Penemuan Tempat Jual Beli Kardus Bekas

Wednesday, June 17, 2015

Updated 5/1/2016: Silakan lihat peta dibawah.

Seharusnya jual beli kardus bekas familiar dengan saya untuk pengiriman pesanan-pesanan Ladaka Handicraft.

Tapi nyatanya tidak demikian. Ladaka menggunakan kardus bekas yang berasal dari para suplier bahan. Kardus-kardus tersebut disimpan dengan baik untuk dipakai lagi. Alhamdulillah selama ini tidak ada permintaan kardus dalam ukuran yang seragam. Jika ukuran tidak sesuai, kami memodifikasi agar cukup. Supaya pembeli tidak kecewa, kami berterus terang bahwa kami menggunakan kardus bekas. Namun didalamnya, produk yang dibeli kami bungkus rapi dengan kertas bersih.

Beberapa waktu lalu karena anak saya menjadi penanggung jawab dekorasi Asian Day disekolahnya, memerlukan kardus identik (sama persis ukurannya) sebanyak 26 buah, sedangkan dia hanya punya waktu sehari untuk mencari. Seperti biasa, si ibulah yang heboh mikir. Mungkin hari itu hari baik saya, sehingga baru beberepa meter memikirkannya sambil jalan, eh kok melewati sebuah gudang kardus bekas.
Tadinya saya memikirkan untuk membeli di I*** Grosir yang sudah pasti banyak stok, tapi entah apakah identik. Saya pernah membeli 2 buah karena simpanan saya habis disebuah supermarket, harganya Rp 5.000 per buah untuk ukuran sedang. Jika I*** Grosir menerapkan harga yang sama, maka untuk 26 kardus akan menghabiskan sekitar Rp 130.000,-. Ada pula toko yang menjual kardus bekas dalam tumpukan yang sudah rapi, tapi saya belum pernah coba.

Penemuan tak sengaja gudang kardus ini membuat saya pengin sujud syukur. Eaaa.... Ketika sampai disana, bapak-bapak yang ada sedang menurunkan kardus-kardus dari sebuah mobil pick-up. Bentuk kardusnya bermacam-macam, sebagian berserakan belum dirapikan. Kardus-kardus tersebut ditimbang, lalu dimasukkan ke gudang. Entah mau disalurkan kemana setelah dari gudang tersebut.

Intinya, jika ibu-ibu punya tumpukan kardus tak terpakai, dijual saja disini daripada bersemak di rumah. 

Nanti kalau butuh, beli lagi disini. Eh, bukannya beli mahal ya? Tadi saya berpikir begitu, kalau membeli lagi pastilah mahal, nomboknya lebih banyak dari hasil yang kita jual, makanya saya menyimpan kardus bekas. Namun adalakalanya kardus yang saya simpan sudah terlalu banyak, terutama jika pemesan berada di satu kota dengan saya yang tidak membutuhkan packing. Terlebih sekarang saya tinggal dirumah yang lebih kecil, belum ada gudang khusus.
Setelah bertanya, bapak-bapak ramah tersebut mencarikan kardus yang dimaksud. Tadinya langsung ketemu 20 buah. Saya bilang, cukuplah, sisanya bisa mencari di tempat lain. Tapi bapak-bapak tersebut keukeuh mencarikan sisanya. Setelah mencari kesana kemari, akhirnya genaplah 26 buah. Alhamdulillah. Ketika saya tanyakan berapa harganya, bapak-bapak tersebut memberikan secarik kertas hasil timbangan dan mempersilakan saya menuju ke sebuah loket kecil.
Eh, ternyata ada loket tersembunyi disana yang dijadikan semacam kantor sederhana untuk mendokumentasikan transaksi kardus-kardus bekas tersebut. Wow. 

Biarpun usahanya kardus bekas tapi administrasi harus tetap rapi.

Dari hasil timbangan, ternyata 26 kardus itu beratnya 9kg. 1 kg dihargai Rp 4.500,- saja. Jadi total harganya hanya Rp 40.500,-. Murah banget!
Kwitansi diulurkan, kamipun membayar. Kwitansinya sederhana, dari kertas bekas juga yang di cap nama usaha.

Alamat: 
Noto Sucipto
Jl. Pingit Kidul (Tentara Rakyat Mataram) No.7
Yogyakarta 56231
Telp. 515455 

Peta lokasi. Kira-kira yang bertanda bintang merah tersebut.



You Might Also Like

24 comments

  1. waktu aku renov beli kardusnya di toko grosir gitu mbak, enak ya kalau ada tempat jual beli khusus kaya gini

    ReplyDelete
  2. Di gemolong dekat kontrakan sini ada penampungan kardus mbak, tapi campur dengan barang bekas lain, kadang saya juga butuh kardus bekas, kalau ada yang beli kripik tempe... Kalau kiloan malah jatuhnya lebih murah ya mbak, ngirit uang jadinya..

    ReplyDelete
  3. aku selalu minta kardus di kantor mbakk,, geratis hihihi

    ReplyDelete
  4. masih mending mba harga nya bisa di bilang mahal 4500 kalo di daerah saya cuma 3000 rupiah mba lebih murah :)
    marhaban ya ramadhan ya mba, selamat menunaikan ibadah puasa yang pertama semoga lancar amiiin

    ReplyDelete
  5. di Semarang ada tuh mba di jalan arteri Soekarno Hatta, kali aja Mb Lusi butuh pas di Semarang hihihiii... Keliatannya sepele loh kardus bekas, tp klo pas dibutuhin ya kliyengan juga nyari kesana kemari klo ga punya 'supplier' ;)

    ReplyDelete
  6. Mbak...di rumahku aku rajin ngumpulin kardus2 bekas kemasan mie instan atau kemasan susu.. Seandainya kita tinggaal di kota yang sama pasti deh aku berikan gratis buat mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheee makasih tapi kami pakainya yg double wall. Yg bekas mie instan/susu terlalu tipis. :)

      Delete
  7. murahnyaa... pasti pulangnya dengan tersenyum bahagia karena berhasil ngirit banyak, hihi... :)

    ReplyDelete
  8. Salah satu kegiatan yang ramah lingkungan nih mbak Lusi.. Hehhe jadi ingat dulu punya organisasi pencinta alam di kampung yang dana operasionalnya dari sampah termasuk kardus bekas

    ReplyDelete
  9. wah..murah banget itu mbak..di Surabaya ada nggak ya...ada sih..tapi harus muter2 dulu nyari...dan itulah yg palis males...hahaha

    ReplyDelete
  10. Iya iya.. Belum nemu jual kardus bekas disini. Kalau plastik bekas mah banyak. Aku juga butuh mak, buat kirim scrapbook. Senangnya ya ketemu tempat harta karun gini :D

    ReplyDelete
  11. 4500 termasuknya mahal mba, kalo di saya murah banget, paling dus bekas di hargain 1500 per kilo jadi dari pada di jual ke tukang loak mending saya simpan saja buat bungkus apa gitu kalo misalkan lagi butuh,

    ReplyDelete
  12. Aku sih kalau kardus bekas suka disimpen buat packing hihihi :D lumayan jadi kalau mau packing ga lieur nyari kardus bekas

    ReplyDelete
  13. Wah mak di gudang toko ibuku ada banyak kardus tebel, dijual juga sih soalnya sampai menggunung kayak gitu juga sekilonya 3000 *malah promosi* :p

    ReplyDelete
  14. Di Banjar bisa ditemukan kardus teebel2 itu do tukang rongsok, Mbak. :D

    ReplyDelete
  15. Nah, kalau disini saya masih mencari dimana yang menjual kardus bekas, Mak

    ReplyDelete
  16. Eh gak nyangka ada loketnya juga, Mbak. Saya gak pernah beli kardus dalam jumlah banyak, paling banyak 2 buah pas pindahan kosan.

    ReplyDelete
  17. lagi nyari tempat jual kardus bekas begini nih di bekasi.... :(

    ReplyDelete
  18. aku kardu2 simpen mak..buat tempat main raffi bikin apa gitu :D kalo ke twmpat loakan gini biasanya beli kiloan kertas koran

    ReplyDelete
  19. aku kardus disimpen juga... sebagian buat dipakai, yang kira2 udah gak kepakai dijual ke loakan... kalo mak lusi perlu nanti saya kirim kardus bekas belanjaan warung saya hehehe...

    ReplyDelete
  20. klo saya mau jadi pengepulnya,spa yang mau jual kardus saya beli 800 rupiah
    sy akan jual lgi di tempat itu
    saya di jogja juga mba

    ReplyDelete
  21. aku cari jalan pingit kok gada ya? boleh minta ancer" atau lokasi di maps?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang, itu jl lama, sekarang jl Tentara Rakyat Mataram. Silakan lihat peta diatas.

      Delete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.