Wednesday, August 12, 2015

Setrika Cepat

Setrika itu memang pekerjaan yang mengkonsumsi banyak waktu, jadi harus dipercepat.

Memang sih tidak semua baju perlu disetrika, diantaranya baju renang, baju berbahan tertentu yang bersifat elastis, bra dan sebagainya. Karena butuh waktu lama itulah, tetangga saya mensub-kontraktorkan urusan setrika ke laundry, nyucinya tetap sendiri karena menggunakan mesin. Banyak pula para ibu yang tidak menyetrika baju rumah untuk mengurangi pekerjaan, hanya melipatnya dengan rapi. Sayapun demikian jika benar-benar tidak punya waktu untuk setrika. Dibandingkan dengan nyuci baju sih, saya lebih suka setrika karena bisa sambil nonton tv. Heheee....
Ibu-ibu jaman dulu rajin menyetrika semua baju sampai licin. Ibu-ibu jaman sekarang bukannya lebih malas, tapi harus realistis karena kegiatan keluarga jaman sekarang juga lebih dinamis. Namun jika punya waktu senggang, saya usahakan juga untuk menyetrika semua kecuali bahan-bahan tertentu yang rusak jika disetrika. Sebabnya adalah untuk menghindari serangga tak terlihat, yang menempel di baju ketika dijemur. Kadang, bulu halus ulat juga bisa menempel dan mengakibatkan gatal di seluruh badan. Jadi, yang terpikirkan lebih ke soal keamanan dan kesehatan dibandingkan perasaan nyaman di kulit. Penginnya sih memprioritaskan perasaan nyaman juga, tapi apa daya....
Wes, gak usah lebay, mari kita cari solusinya tanpa keluar budget ke laundry. Kalau teman-teman search di youtube, banyak itu tutorial setrika cepat dan rapi. Nah, coba aja semua. Saya pernah nyoba beberapa. Rapi sih iya, tapi banyak juga yang ribet karena harus pakai alat bantu seperti karton untuk "mencetak" bentuk kaos dan sebagainya. Yang setrika kemeja itu ada yang saya tiru. Lumayan lho, hemat waktu yang berarti hemat listrik.

Nah, sebelum setrika lakukan persiapan dulu supaya setrikaan tidak standby terlalu lama dalam keadaan panas. 

Pulsa listriknya ngebut tuh!
  1. Kumpulkan jemuran kering, lalu pisahnya berdasarkan bentuknya: t-shirt lengan pendek, celana, dress, gamis, bra, celana dalam dan sebagainya.
  2. Balik baju sesuai dengan posisi ketika dipakai. Biasanya ibu-ibu menjemur baju dengan bagian dalam diluar supaya cepat kering dan warna baju tidak lekas pudar.
  3. Tumpuk jadi satu baju yang ukurannya tidak beda jauh, misalnya t-shirt dan celana dalam.
  4. Rapikan dan masukkan ke lemari terlebih dahulu baju-baju yang tidak perlu disetrika.
  5. Siapkan peralatan setrika dan hanger jika diperlukan.
  6. Letakkan handuk, selimut adan sejenisnya sebagai alas sehingga tidak perlu disetrika tersendiri.
  7. Mulai setrika. Nyalakan tv. Hihiii....

Biar cepat, barengkan yang bentuknya sama, ukuran beda nggak masalah. 

Contohnya 20 buah t-shirt ini.
  1. Pisahkan t-shirt atau atasan lain yang bentuknya sejenis.
  2. Tumpuk dengan posisi bagian belakang kaos menghadap ke atas.
  3. Mulai setrika satu persatu dari atas, dimulai dari bagian belakang kaos dan langsung dilipat tanpa membalik.
  4. Jika suka pewangi semprotkan saat terakhir dibagian depan kaos dan setrika bagian itu untuk mengeringkan.
  5. Untuk 20 kaos ini selesai kurang lebih dalam 15 menit, tergantung acara tv-nya. Heheee....
Peringatan, untuk kaos yang tulisannya tebal dan lengket, setrikanya harus dari bagian dalam ya, supaya tidak lengket di setrikaan. Untuk celana dalam cuma beberapa menit saja. Yang agak lama itu celana panjang untuk bepergian karena tidak bisa ditumpuk, harus satu-satu.
Untuk kemeja:
  1. Dalam kondisi terbuka, setrika dulu bagian kerah, dan bagian dalam deretan kancing.
  2. Kancingkan semua termasuk tangan jika lengan panjang.
  3. Ratakan kemeja dengan bagian belakang menghadap keatas. 
  4. Setrika yang licin semua bagian belakang tersebut. Semprotkan pewangi jika suka.
  5. Balikkan dan ratakan dengan bagian depan baju menghadap keatas.
  6. Setrika yang licin semua bagian depan tersebut. Semprotkan pewangi jika suka.
  7. Cukup kilat dan sampai disini saya sudah selesai karena semua kemeja saya hanger supaya tidak ada tekukan jika mau dipakai.
Saya pengin tahu dong, cara teman-teman bagaimana? Pengin lebih cepat lagi nih supaya bisa segera leyeh-leyeh mainan twitter atau instagram. :))

27 comments:

  1. yang tumpuk jadi satu itu aku baru tahu mak hahahaha..diajarin sama teman waktu di batam,asik ya ternyata xixixix

    ReplyDelete
  2. Kalau aku nyetrika dipagi hari...kata org jaman dl nyetrika pagi2 jangan malam2 biar ga boros listrik...tapi entahlah hahaha...sama sih pertama juga dikumpulkan berdasarkan jenisnya...Tapi aku nyetrikanya nyantai gak pake ngebut mba...Coz mamaku kalau gak rapih suka dia setrika ulang, jian....Mulai dari lipetannya, sama kain yg "mringkel2" (duh bahasanya) hahaha...Itu semua harus muluuusss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mama2 jaman dulu memang gitu, licin, rapi jali. Sungkem buat mamamu ya :D

      Delete
  3. Terima kasih atas tipsnya Mbak Lus. Sejak gak punya asisten RT saya harus mencuci dan seterika sendiri. Capek dan nyebelin kadang. Tapi ya gimana lagi, terutama baju yg untuk pergi harus diseterika biar rapi. Kalau baju rumah lebih banyak dilipat saja. Kalau rajin baru diseterika

    ReplyDelete
  4. aaahhh aku harus contoh nih, kebetulan aku lelet banget mak klo nyetrika

    ReplyDelete
  5. aku kalau nyetrika cepat mbak yang penting agak rapi :-D

    ReplyDelete
  6. kalo aku, pisahin dulu baju berdasarkan pemiliknya. punya bapa, ibu, aa, kk, n dd. taruh di alas bersih di lantai. masing2 dibagi 3: baju atasan, bawahan, daleman (kalo cowok mah kaos dalem ama cd doang).
    baju bepergian punya berlima ditaruh di keranjang. nyetrikanya? kapan-kapan, haha! cukup yg disetrika adl yg di dalem keranjang. yg laennya kalo sempet aja.
    dikelompokin gt jd gampang. habis mandi, msh andukan, ke kamar belakang ambil n pake baju masing2 hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaaa yang penting semua urusan lancar jaya ya

      Delete
  7. Klo mnurut saya bukan lebih dinamis. Tapi lebih kompleks. Mungkin karena zaman. Beda sekarang beda dulu. Masalah dan kebutuhan jadi tambah rumit dan banyak. Tapi tergantung kondisi keluarga juga sih. Tapi kalo bisa dikerjakan dengan dinamis mungkin semua pekerjaan rumah bakalan selesai dengan cepat.

    ReplyDelete
  8. Iyaa akupun menerapkan cara ini jaman ga ada ART, baju kaos gapapalah kusut2 dikit, tapi setelah ada ART semua disetrika hehehe

    ReplyDelete
  9. Yg nyetrika kaos boleh jg tuh mbak..boleh dicoba..
    Aku jg gt mbak, sblm mulai nyetrika udah disiap2in dulu, baju yg mau distrika udh dibalik2 plus dikancing, hanger, pewangi, dan taknlupa, kipas angin, biar gk mereka seperti disetrika jg..hehe..tengkiu tipsnya mbak :)

    ReplyDelete
  10. baru tau kalo bra itu tidak disetrika -___-

    ReplyDelete
  11. Sy paling ga suka nyetrika Mak.... semenjak punya laundry jd bebas urusan setrika menyetrika...hihi....alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  12. aku malah belum pernah nyetrika tumpuk satu..masih kurang berasa afdol..hehehe

    ReplyDelete
  13. Ngga suka nyetrika :D nyetrika baju yg mau dipake aja aku mah, setiap pagi terutama seragam. Wkwkwk *males beut*

    ReplyDelete
  14. Ngga suka nyetrika :D nyetrika baju yg mau dipake aja aku mah, setiap pagi terutama seragam. Wkwkwk *males beut*

    ReplyDelete
  15. saya jg nyetrikanya cepet2 mak, yg penting keliatan ga kusut. itupun seminggu sekali dan baju2 keluar aja, mualesss

    ReplyDelete
  16. Aku lebih milih disuruh nyuci segunung di bandingkan setrika hehehe

    ReplyDelete
  17. Wah setrika sambil nonton tv, bisa nggak jadi setrikanya kalo aku hihihi :)

    ReplyDelete
  18. naahhh itu tuh tergantung acaa tivinya mbakk huahahha.. kalo aku setrika itu kyaknya paling boros, tivi nyala, kipas angin nyala belum lagi rumpi di grup wasap heheheh

    ReplyDelete
  19. Aku setrika seminggu sekali. Jadi selama seminggu udah aman baju sekolah, kerja dan baju pergi. Sisanya biasanya gak kusetrika, langsung dilipat rapi aja begitu diangkat dr jemuran. Jadi gak ada tumpukan baju.

    ReplyDelete
  20. hihihi..mantap tipsnyaaa...aku anehnya suka lho mak nyetrika :). Tapi di sini ngg begitu perlu, karena keluar mesin dryer pakaian panas seperti disetrika jadi dilipas saja sudah licin hehehe..hemat tenaga dan energi :)

    ReplyDelete
  21. Hahahhaha, saya orangnya lelet deh Mak klo soal ginian.
    Mak, biar nyetrikanya cepet emang ntn acara tipi yg pegimana Mak? hihihihi.

    ReplyDelete
  22. akuuu sih malah mbayangin, kalo mbak Lusi ngiwut nyetrika (baca : ngebut) bandiingin sama aku yang lemot kayak siput..haha untung aja strika sminggu skali itu aja pakaian seragam kantor dan anak2 *oww super malasnya emak satu ini (Ngaku) :D

    ReplyDelete
  23. Hoooo...gitu cara praktis & cepatnya, okelah ^_^

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.