Berburu Tanaman di Jogja

Tuesday, August 18, 2015

Kemana sih kalau berburu tanaman di Jogja?

pasar tanaman PASTY Jogja

Sebenarnya banyak sih penjual tanaman di Jogja, tapi ada beberapa yang bergerombol membentuk kelompok, sehingga memudahkan kita mencari tanaman yang diinginkan. Kalau tidak ada di penjual yang satu, bisa ke penjual disebelahnya. 
pasar tanaman PASTY Jogja


Euforia tanaman memang sudah berlalu, terlindas hingar bingar batu akik. Suasana batu akik ini sama seperti ketika dulu orang tergila-gila dengan tanaman. Dulu setiap kedatangan saudara dari lain kota, selalu ada misi tambahan mencari aglaonema yang waktu itu harganya selangit hingga dihitung per tangkai daun, yang kebetulan ada didaerah kami. Saya juga pernah ngobrol diruang tunggu bandara dengan seorang ibu yang akan ke Bangkok, khusus kulakan tanaman hias. Masih teringat pula heboh gelombang cinta yang menutup masa keemasan tanaman tersebut.
pasar tanaman PASTY Jogja

Saat ini pameran tanaman masih tetap ada meski frekuensi jauh berkurang. Tanaman-tanaman berharga fantastis tersebut tak lagi dilirik orang. 

Namun ada kecenderungan menyenangkan dengan makin sukanya orang terhadap tanaman buah dalam pot (tabulampot) dan hidroponik. 

pasar tanaman PASTY Jogja

Bagaimanapun, kegemaran akan tanaman, apapun itu, harus terus dipupuk karena bumi yang makin panas ini membutuhkan "pendingin" alami. Apalagi peralatan berkebun bisa dibeli online.
Menanam itu susah-susah gampang. Yang punya ilmunya seperti teman saya evrinasp.com tentu dengan mudah mengantisipasi gangguan pada tanaman. Ada yang bilang pula kalau menanam itu bakat, yang tangannya "dingin" pasti berhasil. Saya sih, diantara keduanya. Saya menanam dengan kasih sayang. Eaaa.... Maksudnya saya, kalau saya suka, pasti saya sentuh tiap hari tanpa terlalu banyak treatment, cuma digemburkan tanahnya dan disiram air pasti sukses.
pasar tanaman PASTY Jogja

Kalau saya nggak suka tanaman tersebut, ya saya biarin saja atau saya tebang. Beberapa waktu lalu saya menebang dua pohon besar didekat rumah saya karena berbahaya jika hujan angin (waktu itu musim hujan). Eh, malah tetangga sayadatang dan protes, takut "penunggu"nya kelayapan nggak punya "rumah" 7. Duh buuu, iman ibu kemana ya? 
Sejauh ini cuma pohon mangga yang belum bisa saya taklukkan, jadi khusus tanaman tersebut tidak pernah lagi masuk daftar saya sejak lama. Heheheee....
Kembali ke berburu tanaman di Jogja.
pasar tanaman PASTY Jogja

Daftar pusat tanaman berikut tidak memasukkan kios tanaman yang berdiri sendiri atau dalam kelompok kecil, ya.

  1. PASTY (Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta) di Jl Bantul. Pertama kali berkunjung ke tempat ini ketika PASTY diresmikan. Pasar hewan dan tanamannya berhadapan, terpisah oleh Jl Bantul. Waktu itu tanaman belum banyak dan kios baru beberapa saja. Kemarin saya kesana, kiosnya sudah banyak dan tertata rapi sehingga memudahkan kita memilih. Karena diutamakan tanaman hias, maka kios-kios disini jadi cantik. Banyak yang lucu-lucu disini seperti aneka kaktus, bunga warna warni dan tanaman dalam botol. Namun demikian, ada juga tabulampotnya. Kemarin ada tanaman mangga yang sudah berbuah banyak. Nah, ini dia, daripada sibuk menaklukkannya, mendingan beli aja yang sudah berbuah. Alhamdulillah, pohon mangga tersebut sudah laku ketika saya tanyakan, tinggal diambil sama yang beli, karena harganya Rp 750.000,-. Hihihiii... melirik dompet tipis lah waktu itu. Akhirnya saya beli tanaman kelengkeng seharga Rp 35.000,-. Ditengah kompleks tersebut ada pendopo yang bisa digunakan untuk berbagai acara. Kemarin itu ada anak-anak TK yang sedang belajar menanam.
  2. Jl Raya Gembira Loka, disamping Kebun Binatang Gembira Loka. Ini adalah langganan lama saya. Beda dengan PASTY yang bersih, disini seperti layaknya penjual tanaman itu yang luas dan kita harus masuk untuk melihat-lihat. Jenis tanamannya beragam, tapi rupanya yang bagus-bagus sudah dibawa ke tempat-tempat seperti PASTY. Yang disini kebanyakan sedang dibibitkan atau malah yang sudah besar-besar. Keunggulan tempat ini dibanding PASTY adalah kios-kios penjual peralatan menanam yang komplit, dari mulai pot berbagai bentuk, ukuran dan keperluan, berbagai macam tanah dan pupuk, hingga kerangka besi dan kerikil penghias taman. Orang-orang disini juga ramah. Jika tidak menemukan yang kita cari di satu kios, mereka akan menyarankan kita untuk mencari di kios temannya. Persaingan sehat.
  3. Jl Godean. Tepatnya saya kurang paham di kilometer berapa tapi yang ini sangat luas di kanan dan kiri jalan, jadi nggak mungkin terlewat. Mungkin disini lebih cocok untuk mereka yang akan memborong bagi keperluan kantor atau kompleks perumahan. Tapi banyak juga sih mobil-mobil pribadi yang berhenti dan membeli satu dua pot saja.
  4. Jl Kaliurang, sebelum Mirota dan Raminten cabang Jl Kaliurang. Tempat ini cukup luas tapi tidak seluas yang di Jl Godean. Saya belum masuk pernah kesini sih, cuma lewat-lewat aja.
pasar tanaman PASTY Jogja

Saya juga dapat info dari tante saya kalau Departemen Pertanian yang dibelakang stadion Mandala Krida itu juga menjual bibit tanaman. Saya pernah juga melihat plang yang menyatakan itu waktu lewat. Tapi saya belum pernah kesana, agak sungkan kalau beli sedikit. Heheheee.... Nantilah kalau sudah terkumpul niatnya, saya tak main, eh datang kesana. Habis itu saya ceritain di blog ini. 
Teman-teman punya tanaman apa dirumah? 

You Might Also Like

32 comments

  1. Wah...banyak ya Mbak tempat penjualan bibit tanaman di Yogya.. Apa semacam pusat pembibitan tanaman gitu ya?

    ReplyDelete
  2. hihiihi kok neban pohon di bawa-bawa mistis gitu ya mbak. Bismillah aja lah daripada menganggu keselamatan ya pohonnya

    ReplyDelete
  3. Seandainya rumahku ada banyak tanaman hias pasti tiap pagi-pagi dan sore hari akan sejuk udaranya :D

    ReplyDelete
  4. Mbak, di depan kantorku (lapangan pemda) tiap hr Jum'at ada pasar tani. Trus ada yg jual tanaman hias, mayoritas ANggrek..cantik-cantik banget anggreknya

    ReplyDelete
  5. Kebanyakan di rumahku pohon buah. Sekarang lagi nyoba nanam sayuran, tp belum berhasil. Disinyalir karena bibitnya yg gak bagus hehehe. Pengen sih nanem bunga, tapi entah kenapa, kalo bunga pasti hancur digaruk2 si Don -_-

    ReplyDelete
  6. tanamannya lucu-lucu bangeeet...so imut deh mak..jadi pengen berburu tanaman jugaa :)

    ReplyDelete
  7. aku suka sekali tanaman..lihat tanaman2 ini pengen aku culik aja...mau aku taruh di teras rumah :)

    ReplyDelete
  8. punya. tp ga telaten merawatnya, akibatnya satu satu mati :(

    ReplyDelete
  9. aku juga suka banget ma yang ijo ijo gini bikin seger mata
    apalagi anggrek

    ReplyDelete
  10. seru sih sepertinya mainan tanaman, cuman ya tangan saya ga berbakat kali ya. DUlu pernah rajin banget tanam2 pakebibit gitu, eh paling sampe 5cm udah mati aja wkwk. Sekarang mah ga pernah bersenuhan sama tanaman lagi, apalagi disiplin ilmu yg sekarang ga bersinggungan sama sekali sama tanaman hehe

    ReplyDelete
  11. Bunganya cantik-cantik. Ini kalo mamaku liat pasti seneng, suka dan telaten ngerawat tanaman. Kalo aku, suka ngeliatnya aja deh hihihi. Paling suka dengan kaktus yang imut2 itu :)

    ReplyDelete
  12. Aku suka beli yang daerah Gembira loka, deket sama rumah.

    ReplyDelete
  13. saya cmn suka liatnya aja mak... ngurusnya mah ga suka :))

    ReplyDelete
  14. aku donk.. berhasil nanem mangga, tapi baru 30 cm, udah dicabut sama tetangga.. jangan-jangan teteanggaku takut nanti penghuni di rumahnya pindah ke pohon manggaku ya :D

    ReplyDelete
  15. deket gembira loka itu lho mbak saya dulu sering lihat orang jualan tanaman..
    jadi kangen jogja lagi ini, hehehe..

    ReplyDelete
  16. Kalau di jakarta, di departemen pertanian klo gak salah di jaksel...ada terus..hihiii, iya ya semua berbalik pada iman mengenai menebang pohon

    ReplyDelete
  17. Pas gelombang cinta lagi hapening nih Mak, bapak ikutan 'edan'. Nah, sekarang? Hihihi...Noh noh ngejogrok nggak keurus. Kan sayang ya. Etapi kalau di daerah Semarang tuh yang banyak jualan bunga di daerah Bandunga\n. Jarang beli sih Mak, takutnya kalau ditanam di rumah jadi mati karena beda suhunya.

    ReplyDelete
  18. Mak, saya wal2 seneng, rajin nyirami, lama2 kok ya males :(
    Infonya komplit banget, Mak.

    ReplyDelete
  19. Mak, saya wal2 seneng, rajin nyirami, lama2 kok ya males :(
    Infonya komplit banget, Mak.

    ReplyDelete
  20. Wah... jadi keingetan halaman rumah yang sekarang gak keurus gara-gara abis renov rumah. Kangen sama tanaman yang segar. Kudu berburu tanaman nih...

    ReplyDelete
  21. jadi ngileeeer nih liat koleksi tanamannya yang bejibun, subur dan tertata apik. Andai saya main ke yogya, mampir bisa bawa salah satu gak ya mba #Pluk-ditimpuk ama roti mandarin :)

    ReplyDelete
  22. Wah cantik cantik ya sis tanamannya,, mumpung besok sabtu ane ke Jogja mungkin bisa mampir kesitu buat oleh oleh orang rumah.. hehehe..
    Ohh ya kalau ada waktu mampir ke blog baru ane ya gan sebagai tanda persahabatan..

    ReplyDelete
  23. Aku juga klo punya rumah sendiri berencana meliara tanaman di pot2 gitu mak :D

    ReplyDelete
  24. wah saya lagi akan memulai perjuangan mbak hehe....

    ReplyDelete
  25. Mbak, saya numpang promosi yaa karena ga ada lapak offline macam di pasty dan gembira loka. Di maguwoharjo, sleman kami ada Kebun buat konservasi. Cuma lahan Kebun terbatas udah penuh sesak sama tanaman hias dan herbal. Jadi kami berniat menjual koleksi tanaman hias kami. Dan pembeli boleh bawa pulang Bibit pohon sesukanya gratis. Yang berminat hubungi saya yaa di whatsupp 085691696491. Nuwun :)

    ReplyDelete
  26. seringnya ke Pasty bu
    yang mumer dan sekalian lihat di pasar hewannya
    jl godean juga ada beberapa

    ReplyDelete
  27. maaf mb mau tanya itu yang cabang sblm mirota mana ya? bisa di perjelas alamat nya? karna mirota kan banyak kalau yang di jalan kaliurang sebelah mananya ya?
    Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya mirota batik Jl Kaliurang ya. Kalau dari arah kota sebelum mirota batik, di kanan & kiri jalan banyak kok.

      Delete
  28. Di jalan Godean ada juga di Pasar Tlogorejo namanya, masih di dalam ringroad, kalo dari arah kota ketemu Giant maju sedikit ada lampu merah maju lagi beberapa meter di sebelah kiri ada gerbang besar ada tulisan Pasar Tlagareja. Disitu jg kayak di Pasty, banyak tanaman hias dan buah, murah2 jg.

    ReplyDelete
  29. Dari dulu pengen melihara tanaman tapi takutnya mati mulu, maklum saya bukan org yg bertangan dingin mba hehe

    ReplyDelete
  30. KLo mo beLi tanaman bunga cempaka dimana??

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.