Toko Bahan Kue TBK dan Alat Roti di Jogja

Friday, September 04, 2015

Sebenarnya lebih sreg dengan judul Toko Bahan dan Alat Roti di Jogja, tapi rupanya google lebih akrab dengan TBK Toko Bahan Kue, jadi ngikut aja.

Macam-macam chocolate compound dan pewarna pasta.

Baru tahun inilah saya mau ribet bikin kue Lebaran sendiri. Bukan karena lebih selo, tapi pengin aja. Dari lahir ceprot sampai sudah estewe begini belum pernah nyiapin kue Lebaran sendiri. Selain selalu mudik ke ortu yang berarti nebeng kue Lebaran ibu, juga karena sudah banyak parcel dari kolega, teman dan saudara. Terima kasih parcelnya ya.
Tadinya saya belanja bahan kue di supermarket. Untuk kue-kue standar seperti nastar dan kastengel, pasti adalah bahan-bahan tersebut. Sayangnya, packaging di supermarket selalu ekonomis, sehingga harus nyetok berbungkus-bungkus untuk bikin kue. Merknya juga itu-itu saja, tidak banyak pilihan. Karenanya saya mencari info toko bahan kue (TBK) yang ada diseputar kota Jogja. 

Di TBK, kita bisa beli bahan roti dan kue kiloan yang berarti akan lebih murah, tapi dalam ukuran lebih kecil juga tersedia.

Yang bingung beda butter dan margarine nggak usah bingung, sudah ada tulisannya. Nggak perlu capek bikin butter cream juga. :D

Pertama ketemu adalah toko Intisari di Jl Dr Sutomo, telpon (0274) 550639. Tokonya besar sekali. Di Pekanbaru tidak ada toko roti sebesar itu. Masalahnya, toko ini terletak didekat traffic light yang sangat ramai, sehingga parkirnya harus bersabar menunggu arahan tukang parkir. Isi toko ini tentusaja lengkap. Tapi penataan dengan rak tinggi dan jarak antar rak yang agak sempit, menyulitkan untuk berlama-lama disini. Tips kalau mau kesini, bikin daftar belanjaan dulu, lalu kasihkan mas atau mbaknya. Beres! Kalau lebih puas milih sendiri, tetap harus membuat daftar belanjaan supaya tidak berlama-lama mengitari rak. Datanglah pagi hari ketika lalu-lintas belum terlalu ramai dan parkiran belum penuh.
Saya juga pernah lewat Toko Deony di Jl Gandekan Lor, telpon (0274) 512061. Tokonya lebih kecil dari Intisari. Saya belum pernah kesini.
Toko berikutnya yang kemudian menjadi langganan saya adalah Toko Intisari juga tapi yang di Jl Sultan Agung, telpon (0274) 515421. Letaknya diseberang Pasar Sentul, jadi kalau mau kesana mendingan siang, setelah Pasar Sentul tutup supaya parkir lebih nyaman. Toko Intisari yang ini sama besar dengan yang baru di Jl Dr Soetomo. Meski tidak serapi toko baru, tapi raknya tidak tinggi sehingga memudahkan memilih. Etalase juga cukup lebar sehingga bisa lebih leluasa tanya-tanya sama mbaknya.
Cara belanja di Toko Intisari Sentul juga lebih baik bawa daftar belanjaan, tinggal dikasihkan masnya, lalu tunggu aja di kasir. Tapi saya sih lebih suka berlama-lama untuk melihat bahan-bahan lain, siapa tahu ada resep baru yang mau dicoba dan langsung ingat bahan tersebut.
Segala loyang, oven jumbo sampai mixer Kitchen Aid idaman para ibu ada disini.

Sekarang ini banyak resep dengan istilah-istilah ajaib. Baking memang bukan lagi monopoli chef resto atau bakery. Ibu-ibu rumah tangga atau adik-adik pelajar ingin mencoba membuatnya sendiri. Apalagi kalau lihat foto-foto kue dan roti di instagram itu ya, penginnya nyobain semua. 

Nah, kalau masih awam dalam membaca resep, jangan khawatir, bawa saja majalah atau tab yang isinya resep tersebut karena mbak-mbak disana akan berusaha membantu menerjemahkan dan mencarikan bahannya.

Disana tersedia juga bahan-bahan yang biasa digunakan orang untuk jualan, seperti macam-macam perasa (keju, barbeqeu, bawang, dan sebagainya), bahan minuman yang di blender-blender itu, tepung crispy, macam-macam saus, sampai macam-macam kopi. Bisa buat buka warung deh. Hihiii....
Soal apakah nantinya berhasil membuat roti secantik di majalah sih itu tergantung amal dan perbuatan masing-masing. Heheheee....

You Might Also Like

19 comments

  1. wah ini pasti anak-anak merasa hepi jika diajak keliling toko bahan kue, semoga saja emaknya tetep enerjik gak kecapekan bikin roti gegara muter-muter nyari bahan kue dan aksesorisnya #pengalamanpribadi:v hehehe

    ReplyDelete
  2. bikin kue jadi enak ya karena bahannya lengkap
    tinggal skill nya aja
    dududuh hpengen bgd jago bikin kue :D

    ReplyDelete
  3. wah enak banget ya, kalo toko bahan nya selengkap itu, aku jadi pengen belanja dan bereksperimen suatu makanan hehe

    ReplyDelete
  4. Kalau di gresik sih, yang jual yg cariin bahan. Kitanya yg beli pada antri diladenin. Karena memang tokonya pada kecil2 tp lengkap.

    ReplyDelete
  5. Waduh... aku kalo ke situ pasti pengen borong. Padahal, aku jarang bikin roti. Gimana yang suka bikin roti, ya. Pasti pengen beli sama toko-tokonya. :D

    ReplyDelete
  6. selama ini masih ke supermarket kalo nyari bahan untuk bikin kue, karena paling ya cuma tepung, telur, gula dan susu saja. Mungkin nanti kalo sudah ada oven, bakal sering-sering pergi ke TBK :)

    ReplyDelete
  7. Aku betah mbak kalo ketoko bahan kue itu...soale printilan alat2 yg ga ada kepikiran disana ada...ajaib kayaknya xD
    Wuiihh...ditunggu hasil adonane :D

    ReplyDelete
  8. mbakkkk, aku kok ya merasa asing kalo ke TBK ya, rasanya aku baru 2 kali ke TBK, itu kalo pas mau bikin kue aja, kalo ke toko kue yg jadinya sih sering hehe, perlu dipertanyakan nih naruli keibuanya hehe

    ReplyDelete
  9. wah udah lama nggak main ke toko bahan kue, btw endingnya lucu berarti kita harus beramal dulu biar kue yang dibikin secantik di majalah wkkwkkk

    ReplyDelete
  10. Di Madiun belum ada toko bahan kue yang sebesar itu sih Mak.... tapi ga apa2 juga sih, soalnya aku bukan orang yang hobi masak hahaha

    ReplyDelete
  11. Kalo langganan saya ya di Intisari depan pasar Sentul, krn paling deket rumah...

    ReplyDelete
  12. pengen sih belanja bahan kue gitu tapi ya buat apa gasuka bikin atau nyoba bikin kue :D

    ReplyDelete
  13. waaaa.. senengnya ada toko bahan kue lengkap gini.. ya ampun mbaakk. aku nyari baking soda di sampit aja gak nemu2 sampe skrng

    ReplyDelete
  14. Di Banjar masih jaraaaang banget toko bahan kue yg lengkap, Mbak. Hanya ada dua setahuku. Itupun ngga lengkap2 banget.

    Kalau ada TBK yg lengkap, bisa jadi hobi ntar lho. Hobi bikin kueee. :D

    ReplyDelete
  15. Terimakasih atas informasinya. Sangat bermamfaat sekali....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak, kaget banget aku lihat blognya ternyata Ricke ya? Aku sering adopt resepnya lo. Terima kasih banyak, ya. Belum sempat saya mengucapkan terima kasih di blog mbak. Jadi malu :)

      Delete
  16. Temen2 saya di grup masak pasti betah banget ke toko ini :D

    ReplyDelete
  17. bisa kalap deh masuk disitu *peluk dompet* ��

    ReplyDelete
  18. bisa kalap deh masuk ke TBK yg komplit ky gitu
    *peluk dompet* 😁

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.