Pusat-pusat Ponsel, Sparepart dan Aksesorisnya di Jogja

Wednesday, July 15, 2015

Karena nggak bisa mikir selain tentang jalan-jalan kuliner lebaran, mendingan posting yang ringan-ringan saja tentang pusat-pusat ponsel, sparepart dan aksesorisnya di Jogja, siapa tahu teman-teman yang sedang tebel dompetnya berkat THR membutuhkan informasi tersebut.

pusat ponsel handphone Kranggan
Pusat Ponsel Kranggan

Ponsel dan aksesorisnya selama lebaran berubah menjadi kebutuhan primer karena penting untuk berkirim salam dan mengabadikan momen tersebut. Ponsel mampu mendekatkan tali silaturahim meskipun tidak bisa bertemu langsung pada lebaran kali ini. Semakin lama ponsel juga menggantikan fungsi kamera karena resolusinya yang makin baik dan memudahkan untuk berbagi momen dalam waktu singkat. Segala perlengkapan ponsel dengan mudah bisa kita beli secara online.

Tapi bagaimana jika pas mudik ke Jogja ponsel mengalami masalah? Misalnya kaca pecah, baterai soak atau keypad rusak? 

Atau karena lagi baik hati banyak rejeki pengin beliin keponakan ponsel baru? Atau karena keponakan banyak, dibeliin casingnya aja deh satu-satu? Nah, ini dia tempat-tempat yang mungkin bisa dituju. Tempat-tempat ini memiliki keunggulan sendiri-sendiri, disesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau nggak tau lokasinya, tanya keponakan atau tanya google maps dan waze aja ya.

1. Pusat ponsel Kranggan. Letak persisnya bukan di Jl Kranggan, melainkan Jl Poncowinatan, namun persis di belakang pasar Kranggan. Jika dari utara, belok kiri sebelum perempatan Pingit. Jika dari selatan, belok kiri setelah Tugu. Jika dari utara, jangan lewat Pingit ya, karena tidak bisa u-turn akibat median jalan yang ditutup palang oleh polisi dan sepertinya belum akan dibuka. Tempat ini menjadi andalan saya untuk membeli aksesoris, mencari sparepart atau service diluar garansi produsen. Sparepart disini cukup lengkap. Yang di tempat lain tidak ada, coba saja cari disini. Ada beberapa toko disini yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tempat ini selalu ramai dari pagi sampai malam, bahkan service ponsel digelar diluar toko sehingga kita bisa melihat prosesnya. 

2. Jogjatronic Mall. Terletak di Jl Brigjen Katamso. Tempat ini menjadi andalan saya untuk mencari gadget baru, baik ponsel maupun laptop. Disini juga ada sparepart, aksesoris dan service. Pilihan tokonya lebih banyak tapi kadang dimiliki oleh satu orang yang disebar ke beberapa lantai sehingga jualannya sama, tidak saling melengkapi.

3. JEC, Jogja Exhibition Center. Sebenarnya tidak ada toko ponsel disini, tapi di tempat ini sering diadakan pameran gadget. Nah, yang pengin gadget baru tapi masih sabar menunggu, perhatikan saja pameran-pameran yang diadakan disini. Biasanya peserta pameran cukup banyak sehingga memudahkan kita untuk membandingkan spesifikasi dan harga.

4. Ramai Mall, Jl Malioboro. Meski tidak seterkenal yang diatas, tapi kios ponsel disini cukup banyak dan tak pernah sepi pengunjung, terkumpul di lantai atas. Saya pernah sekali beli ponsel disini.

5. Pusat Kulakan Handphone Jl Laksda Adi Sucipto. Tepatnya dibawah KFC, di pertigaan UIN Sunan Kalijaga. Meski tidak sebesar yang diatas, tapi lumayan lengkap juga. Saya pernah mampir kesini sebelum ke bandara untuk membeli tongsis.

6. Pusat Kulakan Handphone Progo, Jl Suryotomo. Letaknya di Progo Swalayan. Kiosnya tidak terlalu banyak, tapi saya pernah beli keypad disini.

7. Jogja Phone Market, Wisma Hartono, Jl Sudirman. Tepatnya diatas KFC. Kiosnya juga tidak terlalu banyak. Saya pernah kesini tapi tidak menemukan yang saya cari.

8. Lantai bawah Ambarukmo Plaza. Meski kiosnya cukup banyak tapi tidak terlalu ramai.

9. Samijaya Phone Market, Jl Malioboro. Tepatnya sebelum Hotel Mutiara atau seberang Toko Liman. Tidak terlalu kelihatan sih, kalau tidak memperhatikan. Saya sudah pernah masuk sih tapi cuma lihat-lihat aja. Pulangnya saya beli lumpia enak didepannya. Hihiii....

10. Pasar Klithikan Kuncen, Jl HOS Cokroaminito. Kalau disini sih buat yang second. Tapi ramenya nonstop lo.

Selain daftar diatas, masih banyak lagi toko-toko mandiri (tidak bergabung dengan toko atau kios lain di tempat tertentu) di sepanjang Jl Gejayan, Jl Kaliurang, Babarsari dan sebagainya yang umumnya didekat kampus. 

You Might Also Like

8 comments

  1. kalau di Batam ada mallnya khusus konter hp seken dan baru,kl di Siak toko2 biasa hehehe...

    ReplyDelete
  2. dari semua tempat yang saya tau cuma JEC karena pernah nginep di hotel tepat di depan JEC hihi

    ReplyDelete
  3. pasarnya besar ya mbak di dekat kampus maklum anak kuliah sekarang update gadget

    ReplyDelete
  4. Yang dulu tempat terminal umbul arjo itu apa namanya ? JEC atau jogjatronik ? aku disitu dulu hampir lima tahunan, masih ingat waktu ada gempa dulu. serem.

    ReplyDelete
  5. Pusat ponsel dan spareparts beserta aksesorisnya sepertinya selalu rame pengunjung ya. Ponsel sudah menjadi kebutuhan di zaman sekarang ini :)

    ReplyDelete
  6. Yg di Jogjatronik, sdh ke Theraphy ponsel. Kalau ke Kranggan, saat itu msh garansi trs di sarankan ke Center service. Nah karena skrg masa gransi sdh habis, kayaknya kudu balik nyobain ke Kranggan neh

    ReplyDelete
  7. saya belum pernah ke jogja, jadi belum tau daerah dareah tempat jual HP

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.