Friday, July 03, 2015

Adsense Apaan?

"Adsense Apaan" ini hanya mau cerita sedikit tentang kedodolan saya.

Akhir-akhir ini banyak teman blogger yang menulis tentang cara mendaftar adsense. Saya yang tadinya tidak tertarik, akhirnya terayu juga pengin nyoba. Sangsi juga sih sebenarnya karena model iklan diklik gini pernah nayangin tapi milik lokal. Hasilnya? Sudah bertahun-tahun cuma dapat beberapa perak, itupun nggak bisa dicairkan karena belum mencapai batas minimal revenue. Pokoknya wes wegah gitulah. Sama aja pasang iklan gratis di blog saya, kan?
Berhubung adsense ini sampai bikin teman-teman galau jika ditolak, saya penasaran dong. Berarti adsense ini worth to try banget. Diem-diem saya baca postingan teman-teman untuk mengetahui caranya. Oiya, saya buka rahasia dulu ya, sebenarnya pengetahuan blogging saya cetek, gaya ngeblog aja yang sok-sok meyakinkan. Meski saya tidak heboh tanya, tapi saya ikuti postingan teman-teman tentang blogging dan dengan keberanian penuh saya praktekkan sendiri. Kadang berhasil, kadang masya Allah ancur blog saya wkwkwkk.... Alhamdulillah selama ini selalu bisa kembali ke default dan permak-permak lagi dari awal.

Singkat cerita, saya pun mendaftar sebagai adsense publisher.

Oiya yang pengin tau caranya, googling aja, banyak kok yang sudah posting. Cara pendaftaran adsense secara lengkap juga ada di search help-nya google. Ketika saya masukkan email google dan password, eh saya ditanya google mau pake akun adsense yang sudah ada atau bikin baru lagi. Loh! Akun yang sudah ada apaan siiih???
Setelah saya baca lebih teliti, ternyata saya sudah punya akun adsense sejak lama. Sejak kapan? Hanya rumput di padang savana yang bisa menjawabnya. Deg-degan saya mengintip berapa yang sudah terkumpul. Jangan-jangan sudah berdollar-dollar. Ya Tuhan, mau Lebaran pulak! Ternyata sudah terkumpul........ $ 0.00. Wkwkwkwk ya iyalah buuuk, wong nggak dipasang iklannya darimana dapat duit?
Buru-buru saya pasang iklannya dan langsung pecah telor. Doain bisa segera terkumpul dollarnya ya teman-teman. Bantuin klik dong. Makasih ya.
Nah, pertanyaan kapan saya mendaftar ini yang belum terjawab. Saya buka rahasia lagi ya. Jaman baru-baru ngeblog dulu sempat terjerumus menulis artikel-artikel untuk teman-teman yang punya "sawah" di google. Saya nggak ngeh kok terlibat disitu. Yang jelas saya diajak karena bisa bahasa Inggris dan saya mau karena dibayar pakai dollar via paypal. Waktu itu saya kerja rodi banget karena artikel yang diminta sangat banyak, sampai nggak bisa kemana-mana. 
Setelah beberapa lama, dalam hati pun bergejolak karena yang membayar saya itu bisa kaya sedangkan upah saya cuma bisa buat jajan. Karena penasaran, saya nyoba ngulik blog saya. Yang saya tahu, teman saya itu bisa kaya dari google adsense. Nah, wes lah melotot disitu terus. Jaman itu tampilan dan instruksi google masih konservatif dan susah dipahami. Nggak ada report kayak screenshoot diatas. Postingan tutorial dari para blogger juga masih minim. Pengetahuan tentang adsense masih eksklusif disimpen group-group blogger cowok. 
Karena pegel mikirnya, akhirnya nyerah aja tetap jadi buruh nulis sampai kemudian mengenal yang namanya job review. Meski job review tidak pasti selalu ada, tapi sekali dapat, nominalnya jauh lebih baik daripada sebelumnya, meskipun sebelumnya nampak lebih keren karena pakai bahasa Inggris. Orderan nulis artikel berbahasa Inggris itu saya tinggalkan karena kemudian juga nggak sempat, saya punya olshop Ladaka Handicraft.

Mungkin dari klak klik muter-muter nggak jelas dulu membuat saya terdaftar sebagai publisher adsense tanpa saya sadari. 

Dahulu memang permohonannya lebih simple karena belum banyak blog atau website tipu-tipu, ataupun website dengan optimasi berlebihan. Saya aja yang nggak mudengan. Saya cek history juga bersih, belum ada peringatan apapun. 
Begitulah, officially saya sudah punya akun adsense. Bagaimana caranya? Lha embuh heheheee....

35 comments:

  1. hahaha...baru sadar yah udah punya akun adsense, Seandainya dari dulu sudah terpasang, mungkin sudah kebeli tuh emas 1 kwintal... Saran saya biar hasilnya lumayan besar. Pasang di bawah JUDUL posting mba. untuk tutornya banyak kok di om google.... Kalau di sidebar penghasilannya kecil...

    ReplyDelete
  2. kalo udah sukses dapet banyak dollar, bagi2 ya kaks, hihihi

    ReplyDelete
  3. tak klik mbak tenaaangg...
    aku kudu ganti template ini biar diapprove hikz *loh malah curhat

    ReplyDelete
  4. aku dua kali ditolaakkkk... harus tobat dulu sepertinya... :)))

    ReplyDelete
  5. Saya punya google adsense juga mak, caranya ? dibuatin sm hubby...saya sih cm tahunya nulis aja :)))
    Dicek udah ada beberapa dollar kalo dirupiahkan baru 300 rebuan...masih jauh dari batas bisa diambil yak xixixixi

    ReplyDelete
  6. hehehe, lucu, mak. :D tapi kayaknya emang dulu lebih gampang ya, kayak paypal juga dulu boleh daftar walo tanpa kartu kredit. sekarang untuk ngurus kek gitu harus nunggu sebulanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman aku paypal udah harus pakai credit card

      Delete
    2. Gegara semangat punya Adsencen, aku juga bikin CC buat verifikasi akun paypal akuh.
      Krn GA di banned, ya sdh itu CC juga ikutan ta Banned...eh...ta off-kan ding

      Delete
  7. Aku juga punya akun Adsen, namun tak bisa dimanfaatkan di blog personal. Entah beberapa tahun lalu saya pasang, eh, kayaknya ada komentator pasang program tertentu di box komen yang membuat Google mengatakan bahwa blog saya melanggar kebijakan mereka. Lah aku aku bingung. Tambah binggung lagi katanya blogku mengandung pornografi..Hahaha..Ya sudah sampai sekarang gak aku urus itu adsense..

    Tapi kalau melihat keberhasilan teman-teman di Adsense dan membaca tulisan Mbak Lusi ini, jadi pengen juga membereskan urusan dengan Google...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. MEskipun komentator aku filter dulu tp sebenarnya aku nggak terlalu paham filter yg bener spt apa. Gara2 komen aku buka dulu, blogku sempet kolaps bbrp hari.

      Delete
  8. Senasib spt Mbak Evi, dulu sdh pasang GA ini dan sdh terkumpul lumayan juga hampir $30 (kan setelah minimal berapa dollar gettu nanti kita dikirimi semacam postcard yg isinya utk verifikasi akun GA kita), ehhh...tau-tau di banned.

    Kalau mau punya akun GA lagi, sptnya aku kudu bikin blog baru dgn email yg baru pula

    *jd pengen sedih lagi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kok eman2? Udah pernah ditanyakan knp?

      Delete
  9. aku mau daftar lupa terus mbak :)

    ReplyDelete
  10. Aku ditolak oleh google tapi masih penasaran pengen utak atik lagi, dulu sempat sih ikut pasang iklan tapi lama2 kok liat blog sendiri penuh iklan berasa pasar aja hihihi...

    ReplyDelete
  11. mbakkk,, saya punya dari tahun kapan gitu sampe sekarang penghasilan belum bisa dicairkan, lha wong blognya masih ecek2 hahah

    ReplyDelete
  12. hihi...selamat mba lusi...
    lumayan current balance-nya sudah 0,07 dolar hehe...

    oiya aku penasaran, balesan komen diatasku maksudnya gimana ya mba, "gara2 komen aku buka, blogku sempet kolaps"...Kolaps gmn mba lusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didalam komen itu ada virusnya gede bgt smp 1 folder sdr. Untung dibantuin adikkku n hostingnya utk memulihkan.

      Delete
    2. Walaaahhhh....duuuhhh...brarti tempatku kudu di filter dulu dong ya ini...tak buka terus soalnya...trus komennya sudah tak aktifin "anyone" skrg...hoho...
      makasih infonya mba lusi :)

      Delete
  13. Sayaa sudah pernah daftar, ditolak Mak. Hihihi.
    Ini ganti domain kudu nguli dulu deh biar postingannya dikenal sama google dulu.
    Hooh kalau lihat teman-teman blogger pada dapat piti aias uang dari adsense kok enak ya. Padahal agak njlimet deh kalau menurutku prosesnya.

    ReplyDelete
  14. Bahahah.. :D

    Aku malah ngga pasang, Mbak. Biar aja bersih gitu. Kekekekekk :P

    ReplyDelete
  15. Aku udah kapok dengan adsend. Maleees ditolak mulu. Sekarang malah dapet yang lebih gede penghasilannya

    ReplyDelete
  16. Wuuhuuu. Selamat beradsense, Mbak :D Aku dulu juga sempet pasang yang lokal itu di blog yang lain. Tapi ya gitu, lama-lama mikir, emang ada ya yang ngeklik? Haha. Orang aku aja ke blog yang terlalu banyak iklan aja males mantengin XD
    Kalau blogku yg sekarang itu mah emang sengaja bersih dari semua iklan. Memang niat fokus ke sponsored articles aja :D Hee...

    ReplyDelete
  17. Mbakkk saya sudah punya, tapi yang nyari2 itu suami saya, jadi tetep gak ngerti deh gimana cara dapetinnya, tetiba sudah dipasang di blog, kata suami sih susah dapetinnya. saya juga pernah ditawarin mbak untuk menuliskan sesuatu dan dipasang iklan di dalam postingan nanti fee nya dibagi dua, etapi saya gak mau mbak nanti postingan saya banyak iklan baris dan malah ditinggalin pembaca

    ReplyDelete
  18. HIhihi..
    Suka ngiler liat temen-temen yang udah punya penghasilan dari Adsense. Eh tapi, aku kok males ya ngelamar. Ga tahu deh, berasa gimana gitu ya di blogku ada iklan. *belagu banget, ya* :)))

    ReplyDelete
  19. saya udah 2 kali ditolak adsense.
    bingung mau gimana dan apa yg harus diperbaiki.

    oh ya, saya sih make acces trade sekarang.
    masih belum menghasilkan sih tapi semoga aja

    ReplyDelete
  20. kirain mba Lusi sudah dapet jutaan dari adsense .. selamat mba sudah pecah telor :)

    ReplyDelete
  21. Waaahhh... Andai dulu tulisan pesanan itu utk blog mba lus sndiri dan dioptimasi adsensenya, mgkin saldo revenue gk nol gitu yaa :v

    ReplyDelete
  22. iya dulu masih gampang ya mak Lus. Aku dulu daftarnya via blogspot th 2007. Sekalinya kenal job review jadi mulai zig zag nih, kok enakan job review ternyata *nulis Inggris susaaahhhh :D

    ReplyDelete
  23. wkwkwkwkw ternyataahhh.....aih dirimu ada-ada aja mba...mupeng juga akyu dengan adsense tetangga yang berjeti2 hihihi

    ReplyDelete
  24. huhu...saya baru nyoba lagi resubmit setelah sebulan yg lalu ditolak. gaya-gayaan ya mbak, wong blog sy jg masih mencari identitas gitu. tp pingin bgt bisa dapat uang dr blog. niatnya sih gitu

    ReplyDelete
  25. Aku juga udh terdaftar adsense, my boy yg bikinin. Jadii...tetep aja gak mudeng carane piye, hihihi
    Tapi cepet kok, enggak sampe seminggu langsung acc, tapi dollarnya belum sahabatan ama dakuw mbak, wkwkwkkk

    ReplyDelete
  26. huaaa aku blom nyampe masang2 itu mba. lha ini blog baru masih bingung cara nambah temen di blogroll, masukin link2 dll. kudu sinau maneh. aku berguru yaaa ama mb :)

    ReplyDelete
  27. kalau saya sadar waktu ndaftar dulu mbak, tapi nggak ngeh kalau adsense itu potensial banget, sementara seorang teman yang masih mahasiswa sudah bergaji jutaan, saya masih nggak ngeh juga... baru dua tahun belakangan saya seriusin lagi,....

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.