Monday, September 28, 2015

Yang Unik dan Absurd di Instagram

Setelah beberapa saat, akhirnya saya bergabung di instagram, yang ternyata terdapat banyak hal-hal unik dan absurd.

Sebenarnya banyak hal aneh di platform sosial media lainnya, tapi entah mengapa instagram ini lebih sedikit ribut-ributnya dibandingkan dengan path yang katanya terbatas dengan setting privat yang ketat. Padahal, banyak berita infotainment yang sumbernya dari instagram. Meski pada awalnya instagram ditujukan untuk share foto-foto keren, tapi perkembangannya sangat random meski tetap berbasis foto.

Dari perkembangan random tersebut, diantaranya bahkan terkesan absurd dan bikin alis mengernyit. 

Namun di instagram itu sudah biasa dan jarang yang terpancing berdebat di luar instagram meski siapapun bisa melihat foto posting yang tidak disetting private. Okey, tentusaja kecuali yang bapernya kebangetan atau cari-cari masalah. Mau bukti?


1. Artis Jualan

Sebenarnya sudah screen shoot akun seorang artis yang cara berjualannya seperti akun-akun olshop alay. Ngikik melihat mereka jualan produk-produk kodian yang tidak sesuai dengan citra diri keartisan mereka yang mewah. Tapi, akhirnya memutuskan memajang foto jualan Rihanna, the diva. Rihanna sudah kaya raya sebagai penyanyi yang pernah juga main film. Tapi boleh saja kan, artis top memanfaatkan personal brandnya untuk menjual hal lain diluar keahliannya? Mereka bisa membayar para ahli dibidang yang diinginkan. Untuk artis sekelas Rihanna, pastilah nggak mikir sendiri, ada tim manajemen yang mengaturnya. Di kalangan artis dunia, umumnya yang mereka jual adalah parfum dan apparel. Meski demikian, pada dasarnya, apapun bisa mereka jual, dari kaos kaki hingga salah satu seri dari merk mobil terkenal. 

2. Pengin Kaya, Jangan Malu
instagram

Banyak pakar cari duit yang memberikan tips anti malu jualan. Entah ini hasil ajaran pakar yang mana, yang jelas banyak sekali yang main hajar aja di komen status atau postingan manapun. Sempat takjub juga ada yang ngiklan konsultasi biar cepat punya anak di akun Beyonce pakai bahasa Indonesia. Belajar etika dulu kali ya, sebelum ngasih tau orang lain cara supaya cepat punya anak, agar anak yang lahir nantinya sholeh dan sholeha. Apapun postingannya, pokoknya jualan jalan terus di kolom komentar. Entah mengapa pula mereka punya pikiran akan menjadi pebisnis handal dan disegani dengan cara berjualan yang absurd seperti itu. 

3. Komentator Berantem Sendiri
instagram
Add caption
Ada artis yang secara sadar menggunakan socmed untuk memperkuat citra diri terbaiknya. Namun, ada juga artis yang menggunakan socmed untuk meluahkan emosinya. You know what? Dengan followers diatas 1 juta dan ribuan "likes" per posting, mereka tak akan mau mengecek komentar yang ada, selain juga tak akan sempat. Jadi ngapain berantem sendiri, sementara yang jadi bahan berantem lagi leyeh-leyeh santai.

4. Komentator Bijaksana Bijaksini
instagram
Kadang kita bertemu dengan orang yang hobi menasehati dan meluruskan, seolah tahu semua yang terbaik bagi orang lain. Sayapun kadang tak tahan untuk melakukannya. Heheheee... kayak kenal aja sama bu Ani ya.

5. Kultwit di Instagram
Kultwit atau kuliah twitter, sebagaimana namanya dipopulerkan di twitter, yang biasanya merupakan reportase atau laporan pandangan mata dari sebuah event. Kultwit juga sering dilakukan untuk memberikan informasi penting atau menjelaskan pemikiran seseorang. Supaya lebih meyakinkan, kultwit juga dilengkapi dengan foto-foto. Pembaca twitter itu seperti pembawa berita TV yang membaca teleprompter, tipe pembaca cepat karena tiap kata terus mengalir tanpa henti. Sedangkan pengunjung instagram adalah penikmat gambar atau foto, yang akan berhenti sejenak untuk melihat lebih teliti foto yang menarik baginya. Lah, langsung melototlah kalau tiba-tiba di timeline-nya digelontor kultwit segambreng. Dan karena instagram mensyaratkan foto, tidak bisa cuma kata-kata seperti twitter, maka berserakanlah foto alakadarnya yang burem dan mencang-mencong, yang penting ada tulisannnya. Duh!

Ada satu hal yang tidak mau saya masukkan dalam daftar yang unik dan absurd di atas karena meskipun sudah ada kasus foto anak-anak yang dicuri oleh akun jualan anak, tetap saja banyak foto anak-anak bertebaran dengan berbagai pose, tak pandang seberapa tinggi pendidikan orangtuanya, termasuk yang dilakukan oleh teman-teman saya sendiri. Foto anak mandi tanpa baju sambil main air di ember itu memang lucu bagi penyayang anak, tapi bisa lain dimata para penjahat pedofilia. Capek ya menghimbaunya heheee....
Posting yang bukan foto milik sendiri juga merajalela di instagram dengan favorit foto-foto DIY (Do It Yourself). Saya tidak tahu apakah ini bisa dikategorikan sebagai pencopas tanpa ijin atau bukan, karena yang dilakukannya adalah memposting foto orang lain tanpa melakukan klaim bahwa itu adalah fotonya, namun juga tidak mencantumkan sumbernya. Setidaknya saya pernah melihat beberapa foto yang sama ada di pinterest. Tentusaja foto-foto keren itu mengundang banyak "love" hingga mencapai puluhan "like" hanya beberapa menit setelah diposting.

Setiap platform socmed punya keabsurdan masing-masing, namun seenggaknya instagram enak buat cuci mata. 

Bahasa gambar juga universal, dengan hashtag yang tepat, orang dari bagian dunia yang berbeda juga bisa "like" meski tak mengerti kata pengantar yang kita berikan. Semoga nantinya ada fitur "hide" untuk foto-foto yang nggak asik dan "block" untuk komentator yang nggak beretika. 

23 comments:

  1. Waah saya jarang mantengin instagram.Punya akunnya dah lama.Ngisinya juga baru-baru ini aja.Baca poatingan Mak Lusi jadi tahu fenomena di instagram.Jarang buka soalnya kecuali buat ikutan kuis.

    ReplyDelete
  2. wkwkwk, kalau iklan sih itu rata-rata bot~ terus kalau orang berantem di komentar IG bisa jadi hiburan tersendiri malah :P

    ReplyDelete
  3. Kalau saya paling sebel tuh kalo ada yg posting jualan tapi kayak kultwit, jadi terussss terusan gak ada jeda. Duh....scroll scrolll terusss gak abis-abis. Mau diunfollow kok ya teman (bukan temen deket, sih, sebenernya :) )

    ReplyDelete
  4. Sekarang Instagram jadi ajang promosi, cari sensasi, menjaga wibawa diri

    ReplyDelete
  5. wahahaha. kadang aku suka bacain komennya di artis2 itu mbakk.. lucu bacanya.. komentatornya suka war dewe hihi..

    ReplyDelete
  6. Sy nggak punya instagram tapi dr tulisan ini sy sedikit tahu gambarannya...
    Kayaknya asyik juga ya mbak ngikutin instagram..lucu-lucu ternyata... :)

    ReplyDelete
  7. Setuju, Instagram enak buat cuci mata. Yang kufollow dengan niat pun bukan karena kenal, tapi karena fotonya bagus. padahal foto yang aku post biasa banget.

    ReplyDelete
  8. di komen IGku juga pernah ada yang jualan hehehe,padahal aku bukan aartis xixixixi

    ReplyDelete
  9. Saya malah gak ngerti-ngerti mbak gimana main instagram, niatnya mau tau update-an artis eh malah jualan artisnya wkwk..

    ReplyDelete
  10. setuju, hide utk foto yg nggak asik :(

    ReplyDelete
  11. hahayyy...mbknlusi ade2 aje, absurd bener dah, yg pd jualan di kolom komentar, yg pd berdebat sendiri, yg bijaksana bijaksini, kumplit..
    btw aq blm punya ig nih, kudet bgd yak, entah kpn mau bikin, nunggu waangsit dulu dah

    ReplyDelete
  12. pernah join instagram, sdh saya remove. Memang sebuah gambar bisa mjd lbh "menarik".
    yg no 3, komentator berantem sendiri ... hahhah bener banget, spt di socmed lainnya, yg beginian mah di-leave ajah.
    selamat menikmati instagram ... enjoy :)

    ReplyDelete
  13. Jempol mba, sy dah lama rasa aneh ma komentator2 ig artis, kok gak kepikiran nulis di blog ya hehehe

    ReplyDelete
  14. wkwkkw... suka ngakak juga kalau lagi mainin instagram..
    Apalagi kalau yg komentator berantem sendiri. :D

    ReplyDelete
  15. Ayo mbak, follow-follow saama akuh ya?

    Aslinya, aku pun main instagramnya masih moody, alias jarang-jarang nengokin akun IG. Hehehe

    ReplyDelete
  16. kadang ngga habis pikir haters itu ngga cape apa ya caci maki orang, ya mungkin hiburan dan kepuasan tersendiri bagi si haters ya mba....merinding baca komen2 haters di IG...aku sukanya mantengin IG pak wali bandung

    ReplyDelete
  17. Aku gak pernah lihat IG2 yang lagi rame itu mbak :) buka IG sendiri juga suka lupa

    ReplyDelete
  18. IG ku kebanyakan isi makanan, nggak suka selfie sih jadi jarang upload foto diri hehehe

    ReplyDelete
  19. Suka ngakak kalo baca comment2 instagrammmm

    ReplyDelete
  20. Ada tuh artis yang marah-marah foto anaknya dicuri, tapi masih aja tetap pamer foto anaknya :D

    ReplyDelete
  21. ahahaha..bener sekali...mereka yg saling berantem itu loh yg parah..padahal ya yg punya instagram rileks aja :)

    ReplyDelete
  22. saya pernah liat komen di IG tante syahrini pas dia bilang terimakasih ke followersnya yang mencapai 1 M, terus ada yang nyeletuk tapi followers jualan semua hehe, ada betulnya juga

    ReplyDelete
  23. ujung-ujungnya, terpulang kepada diri sendiri untuk menyikapi. Pilihan kita yang tentukan!

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.