Saturday, September 12, 2015

Resep Puding Susu Milo Kilat

Butuh keberanian untuk posting resep puding susus milo kilat ini.

Percobaan membuat puding yang meghasilkan tampilan messy ini cukuplah untuk level saya. Yang surprising, rasanya mirip puding KFC!
resep puding susu milo rasa KFC
Beginilah puding susu milo rasa KFC. Gelas yang belakang itu bercampur coklat dan putih karena coklatnya belum keras. Gelas kecil depan adalah sisa susu putih. Gelas yang kanan itu sudah lumayan, coklat dan putih jelas terpisah, atas ditaburi bubuk Milo.

Bagi sebagian ibu-ibu, mungkin puding adalah resep paling mudah. Tinggal rebus, tuang, jadi. Saya punya teman di Tanjung Pinang yang pandai membuat puding jadi berbentuk bunga. Aih, kalau itu rumit sekali.

Buat saya, puding itu adalah misteri yang lama tak terpecahkan. 

Heheheee.... Para penulis resep puding selalu menyembunyikan satu trik untuk membuat puding berlapis. Meski sudah dituliskan caranya, saya selalu gagal. Mungkin saya yang lemot atau mereka yang punya kesepakatan rahasia untuk tidak membocorkan cara mengolah yang sebenarnya.
Mari kita bahas lebih detil. Secara logika, cara mengolah yang ditulis di bawah ini mustahil. 
... setelah mendidih, ambil sebagian agar-agar, tambahan essence, lalu tuang ke dalam wadah. Biarkan sisa agar-agar tetap dipanasi dengan api kecil agar tidak membeku. Tunggu sampai agar-agar didalam wadah mengeras, lalu tuangi dengan sebagian lagi dengan essence lain. Lakukan sampai agar-agar habis sehingga membentuk lapisan-lapisan. 
Saya sudah coba dan itu mustahil. Menunggu agar-agar diwadah mengeras sementara masih ada yang diatas kompor itu tidak mungkin. Agar-agar perlu waktu lama untuk mengeras, sementara yang diatas kompor akan terus menyusut. Belum lagi gas yang terbuang cuma untuk menghangatkan.
Sebenarnya mendingan menggunakan 2 pak agar-agar. Jika 1 pak sudah mengeras, baru pak satunya dimasak. Bisa juga satu pak itu dibagi 2 tapi tidak dimasak bersamaan. Tapi selama ini tidak ada resep yang seperti itu, adanya ya digabung sekali masak seperti diatas.
Itulah sebabnya, saya jarang membuat puding. Kalau nggak beli, ya paling membuat puding semacam saja, tidak berlapis-lapis. Semalam beda, saya punya persediaan susu murni cukup banyak. Terpikir untuk membuat puding daripada bikin cemilan lain. Kebetulan pula saya milo yang cukup banyak. Setelah googling, saya tidak mendapatkan resep yang sekiranya akan berhasil saya buat. Akhirnya saya putuskan untuk mengarang bebas. Hahahaaa.....
Jadi saya hanya menyediakan:

  • 1 liter susu murni
  • 1 sachet agar-agar Swallow
  • 2 sachet milo Malaysia
  • gula pasir secukupnya
  • garam 1/2 sendok teh
Caranya tetap nekad seperti resep sesat diatas. Wkwkwkkk.... tapi ada modifikasinya kok. Rebus susu, agar-agar dan gula. Cara merebus susu harus sabar, api kecil dan sering diaduk karena jika dibiarkan akan meluap. Sedangkan merk agar-agar terserah saja. Saya pakai Swallow karena dari kecil pakai itu, taunya agar-agar ya Swallow. Gulanya jangan banyak-banyak, karena Milonya sudah manis. 
Milo adalah susu coklat bubuk yang sangat popular di Malaysia. Ketika saya ke Kuala Lumpur dan sarapan di nasi kandar, mereka tidak mengerti pesanan susu coklat. Begitu saya sebut Milo, mereka langsung tersenyum. Milo Malaysia juga bisa ditemui di Pekanbaru, Batam dan mungkin kota-kota lain dekat sana. Bedanya dengan Milo Indonesia adalah Milo Malaysia lebih creamy (mungkin perasaan saya saja) sehingga saya dulu sering membawa dari sana untuk oleh-oleh. Heheee.... Sekarang nggak perlu repot seperti itu. Macam-macam minuman termasuk Milo bisa dibeli online.
Okey, kita lanjutkan. Jika di resep lain ada aksi tuang sana sini, maka di resep ini saya mengurangi kerjaan cuci wadah. Siapkan 2 gelas dan tuangkan Milo masing-masing 1 sachet. Masukkan campuran susu panas tadi sampai setengah gelas, aduk kencang hingga Milo larut. Nah, ini dia tahap rumitnya!
Siapkan wadah berisi air mentah. Rendam gelas tersebut dan tunggu sampai uapnya hilang. Jika sudah tak berasap, masukkan gelas ke freezer. Yup, yang diatas tempat membuat es batu itu. Sering-sering ditengok, ya. Kalau sudah agak keras, keluarkan untuk dituangi campuran susu sisanya.
Sisa susu yang masih dikompor tadi diberi sedikit garam supaya tidak manis semua, lalu matikan kompor dan tutup saja supaya panasnya menurun dengan lambat karena kompor dimatikan. Campuran ini lama-lama akan mengental dan harus dituang sebelum membeku. Jika campuran Milo sudah agak mengeras, tuangi campuran susu putih. Ternyata, campuran coklat tidak perlu benar-benar sudah mengeras, yang penting tidak cair lagi. Campuran susu putih yang agak mengental membuat keduanya tidak mudah bercampur.

Ya begitulah puding susu Milo berlapis pertama saya. 

Masih celemotan sih. Tapi rasanya enaaak seperti puding KFC. Langsung ludes deh. 

14 comments:

  1. Bagi daku puding itu camilan favorit.. Bikinnya mudah.. Tinggal racik dan campur bahan2nya lalu direbus/panaskan di atas api.. setelah mendidih tunag kedalam cetakan.. Mudah Bukan? Kalo di rumahku selalu bkin puding dgn berbagai citarasa dan selalu ada di dalam kulkas.. puding adalah solusi tepat ketika males keluar rumah mencari camilan

    ReplyDelete
  2. Wah boleh juga nih dicoba resep pudingnya, kebetulan aku juga suka susu milo

    ReplyDelete
  3. mbak susu putihnya itu yang mengental? ga usah kasih apa2 ya?pengen nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susunya kan ada agar2nya Cha, ntar mengeras. Kalau KFC itu yg putihnya santan kental jd nggak mengeras.

      Delete
  4. Makasih resepnya mak saya juga taunya dr kecil agar2 swallow :D

    ReplyDelete
  5. aku juga gagal mbak bikin berlapis-lapis. Palinh bisa dua lapos itu juga gak sempurna

    ReplyDelete
  6. puding berlapis juga masih jadi misteri buat saya. Beberapa kali belajar bikin puding berlapis, yang ngajarinnya sellau bilang bagus. Emang iya sih tampilannya bagus dan rasanya enak. Tapi ketika coba bikin sendiri sampe sekarang masih aja gagal melulu :D

    ReplyDelete
  7. Aku gak bakan bikin kue dan bolu2 gitu... lbb suka masak tp kalo bikin puding dua lapis gitu sih pernah dan gampang. Saksesss hihihiii

    ReplyDelete
  8. Belajar jadi chef yang mandiri ya mba, Pakai ide sendiri... yang makan juga diri sendiri... kecuali di jual kepasaran...

    ReplyDelete
  9. asik dapet resep puding rasa kfc,nanti ah kapan2 coba...soal mila indo sama malaysia,kirain sama lo rasanya,ternyata beda ya..oke nanti beli ah mau test hehehe.makasih mak^^

    ReplyDelete
  10. mau di coba akh...kebetulan di sini semua suka puding

    ReplyDelete
  11. asyik resep baru mau coba, selalu gagal bikin puding lapis

    ReplyDelete
  12. Hoooo iya jadi inget punya puding yang belum kupakai.. bisa pake resep ini nih..

    ReplyDelete
  13. Baru tau kl better dikasih garam. TFS maakk :))

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.