam berteman lewat online hihihi, jadi tau oh si ini sukanya ini, si itu sukanya ini...walau kadang lupa jg wkwkwkwk....tapi kalo ngeliat blognya sekilas lagi trus inget ooooh ini *mbulet aeee

    ReplyDelete
  33. Lengkap banget, Mak Lus.

    Antara ketawa sama senyum nyinyir. Berasa jleb aja gitu, but ga masuk hati. :D

    Tapi Aku mah emang ga pernah liat blog org lain Kalo lomba. Soalnya takut mempengaruhi isi artikel alias terlihat sama dg blogger lain, haha

    Kalo BW, disitu kadang saya merasa sedih. Pengen BW ke semua blog Tapi apa daya waktunya suka ga Ada *sok sibuk*


    Eaaa, ini malah curhat, haha

    ReplyDelete
  34. Sepertinya BW saya gak teratur jadwalnya. Ketidakteraturan jadwal dan, entah kenapa, koneksi internet yg sering lemot belakangan ini membuat semakin kacaunya per-BW-an saya nih Mbak...
    Tapi memang banyakan masukan dan info dari BW ini. Lebih jauh sih persahabatan yg akhirnya terjalin.
    Dan itu...hehehe...nice infoh Gan...ihhh

    Salam,

    ReplyDelete
  35. Saya termasuk org yang baru-mau-akan rajin BW ke teman teman blogger. Ternyata penting juga ya mak untuk BW itu buat jalin silaturahmi. Artikel ini menyadarkan saya ttg pentingnya BW hihihi

    ReplyDelete
  36. Sekarang sih daku lebih rajin BW, dalam seminggu mengalokasikan 1-2 hari untuk BW. Kalo di bales BW ya alhamdulillah, kalo ngga ya wis lah.

    ReplyDelete
  37. Dan aku ketinggalan baca ini di blog Mbak Lusi
    Blogwalking memang seru sih. Kadang saya dapat ide nulis dari situ tetapi lebih banyak untuk blog lain, bukan yang sudah terkenal, ealah terkenal? Kayak artis saja saya ini. Yang kenal juga sapa gitu... hahaha

    ReplyDelete
  38. kalau ngga bw rasanya hampa..hahahha

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.