Thursday, July 30, 2015

Boros Belanja Untuk Pengharum atau Pewangi?

Apakah kamu termasuk boros pengeluaran untuk membeli pengharum atau pewangi? 

Pengharum apa saja yang kamu beli?
Boleh dibilang saya pengharum freak, semua-semua mau dikasih pengharum. Tapi herannya, saya tidak mengkoleksi parfum. Yup, betul, karena mihil. Hihiiii.... Jadi parfum saya cuma dua, satu untuk harian, satu lagi yang aromanya lebih lembut untuk kondangan. Selebihnya cuma mengandalkan deodoran.
kucing wangi pengharum
Bed covernya wangi, kucingnya juga wangi :D
Perempuan suka serba wangi, kalau bisa seluruh rumah harus wangi. Kalau dituruti, habisnya banyak sekali. Tapi bukan perempuan namanya kalau tidak menemukan kalimat pembenar. Yang sering dilontarkan, "Ini irit kok, sebotol bisa untuk sebulan."
Heheheee.... tapi baru dua minggu sudah ribut nggak wangi lagi, lalu mencari-cari alasan untuk membeli lagi. Yuk kita bikin daftar pewangi apa atau bahan apa yang wajib mengandung bau harum yang sering saya beli. 

  1. Parfum 
  2. Deodoran
  3. Hand body
  4. Hand sanitizer
  5. Hand soap
  6. Sabun mandi
  7. Pewangi cucian
  8. Pewangi setrikaan
  9. Pengharum kamar mandi
  10. Pengharum ruangan
  11. Cairan pel
  12. Cairan pembersih peralatan dapur
  13. Cairan pembersih kamar mandi
  14. Pengharum mobil
Wew, ternyata banyak dan beberapa item tersebut ada yang jumlahnya lebih satu. Pewangi mobil misalnya, saya pakai tiga untuk jok depan kanan kiri dan jok belakang. Sangat boros! Karena itu, saya memutuskan untuk tobat. Hihihiii..... Harigini harus pandai-pandai berhemat, karena selain bisa untuk nabung, juga untuk menjaga lingkungan. Eaaa.... Semakin sedikit kita menggunakan bahan kimia, semakin sedikit ancaman terhadap lingkungan. Terlebih beberapa pewangi semprot menggunakan aerosol yang berbahaya.

Jadi, pertama-tama harus dilihat kembali apakah kita membeli pengharum atau pewangi karena kita benar-benar membutuhkannya atau sekedar sugesti bahwa tanpanya ada yang kurang?

Setelah dicoret mana saja yang kurang perlu, harus dilihat juga kandungan bahan dan cara pemakaian kita. Apakah bahan yang digunakan irit dan aman, atau masih boros dan malah merugikan.

KEPERLUAN BADAN (No 1-6)
Untuk keperluan badan boleh dibilang termasuk rata-rata aja kan? Banyak yang lebih boros, beli macam-macam parfum. Tapi tujuannya disini tidak untuk mencari pembenaran, melainkan untuk berhemat. Jadi, tidak boleh membandingkan dengan yang lain, lebih baik menekan kebutuhan sendiri saja.
Pelembab-pelembab tubuh penting untuk menjaga kadar air di tengah musim kemarau dan untuk menahan penuaan dini. Hiks.

KEPERLUAN BUSANA (7-8)
Teman-teman pernah sesekali ke laundry kan? Wanginya awet. Suka banget. Tapi kalau kita perhatikan wewangiannya tidak disemprot ketika sedang setrika, melainkan sesaat sebelum dibungkus plastik, jadi seperti diperam. Sepertinya pada saat mencuci tidak diberi pewangi juga.
Nah, terasa berlebihan jika menggunakan dua-duanya ketika mencuci dan setrika sendiri, jadi pilih salah satu saja. Pada saat mencuci atau pada saat setrika. Keduanya memiliki plus minus. Jika pewangi ketika mencuci cukup baik, wanginya akan awet merata keseluruh kain. Tapi jika tidak, wanginya langsung hilang kena angin ketika dijemur. Demikian pula dengan ketika sedang disetrika. Meski meninggalkan wangi yang lebih terasa tapi tidak bisa merata ke seluruh kain.

KEPERLUAN RUANGAN RUMAH (9-13)
Terbanyak pengeluaran pengharum ada di pengharum ruangan ini. Terlebih karena per kebutuhan bisa terdiri dari beberapa item. Misalnya cairan pembersih kitchen sink, kompor dan keramik yang saya sendirikan dan semuanya harus wangi. Begitu pula cairan toilet dan lantai kamar mandi yang saya sendirikan dan semuanya harus wangi. 
Semenjak tobat, saya menggunakan cairan serbaguna yang bisa untuk semua alat. Dan seperti yang saya tulis diatas bahwa semua bahan kimia itu berbahaya, maka jika tidak sedang sibuk, saya mencoba cara-cara lain yang saya temukan di internet, misalnya menggunakan asam citrat, cuka, kulit jeruk, odol, ampas kelapa dan sebagainya sebagai pengganti. Jika sedang tidak ada waktu, minimal saya perhatikan kandungan bahan kimianya yang tidak terlalu kuat. Saya juga menggunakan kesegaran udara luar untuk mengantikan wewangian dalam ruang tertutup.

KEPERLUAN MOBIL (14)
Saya pernah mencoba mensubsitusi pewangi mobil cair dengan gel yang jauh lebih murah. Ternyata ada yang mengatakan bahwa bentuk gel dapat menyebab kerak ketika terhisap kedalam mesin. Jadi, apakah yang benar menggunakan pengharum cairan? 
Enggak juga! Apapun jenis pengharumnya mengandung bahan kimia yang lama-lama tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika ditaruh dekat blower dan dalam kondisi mobil selalu tertutup untuk waktu yang lama. Yang benar adalah, bersihkan saja mobil. Biasanya mobil ibu-ibu penuh dengan makanan anak-anak, termasuk piring, gelas dan wadah kosongnya. Secara berkala service mobil supaya saluran-saluran udara dibersihkan untuk menghilangkan bau apek dan lembab. Gunakan pewangi alami dari kayu manis, melati dan lain-lain. Tapi sementara ini belum, masih menggunakan pengharum cair. Heheee.... Habis baru nemu tipsnya di internet. Kapan-kapan kita bikin DIY-nya yuuuk.

Nah, jika teman-teman pengharum atau wewangian freak, dilihat lagi yuk kebutuhannya. 

Meskipun membeli pengharum atau pewangi mungkin tidak mengganggu budget rumah tangga teman-teman, tapi pikirkan juga tentang lingkungan dan kesehatan badan. :)

31 comments:

  1. Mak, mohon maaf lahir dan batin, ya.

    Wah, kalau ditotal banyak bener ya keperluan pengharum.
    Di rumah saya ga ada hand soap, Mak.

    ReplyDelete
  2. deodorant pake,pewangi baju pake,pewangi setrika pake,handbody pake cumaaaa....belinya setahun sekali *g abis2 soalnya wkwkwkwk*..eh baru tahu kalo yang londri itu disemprotnya pas mau dbungks,pantesan harumnya minta ampunnn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya wanginya langsung ilang pas bungkus dibuka

      Delete
  3. Keren mba udah coba-coba pengharum dari bahan alami, saya sih kurang berinovasi jadi seringnya beli instan jadi ya gitu deh masuk kategori boros pengharum hehehe

    ReplyDelete
  4. aku pakai di kamar mandi mbak, soalnya alvin gak bisa cium gak enak sedikit muntah :) tapi di tempat lain sih gak pakai

    ReplyDelete
  5. Hihihi...kalau diitung-itung emang banyak ya Mak duit yang dikeluarin buat beli pewangi ini. Tapi kalau udah terbiasa mau nggak beli ya gimana gitu. Apalagi baju kalau udah terbiasa pakai pewangi terus nggak pake kok ya gimana gitu *gaya*

    ReplyDelete
  6. Sabun mandiiii aku juga kak, suka pnasaran klo ada varian baru hihi

    ReplyDelete
  7. sebenernya yg diinginkan banyak mak, tapi saya tahan aja, yg penting badan di rumah ga terlalu bau :D toilet harus terus dibersihkan biar ga bau. kadang semprotan buat setrikaan saya pake buat nyemprot rmh jg biar ga terlalu bau :p

    ReplyDelete
  8. Aku juga boros pake pewangi, apalagi parfum. Wajib soale kudu wangi qiqiqi

    ReplyDelete
  9. lihat kucingnya tidur jadi pengen tak cium. Aku cuma punya pengharum mobil dan baju aja mak...hehehe

    ReplyDelete
  10. dari beberapa dalam list, aku rasa aku hanya beli parfum (a*e), handbody (v*s*l*ne man) dan sabun, hihi

    ReplyDelete
  11. kalau saya termasuk yang irit mak, di mobil pewangi di bagian depan aja, di dlm rumah ada pengharum pel aja heheh pengharum cucian pake klo sekiranya cucian ga kering sehari, karena di lemari baju udah digantungin pengharum *irit* hehhe

    ReplyDelete
  12. kalo saya nomer satu adalah deodoran mbak, gak pake parfum gak masalah yg penting deo dulu.
    btw, aku pernah liat acara pagi2 di trans tv ada info kalo terlalu sering pake hand sanitizer itu gak bagus mbak, membunuh kuman baik apaah gitu

    ReplyDelete
  13. Sudah fitrah manusia, cowok atau cewek, mereka tentu pengen selalu wangi. Kanjeng Nabi juga sangat suka segala yang beraroma wangi. *Ikutan chek list pewanginya ah... :)

    ReplyDelete
  14. semua sama kecuali pengharum mobil soale belum punya mobil, saya yang boros itu malah pengharum ruangan mbak, sama pengharum kamar mandi, pengharum badan sendiri mengandalkan pewangi pakaian, kalo parfum cuma punya satu dan dipakai kalau ada acara penting2 aja, selebihnya mengandalkan wangi yang tersisa dari pewangi pakaian, deodorant dan hand body lotion

    ReplyDelete
  15. maaf lahir batiiin mba, iya katanya pewangi bahaya juga ya buat kesehatan, deodoran ni aku agak2 takut jadi seulas aja di ketek...masih cari merek aman

    ReplyDelete
  16. Iya beneeer Mbaak. Saya juga baru kalau nyuci di kiloan itu pengharumnya di kasihkannya pas dimasukkan ke dalam kantong plastik. Tapi herannya kok wanginya bisa tahan lama ya..

    ReplyDelete
  17. Aku juga suka yang wangi-wangi. Semua hal pasti pake pewangi. Cuma kalo badan jarang pake parfum. Suka puyeng, Mak. Hehehe ndeso. Kecuali kalo wanginya lembut dan seger banget. Jarang banget beli parfum badan. Sering gak cocok sih. Tapi parfum banyak, dari kado gitu. Jadinya dipake si anak gadis. Badanku cuma ngandelin sabun, lotion, dan pewangi pakaian :D

    ReplyDelete
  18. Ternyata banyak juga kalau udah dilist, ya. Kalau parfumnya yg mihil2, memepengaruhi keuangan juga tuh. :D

    Aku pakainya Bodymist, tak pake deo. :D

    ReplyDelete
  19. Aku pewangi irit mak, badan cm parfum, hand body. Rumah pengharum ruangan dan pewangi sklgs detergent untuk nge pel. Kaya kaya hand soap...dll pake tp kupikir bkn masuk ke pewangi hihihii.
    Mobil cm parfum aja satu yg menyebar ke seluruh ruangan ^_^

    ReplyDelete
  20. ternyata banyak juga pengharum yang biasa bersemedi di rumah, biasanya cuman beli sja nggak pernah ngitung ngitungin hehe

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.