Kalau pengin tahu coverage 4G LTE Smartfren di Yogya ya harus keliling melakukan speed test.

Ceritanya ada email masuk ngajak drive test. Saya langsung bersemangat karena meski hobi saya roadtrip, selama ngeblog baru sekali saja diajak drive test pabrikan mobil. Suka senewen kalau lihat blogger yang diajak drive test malah yang nggak bisa nyetir. Tapi tunggu! Ini yang ngajak Smartfren, kok drive test

Ternyata yang dimaksud adalah network drive test, yaitu speed test tapi dengan cara keliling kota. Nah, ini baru bener. Kalau speed test di satu tempat aja kan bisa milih yang sinyalnya paling oke, tapi kalau dengan jalan-jalan begitu, apapun bisa terjadi. Dan kejutan banget ketemu teman lama yang bekerja di bagian jaringan Smartfren yang sedang kami tes tersebut. Kami dulu pernah satu tim di industri kerajinan. Kalau sekarang dia bekerja di bidang telekomunikasi, sebenarnya ya malah sesuai dengan jurusannya. Sebagai bagian yang sedang diuji tentu saja dia jadi susah dibecandain kayak dulu wkwkkkk. Tenang saja mas Titok.
4G LTE Smartfren
Hasil speed test di seputar Hotel Hyatt Regency Yogya.

Hari itu Smartfren terbagi dalam beberapa tim yang mengadakan berbagai acara di Yogya, antara lain workshop di SMKN 2, kunjungan ke koran Kedaulatan Rakyat, pawai keliling kota dan network drive test yang diikuti oleh blogger dan perwakilan media.

Blogger dan perwakilan media dikumpulkan pada jam makan siang di Hotel Hyatt Regency. Begitu datang, kami diberi seperangkat ponsel Andromax Q lengkap dengan simcard 4G LTE Smartfren. Rada kikuk juga masangnya karena selama ini langsung dipasangkan oleh toko penjualnya. Untunglah mas Seno dari Smartfren ini sabar dan kocak, jadi saya bisa langsung menggunakan perangkat tersebut untuk speed test. Sebenarnya sih itu mudah banget karena ada petunjuk pendaftaran simcard-nya.

Hasil speed test seputar Hotel Hyatt Regency sangat memuaskan, bahkan ketika posisi saya di Bogey's Teras, dipinggir lapangan golf yang biasanya soal sinyal ini tidak dipedulikan. Ponsel saya menangkap 22-29 mbps disana. Kenceng kan? Perlu diketahui bahwa letak hotel tersebut sudah di Sleman, alias diluar kota Yogyakarta. Jadilah di acara makan siang yang dikepung prasmanan enak-enak itu para blogger dan wartawan malah pada asik speed test. Tidak hanya melakukan speed test, saya juga mencoba menonton beberapa video Youtube dan tidak ada buffering.

4G LTE Smartfren
Workshop Internet Sehat di SMKN 2 Yogyakarta

Drive test dimulai dari Hotel Hyatt Regency ke utara menuju SMKN 2 Yogyakarta. Disana telah berkumpul perwakilan bapak ibu guru dan adik-adik SMU sekota Yogyakarta mengikuti workshop Internet Cerdas yang didukung oleh Smartfren dalam program CRS (Customer Social Responsibility). Di workshop tersebut tampil juga Profesor Suyanto dari STMIK Amikom, yang bersama timnya membuat film animasi Battle of Surabaya yang keren itu. Blogger tidak mengikuti workshop tersebut sepenuhnya karena harus melanjutkan network drive test.

Perjalanan dilanjutkan dengan mlipir UGM melewati pusat kota untuk menuju ke selatan Jogja dan berakhir di Kotagede. Dalam perjalanan tersebut, sinyal ups and downs. Selama masih diatas 2 mbps masih bisa diterima. Kendala jaringan yang utama adalah gedung-gedung tinggi dan Smartfren justru berharap umpan balik dari pengguna agar bisa terus melakukan peningkatan pelayanan. Sedangkan sinyal tertinggi yang bisa ditangkap adalah 46.55 mbps oleh mas Singgih dari Tribun Jogja. Saya tidak sempat bertanya dimana posisinya ketika itu.

4G LTE Smartfren
Hihiii pada penasaran dengan penampakan Andromax Q-nya ya? Ini lo yang kerjabakti dengan 4G LTE Smartfren bikin sinyal kenceng.

Di Sekar Kedhaton kami istirahat sebentar alias coffee break, sebelum dilanjutkan me-review hasil network drive test 4G LTE Smartfren. Di restoran bergaya Yogya lama ini, Smartfren menjawab pertanyaan seputar hasil speed test, termasuk tentang langkah-langkah untuk menaikkan kualitas sinyal yang terekam tidak begitu tinggi. 

Review dibuka oleh pak Roberto, Chief Brand Officer Smartfren. Beliau ini sangat friendly dan berkeinginan untuk terus saling memberikan feed back dengan bloggers dan media. 

Kemudian pak Munir melanjutkan penjelasan ke hal-hal yang lebih teknis dan sesekali memanggil penanggung jawab regional untuk membantu menjelaskan sesuai dengan kondisi Jateng dan Yogya. Pak Munir tidak sekedar memberikan penjelasan tentanga keunggulan 4G LTE Smartfren, tapi juga membuktikannya dengan pengamatan live dari www.opensignal.com. Foto dibawah ini bukan dari acara tersebut, melainkan yang saya capture secara live sambil ngeblog. Ternyata hasilnya sama.
4G LTE Smartfren
Add caption

Jelang maghrib acara ditutup karena tim Smartfren harus melanjutkan perjalanan ke Solo untuk keperluan yang sama. Berhubung tablet saya sudah soak baterainya dan susah dicari gantinya,  maka saya boyongan ke Andromax Q dan 4G LTE Smarfren. Mbak Indah sampai takjub melihat saya mendownload banyak aplikasi sepanjang acara. Tentusaja aplikasi yang penting sebagai blogger, bukan games. Heheheee.... Selama acara tersebut saya mendownload aplikasi: speed test, twitter, facebook, blackberry messenger, instagram dan whatsapp. Semuanya juoss bisa dilakukan dengan cepat tanpa kendala, langsung cekikikan baca group whatsapp.

Sebuah mini busa siap mengantar kami kembali ke titik awal di Hotel Hyatt Regency untuk kemudian pulang kerumah masing-masing. Tapi ini sempat tertunda cukup lama, karena teman-teman langsung merubung pak Roberto yang memamerkan prototype ponsel global Smartfren yang masih dalam penggodokan vendor. Ngobrolin teknologi memang mengasyikkan karena perkembangannya sangat cepat. Sekarang sudah era 4G. Jangan sampai ketinggalan ya. :))